Langsung ke konten utama

Husbiannas Terancam Sanksi dari BK DPRD Bulukumba



Surat permohonan asimilasi yang tidak melalui mekanisme, dibuat oleh Ketua II DPRD Bulukumba, Husbiannas Alsi, berbuntut panjang. Badan Kehormatan (BK) DPRD Bulukumba akan merekomendasikan pemberian sanksi bagi Husbiannas jika kajian menyebutkan dia melanggar. Husbiannas menjadi biang terbitnya surat permohonan asimilasi (memihakketigakan) dari DPRD untuk Lapas Taccorong Bulukumba.






--------------

Husbiannas Terancam Sanksi dari BK


- Buntut Surat Asimilasi untuk Muttamar



Harian Fajar, Makassar
Selasa, 12 Oktober 2010
http://lokalnews.fajar.co.id/read/107122/123/husbiannas-terancam-sanksi-dari-bk

BULUKUMBA -- Surat permohonan asimilasi yang tidak melalui mekanisme, dibuat oleh Ketua II DPRD Bulukumba, Husbiannas Alsi, berbuntut panjang. Badan Kehormatan (BK) DPRD Bulukumba akan merekomendasikan pemberian sanksi bagi Husbiannas jika kajian menyebutkan dia melanggar.

Husbiannas menjadi biang terbitnya surat permohonan asimilasi (memihakketigakan) dari DPRD untuk Lapas Taccorong Bulukumba. Isinya, meminta terpidana korupsi Andi Muttamar dipihakketigakan di Kantor DPRD. Surat ini, tanpa melalui mekanisme. Sekwan DPRD Bulukumba, Andi Cawa Miri sudah memastikan surat itu tidak melalui mejanya, diperkuat tidak adanya paraf sekwan dalam surat itu.

Hasilnya, lahirlah kesepakatan antara pihak Lapas dengan DPRD Bulukumba untuk memihakketigakan Andi Muttamar. Ketika itu, Muttamar dengan enteng melenggang dan berupaya kembali ke DPRD.

Padahal, sesuai aturan, jangankan untuk mempertahankan posisi Ketua DPRD, menjadi anggota saja Andi Muttamar sudah tidak memenuhi syarat karena sudah menjalani hukuman penjara dengan ancaman hukuman di atas lima tahun.

Ketua BK, H Bahri mengaku belum memegang salinan surat bernomor 318/DPRD-BK/VII/2010 tertanggal 16 Juli 2010 itu. Dia hanya mendengar kabar saja tentang surat yang dikeluarkan Husbiannas tanpa melalui mekanisme. Bahri berjanji memperhatikan masalah ini.

"Dalam waktu dekat, kami akan mengkajinya. Yang jelas kami siap menjatuhkan sanksi kalau bersalah. Tapi tunggu dulu, kita lihat lebih dulu duduk persoalannya. Harus jelas dulu," kata Bahri, Senin, 11 Oktober.

Sanksi yang akan dijatuhkan sesuai dengan bentuk pelanggaran Husbiannas. Bisa teguran lisan atau teguran tertulis. Soal kemungkinan direkomendasikan untuk diproses di partainya jika terbukti melanggar, enggan dikomentari oleh Bahri.

"Hasil temuan kami nanti disodorkan ke pimpinan. Selanjutnya terserah partainya. Kami hanya bisa memberikan teguran lisan atau teguran tertulis. Itu diatur dalam tatib DPRD. Yang jelas kami kaji dan lanjutkan kepada pimpinan," tambahnya.

Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPRD Bulukumba, Edi Manaf sudah memastikan surat yang diteken Husbiannas melalui prosedur menyimpang. Terbukti, tidak melalui meja pimpinan DPRD. Edi juga sudah mengecek di sekretariat dewan tetapi nomor surat tidak ada.

"Saya pastikan tidak sesuai mekanisme dewan. Mengatasnamakan DPRD tetapi tidak melalui mekanisme yang sudah diatur. Ini bagi saya tidak benar karena membawa nama institusi DPRD. Saya tidak pernah mengetahui surat itu," kata Edi manaf saat itu.

Sekwan, Andi Cawa Miri yang juga sempat dikonfirmasi menolak mengomentari surat siluman itu. Dia meminta wartawan menelaah tentang surat yang didalamnya tidak tercantum paraf dirinya. "Saya pikir kalau teman-teman wartawan memiliki bukti, disana tidak ada paraf saya, dari surat saja sudah ketahuan," katanya singkat. (arm)


[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…