Langsung ke konten utama

Putri Pariwisata Mendapat Gelar Ja'ja Cabeng


GELAR KEHORMATAN. Putri Indonesia Pariwisata 2011, Andi Tenri Gusti Harnum Natassa alias Andi Caca (kelima dari kanan) foto bersama beberapa pejabat dan masyarakat kawasan adat Ammatoa, seusai mendapat gelar kehormatan Ja'ja Cabeng atau Ija'ja Cabeng, yang berarti "wanita yang murah rezeki", di kawasan adat Ammatoa, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba, Rabu, 29 Agustus 2012. (Foto: Ubayd)




Putri Pariwisata Mendapat Gelar Ja'ja Cabeng 


Putri Indonesia Pariwisata 2011, Andi Tenri Gusti Harnum Natassa yang lebih akrab disapa Andi Caca, mendapat gelar kehormatan dari Ammatoa (pemimpin kawasan adat Ammatoa, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba), dengan sebutan Ja'ja Cabeng atau Ija'ja Cabeng, yang berarti "wanita yang murah rezeki."

Selain Andi Caca, ibu kandungnya, Dewi Yasin Limpo, juga mendapat gelar kehormatan dengan sebutan Ja’ja Accannai atau Ija’ja Accannai yang mengandung arti wanita yang selalu naik dalam hal kehormatan / kedudukannya di masyarakat.

Gelar tersebut diserahkan langsung Ammatoa Kajang, dalam kunjungan Putri Pariwisata Andi Caca, ke kawasan adat Kajang Ammatoa, Bulukumba, Rabu, 29 Agustus 2012. Dalam kunjungan tersebut, Putri Pariwisata Indonesia Tahun 2011 didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kabupaten Bulukumba Andi Nasaruddin Gau, Camat Bonto Bahari Andi Pamenery, serta Camat Kajang Andi Sudirman Mangkona.

Nasaruddin Gau, dalam blog http://bulukumbatourism.blogspot.com/, menjelaskan, selain kepada Andi Caca dan Dewi Yasin Limpo, pemimpin adat Kajang Ammatoa juga telah memberikan gelar kehormatan kepada salah seorang menteri dalam Kabinet Indonesia Bersatu, yakni Prof Dr Meutia Hatta, dengan gelar Ja’ja Manisi

Kunjungan Andi Caca ini, katanya, selain untuk mengisi liburan, juga dalam rangka lebih mengenal potensi wisata yang ada di Bulukumba, antara lain Pantai Bira dan kawasan adat Ammatoa Kajang.

Di pantai pasir putih Bira, Caca mengadakan pemotretan serta pembuatan video klip yang bertemakan pesona Tanjung Bira. Video klip itu nantinya akan menjadi salah satu bahan promosi pariwisata, baik untuk dalam negeri maupun di luar negeri.

Setelah mengadakan pemotretan di pantai Bira, Caca melanjutkan kunjungannya ke SMA Negeri 3 Bonto Bahari untuk mengadakan penyuluhan tentang pentingnya masyarakat dan generasi muda lebih menjaga dan juga ikut mempromosikan potensi wisata yang ada di sekitarnya.

Selain itu, Caca juga mendorong agar generasi muda di Bulukumba lebih banyak menggali potensi diri agar dapat bersaing di dunia global.

Setelah kunjungan di SMA Neg 3 Bonto Bahari, Caca melanjutkan kunjungannya ke kawasan Adat Ammatoa Kajang. (http://bulukumbatourism.blogspot.com/2012/09/putri-indonesia-pariwisata-2011-di.html)

[Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda di Blog Kabupaten Bulukumba - http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Pos populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…