Langsung ke konten utama

Penyedap Rasa Sebabkan Ratusan Warga Bulukumba Gatal-gatal


Penyakit gatal menyerang ratusan warga Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Warga merasa resah dan takut karena diduga penyakit akan menular, terutama ke anak-anak. Penyakit yang belum diketahui jenisnya ini bahkan membuat tubuh anak-anak ditumbuhi luka bernanah. Menurut warga, gatal juga diikuti dengan rasa perih di tubuh. Parahnya, penyakit ini sudah menyerang hampir setahun. (Foto ilustrasi direkam dari abc.net.au)

--------------

Penyedap Rasa Sebabkan Ratusan Warga Bulukumba Gatal-gatal
- Telah Merenggut Nyawa Seorang Warga di Desa Bulo-Bulo


(Jabbar Bahring/SUN TV/ton)
Rabu, 25 Mei 2011
http://news.okezone.com/read/2011/05/25/340/460753/penyedap-rasa-sebabkan-ratusan-warga-bulukumba-gatal

BULUKUMBA- Penyakit gatal menyerang ratusan warga Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan. Warga merasa resah dan takut karena diduga penyakit akan menular, terutama ke anak-anak.

Penyakit yang belum diketahui jenisnya ini bahkan membuat tubuh anak-anak ditumbuhi luka bernanah. Menurut warga, gatal juga diikuti dengan rasa perih di tubuh. Parahnya, penyakit ini sudah menyerang hampir setahun.

Warga terpaksa membatasi pergaulan, bahkan dengan anggota keluarga sendiri, karena takut tertular.

Kondisi terparah dialami warga di Kelurahan Ballasaraja, Bulukumpa. Warga umumnya mengalami luka koreng dan bernanah. Warga Ballasaraja mengaku pernah memeriksakan diri ke puskesmas setempat, namun obat yang diberikan dokter tidak mempan.

Salah seorang warga Ballasaraja yang enggan menyebutkan namanya mengatakan, sudah 6 bulan keluarganya terserang gatal-gatal. Meski sudah berobat ke puskesmas atau ke dokter, namun penyakit tak kunjung sembuh, malah semakin parah.

Tak sedikit warga kini lebih memilih mengobati gatal-gatal tersebut dengan ramuan-ramuan yang dibuat sendiri.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Bulukumba, dr Dian Wellyati, Rabu, 25 Mei 2011, menganggap penyakit tersebut hanya gatal biasa. Dia beralasan, gatal-gatal yang menimpa ratusan warga disebabkan terlalu banyak mengonsumsi penyedap rasa. Namun Dian tidak menyebut jenis penyedap rasa yang dimaksud.

Meski wabah gatal-gatal ini telah menyerang warga Bulukumpa hampir setahun lamanya, namun pemerintah setempat belum pernah melakukan penyuluhan ataupun tindakan konkret agar wabah tidak meluas.

Padahal, penyakit ini telah merenggut nyawa seorang warga di Desa Bulo-Bulo. Korban meninggal setelah disuntik petugas medis di puskesmas setempat.

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11) -------------------------- Kisah Ikan Duyung di Bulukumba Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup Harian Kompas (Kompas.com) K23-11 | yuli | Rabu, 20 April 2011 http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya. Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hing

Pahlawan Nasional dan Andi Sultan Daeng Radja

Andi Sultan Daeng Radja bersama tujuh orang lainnya telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional melalui Surat Keputusan Presiden RI (Susilo Bambang Yudhoyono) Nomor 085/TK/Tahun 2006 tanggal 3 November 2006. Andi Sultan Daeng Radja secara diam-diam mengikuti Kongres Pemuda Indonesia, pada 28 Oktober 1928. Bersama Dr Ratulangi dan Andi Pangerang Pettarani, dirinya diutus sebagai wakil Sulawesi mengikuti rapat Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) di Jakarta.

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin) ----------------------------- Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia. Kabupaten : Bulukumba 1. Kecamatan Bonto Bahari - 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571) - 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571) - 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571) - 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571) - 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571) - 6. Kelurahan/Desa Sapolohe -