Langsung ke konten utama

Apa Kabar Akmal dan Nurhidayat Alam Fitrah (SMAN 1 Bulukumba)

Apa Kabar Akmal dan Nurhidayat Alam Fitrah (SMAN 1 Bulukumba)



Pada hari Rabu, 29 September 2010, saya ''jalan-jalan di dunia maya''. Kebetulan saya melihat sebuah berita yang sudah cukup lama berjudul ''PEMENANG LOMBA KARYA TULIS ILMIAH PELAJAR 2008''. Berita itu dilansir Kementerian Ristek, pada Jumat 05 Desember 2008.

Dalam berita itu disebutkan bahwa Kementerian Negara Riset dan Teknologi menyerahkan hadiah kepada pemenang Lomba Karya Tulis Ilmiah Pelajar 2008 yang bertema Inovasi Untuk Pemberdayaan Industri pada Kamis, 4 Desember 2008 di Ruang Rapat Lt. 7 KNRT.



Dari 450 orang peserta dari seluruh Indonesia telah terpilih 5 orang pemenang.

Para pemenang adalah :

1.Akmal/Nurhidayat Alam Fitrah, SMAN 1 Bulukumba

Judul Karya Ilmiah ''Minyak Biji Kelumpang (Sterculia foetida), bahan bakar alternatif dan pemanfaatan cangkang sebagai briket dengan penerapan dwifunction tools menggunakan prinsip double gear.''

2.Robby Adwa Fahlepi, SMA Negeri 1 Banjarmasin

Judul Karya Ilmiah ''Pembuatan Minyak Tanah dari Lateks Karet (Hevea-btasiliensis) melalui Proses Penyulingan.''

3.Nur Alfiana, SMA Negeri 1 Boyolangu

Judul Karya Ilmiah ''Pemberdayaan Industri Marmer campur darat dengan memanfaatkan limbah gergajian marmer sebagai barang kerajinan mozaik guna meningkatkan perekonomian.''

4.Mardhiyah Hayati, SMA Negeri 2 Bukittinggi

Judul Karya ilmiah ''Alat sederhana pengurang emisi karbon pada corong pembuangan gas pabrik.''



Asisten Deputi Urusan Pemberdayaan SDM Iptek, Fathoni Moehtadi yang mewakili Deputi Bidang Dinamika Masyarakat, Carunia Mulya Firdausy, dalam sambutannya antara lain mengatakan kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan Wisata Iptek dan Temu Pakar, para peserta Wisata iptek dan Temu pakar di bawah bimbingan Guru Pembimbing diwajibkan membuat suatu laporan dalam bentuk Karya Ilmiah yang akan diikutsertakan dalam Loba Karya Tulis Ilmiah Pelajar Tingkat Nasional.

Lebih lanjut, Fathoni mengatakan dengan adanya kegiatan ini diharapkan terbentuknya generasi penerus yang berdaya saing dan mandiri dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi.



Lomba Karya Tulis Ilmiah Pelajar 2008 telah dilaksanakan pada bulan Maret - September 2008. Adapun maksud dilaksanakannya kegiatan ini adalah memotivasi dan menumbuhkan daya kretivitas generasi penerus dalam bidang penelitian ilmiah.

Sedangkan tujuan kegiatan ini yaitu: melatih generasi penerus untuk terbiasa dalam hal melihat, membaca, memahami, mengamati dan menuangkannya dalam suatu bentuk tulisan yang dapat dipertanggung-jawabkan secara ilmiah; melatih daya imajinasi, kreativitas dan inovasi generasi penerus dalam ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga generasi penerus lokal/regional diharapkan mampu untuk menjadi yang terbaik di dunia dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi dan; menanamkan budaya iptek sejak dini pada generasi penerus, khususnya para pelajar.

Demikian berita yang ditulis humasristek Kementerian Riset dan Teknologi RI.

Tetaplah Berprestasi

Sebagai alumni SMA Negeri 1 Bulukumba (1986), saya bangga kepada kalian Akmal dan Nurhidayat Alam Fitrah. Saya berharap kalian bisa tetap berprestasi dan menghasilkan karya-karya kecil sampai karya-karya besar. Selamat! (asnawin)

Referensi:
- http://ristek.go.id/index.php?id=3290&module=News%20News&search=1


[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

akmal mengatakan…
wah...kabar sy Alhamdullah baik. bagaiman dgn anda, SAMAN 1 Blk, bahkan Bulukumba scara umum ? dah setahun belum balik ke Bulukumba.
Smoga SMANSA dan Bulukumba smakin maju.

best regard
AKMAL ABUDIMAN MAULANA
Asnawin Aminuddin mengatakan…
Trims atas kunjungan dan komentarnya di blog Kabupaten Bulukumba. SMA 1 Blk tidak banyak berubah, tp pasti selalu ada kemajuan di sana dan selalu ada penerus untuk berkarya. Bulukumba sekarang punya gairah dan semangat baru di bawah duet pemimpin Zainuddin Hasan - Syamsuddin (Zaidin). Selamat belajar dan beraktivitas. Jangan pernah berhenti berkarya.....

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…