Langsung ke konten utama

2010, Pemkab Bulukumba Bangun Pabrik Kakao


Pemerintah Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, berencana akan membangun pabrik pengolahan kakao untuk menunjang produksi pertanian petani setempat pada 2010. Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Bulukumba, Andi Misbahwati, Senin, 19 Oktober 2009, mengatakan, pabrik tersebut dapat didirikan atas dukungan pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Sulsel. (antara)



 --------------------------

2010, Pemkab Bulukumba Bangun Pabrik Kakao


Laporan: antara/Eki Sakkirang
tribuntimur@yahoo.com, Selasa, 20 Oktober 2009

BULUKUMBA, TRIBUN - Pemerintah Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, berencana akan membangun pabrik pengolahan kakao untuk menunjang produksi pertanian petani setempat pada 2010.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Bulukumba, Andi Misbahwati, Senin, 19 Oktober 2009, mengatakan, pabrik tersebut dapat didirikan atas dukungan pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi Sulsel.

"Ini semua atas upaya dan kerja keras Pemkab Bulukumba. Dan ternyata bisa membuahkan hasil setelah mendapat dukungan dari pusat, terutama Gubernur Sulsel," katanya.

Namun ia menambahkan, secara rinci pihaknya belum mengetahui seberapa besar kapasitas pengolahan pabrik kakao tersebut sebab masih menunggu penandatanganan nota kesepahaman antara pemkab dan investor.

Pabrik ini dibangun, kata dia, merupakan rangkaian dari program gerakan nasional Kakao di indonesia. Di Sulsel ada dua daerah yang dipilih yakni, Kabupaten Luwu dan Bulukumba.

Untuk wilayah bagian selatan Sulsel, Bulukumba merupakan daerah penghasil Kakao terbesar dengan luas areal 7.000 hektar.

Bupati Bulukumba Sukri Sappewali, merespon positif rencana tersebut. Ia meminta para petani agar dapat memelihara tanaman Kakao dan meningkatkan kualitasnya.

"Kami berharap petani bisa kembali memelihara tanaman kakaonya. Apalagi pemerintah akan memberikan bantuan bibit baru yang berkualitas, " katanya.

Ia mengatakan, kendala yang kadang terjadi selama ini yakni petani sulit diberi pemahaman untuk melakukan peremajaan tanaman kakao. Padahal ini bertujuan meningkatkan ekonomi petani.(*)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…