Langsung ke konten utama

Jemaah Sangat Dirugikan

Jemaah Sangat Dirugikan

LAPORAN ARIFUDDIN USMAN
Kloter 13 Makassar

Harian Fajar, Makassar
Sabtu, 30 Oktober 2010
http://metronews.fajar.co.id/read/108686/61/jemaah-sangat-dirugikan


TERHARU. Seorang jemaah asal Bulukumba tak kuasa membendung air matanya. Ia menyalami keluarganya yang datang menjenguk di Asrama Haji Sudiang, Jumat, 29 Oktober. (Foto YUSRAN/FAJAR)


YANG terhormat Menteri Agama RI di Indonesia. Kami dari rombongan Kloter 11 Embarkasi Sultan Hasanuddin Makassar merasa sangat dirugikan di Mekah. Ibadah yang seharusnya dilaksanakan di Masjidil Haram menjadi terganggu. Ada beberapa alasan mendasar kenapa saya mengatakannya. Di antaranya perubahan pemondokan.

Awalnya, sesuai daftar pemondokan yang ada, 404 namun berubah menjadi 421. Jadwal umum yang telah dibuat tidak sesuai dengan realitasnya. Seenaknya atau sesukanya menempatkan kami di pemondokan tanpa memperhatikan jadwal. Lalu fasilitas satu kamar mandi harus digunakan oleh 12 orang jemaah. Alasan lainnya, jarak pemondokan jemaah ke Masjidil Haram mencapai 10 KM.

Bukan cuma itu, tidak ada tenaga cleaning service di tempat kami. Pelayanannya pun terkesan membeda-bedakan. Menurut kami, diperlukan pemerataan fasilitas kepada semua jemaah. Saya prediksi maksimal para jemaah hanya bisa melaksanakan shalat di Masjidil Haram satu kali dalam seminggu. Semboyan "Ikhlas Melayani, Anda Mabrur Kami Bersyukur" hanya simbol belaka. (zuk)


[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11) -------------------------- Kisah Ikan Duyung di Bulukumba Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup Harian Kompas (Kompas.com) K23-11 | yuli | Rabu, 20 April 2011 http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya. Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hing

Pahlawan Nasional dan Andi Sultan Daeng Radja

Andi Sultan Daeng Radja bersama tujuh orang lainnya telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional melalui Surat Keputusan Presiden RI (Susilo Bambang Yudhoyono) Nomor 085/TK/Tahun 2006 tanggal 3 November 2006. Andi Sultan Daeng Radja secara diam-diam mengikuti Kongres Pemuda Indonesia, pada 28 Oktober 1928. Bersama Dr Ratulangi dan Andi Pangerang Pettarani, dirinya diutus sebagai wakil Sulawesi mengikuti rapat Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) di Jakarta.

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin) ----------------------------- Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia. Kabupaten : Bulukumba 1. Kecamatan Bonto Bahari - 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571) - 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571) - 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571) - 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571) - 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571) - 6. Kelurahan/Desa Sapolohe -