Langsung ke konten utama

Kapal Pengangkut BBM Terbakar di Bulukumba


PELABUHAN LEPPE'E. Sebuah kapal pengangkut bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar, terbakar di Perairan Bulukumba, Jumat, 30 Desember 2011. Kapal bernama Kapal Layar Motor (KLM) Salam Fajar Mentari yang berangkat dari Pelabuhan Leppe'e Bulukumba, mengangkut sebanyak 25 ton BBM untuk didistribusikan ke Kabupaten Selayar. (Foto: Asnawin)

 
Kapal Pengangkut BBM Terbakar di Bulukumba

http://nasional.vivanews.com/news/read/276206-kapal-pengangkut-bbm-terbakar-di-bulukumba
http://www.detiknews.com/read/2011/12/30/175720/1803487/10/kapal-pengangkut-bbm-terbakar-di-perairan-bulukumba

Sebuah kapal pengangkut bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar, terbakar di Perairan Bulukumba, Jumat, 30 Desember 2011. Kapal bernama Kapal Layar Motor (KLM) Salam Fajar Mentari ini mengangkut sebanyak 25 ton BBM untuk didistribusikan ke Kabupaten Selayar.

Kepala Syahbandar Pelabuhan Penyeberangan Bulukumba, Muhammad Hasfar, mengatakan, peristiwa terjadi sekitar pukul 08.00 Wita, sesaat setelah berlayar dari Pelabuhan Penyeberangan Bulukumba.

"Lokasi kejadian berjarak sekitar 2 mil dari garis pantai. Jadi baru berangkat," kata Hasfar yang dihubungi dari Makassar, seperti diberitakan vivanews.com.

Muhammad Hasfar menambahkan, kapal yang dinakhodai Firdaus itu akan mengangkut BBM ke Matata, Kabupaten Kepulauan Selayar dengan 4 ABK yang semuanya selamat.

Ke-4 ABK tersebut adalah Nahkoda KM Fajar Mentari, Antris Ambo Rappe, bersama tiga ABK-nya, yakni Faisal, Rifal dan Ummang selamat dalam peristiwa ini. Mereka ditolong oleh nelayan setempat yang melaut di perairan Bonekebo.

Hasfar menjelaskan, penyebab terbakarnya KLM Fajar Mentari belum diketahui pasti. Namun, dugaan sementara, kebakaran berawal dari palka akibat terjadi gesekan yang menimbulkan sumber api.

"Itu masih dugaan-dugaan. Tapi, untuk penyebab pastinya masih ditangani aparat kepolisian," tambahnya.



Kabid Humas Polda Kombes Chevy Ahmad yang dihubungi detikcom menyebutkan, KM Fajar Mentari milik pengusaha bernama Firdaus warga Kelurahan Ela-ela, Kecamatan Ujungbulu Kabupaten Bulukumba, mengangkut 20 ton BBM jenis bensin dan 5 ton jenis solar milik Pertamina yang akan dibawa menuju Kepulauan Selayar, Sulsel.

"KM Fajar Mentari berangkat dari pelabuhan Leppe'e', Bulukumba. Di tengah perjalanan, tiba-tiba muncul api dari mesin di lambung kapal. Kapal yang terbakar akhirnya tenggelam bersama muatannya," tutur Chevy.


Berdasarkan informasi yang dihimpun, terbakarnya kapal KLM Fajar Mentari menimbulkan kerugian kurang lebih Rp 250 juta.

Dua Kali di Bulan Desember

Peristiwa kecelakaan kapal pengangkut BBM di perairan Bulukumba merupakan yang kedua kalinya dalam bulan Desember 2011. Pada Kamis malam, 15 Desember 2011, kapal BBM dilaporkan tenggelam di perairan Bulukumba, Sulawesi Selatan. Kapal bernama KLM Sinar Bahagia itu tenggelam di Perairan Lemo-lemo, Kecamatan Bontobahari, Bulukumba.


[Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda di Blog Kabupaten Bulukumba - http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

KikyKikuz mengatakan…
mo nanya donk..
soalnya kemarin nanya ke blognya "komunitas blogger bulukumba" gak ada yang ngerespon..
banner buat blogger bulukumba ada gak??
yang buat dipasang ke blog lain gitu, biar ketahuan yang punya blog tuh orang bulukumba..
thx before ^^

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…