Langsung ke konten utama

Ibu Marliana, 38 Tahun Jadi Guru di Bulukumba



PERPISAHAN. Ibu Marliana (jilbab hitam, ketiga dari kanan) foto bersama beberapa guru pada acara perpisahan dirinya selaku Kepala SD Negeri 11 Kalumeme, Kecamatan Ujungbulu, Kabupaten Bulukumba, awal Mei 2012. Wanita kelahiran Bulukumba, 28 April 1952 itu terangkat menjadi guru SD pada 1 Januari 1974 dan mengabdi selama 38 tahun sebagai guru di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Muhajir Pagiling)

--------------------

Ibu Marliana, 38 Tahun Jadi Guru di Bulukumba


Menjadi guru adalah pilihan hidupnya. Cita-cita luhur itu tumbuh dalam dirinya sejak masih bocah, karena Marliana memang dilahirkan di tengah lingkungan keluarga guru.

"Sebenarnya orangtua saya tidak memberi dukungan, tetapi kakak-kakak sayalah yang menyekolahkan saya sampai selesai dan akhirnya saya terangkat menjadi guru," kata Marliana kepada penulis pada suatu kesempatan.

Wanita kelahiran Bulukumba, 28 April 1952 itu terangkat jadi guru sejak 1 Januari 1974 di SD Negeri 97 Sampeyang, Kecamatan Rilau Ale, Kabupaten Bulukumba.

Kemudian berturut-turut dipindahkan ke SD Negeri 8 Kampung Nipa, Kecamatan Ujungbulu, lalu ke SD Negeri 7 Matajang, Kecamatan Ujungbulu, kemudian ke SD Negeri 4 Bentenge, Kecamatan Ujungbulu.

Setelah itu, Marliana dipindahkan lagi ke SD Negeri 221 Kecamatan Ujungbulu, kemudian ke SD Negeri 8 Kampung Nipa (terangkat sebagai Kepala Sekolah), dan terakhir menjadi Kepala Sekolah di SD Negeri 11 Kalumeme, sejak 2006 sampai pensiun pada 28 April 2012.

"Alhamdulillah, saya sudah mengabdi sebagai guru selama 38 tahun dan sudah berupaya memberikan yang terbaik," katanya dalam bincang-bincang via telepon, Rabu, 13 Juni 2012.

Selama jadi guru, isteri dari Abdul Hamid (pensiunan tata usaha SMP Negeri 2 Bulukumba) itu beberapa kali mengikuti penataran dan pelatihan di tingkat provinsi, dan juga beberapa kali meloloskan murid-muridnya mewakili Bulukumba pada berbagai lomba dan kegiatan tingkat provinsi.

Ibu dari tujuh anak dan nenek dari belasan cucu itu, kini menikmati masa pensiunnya dengan berkebun dan banyak beribadah. (asnawin)

--------------------
[Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda di Blog Kabupaten Bulukumba - http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11) -------------------------- Kisah Ikan Duyung di Bulukumba Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup Harian Kompas (Kompas.com) K23-11 | yuli | Rabu, 20 April 2011 http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya. Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hing

Pahlawan Nasional dan Andi Sultan Daeng Radja

Andi Sultan Daeng Radja bersama tujuh orang lainnya telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional melalui Surat Keputusan Presiden RI (Susilo Bambang Yudhoyono) Nomor 085/TK/Tahun 2006 tanggal 3 November 2006. Andi Sultan Daeng Radja secara diam-diam mengikuti Kongres Pemuda Indonesia, pada 28 Oktober 1928. Bersama Dr Ratulangi dan Andi Pangerang Pettarani, dirinya diutus sebagai wakil Sulawesi mengikuti rapat Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) di Jakarta.

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin) ----------------------------- Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia. Kabupaten : Bulukumba 1. Kecamatan Bonto Bahari - 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571) - 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571) - 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571) - 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571) - 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571) - 6. Kelurahan/Desa Sapolohe -