Langsung ke konten utama

Pantai-pantai Terbaik Versi Ropaz




Pantai Tanjung Bira sangat indah dan memukau dengan pasir putihnya yang lembut seperti tepung terigu. Di lokasi, para pengunjung dapat berenang, berjemur, diving, dan snorkling. Para pengunjung juga dapat menyaksikan matahari terbit dan terbenam di satu posisi yang sama, serta dapat menikmati keindahan dua pulau yang ada di depan pantai ini, yaitu Pulau Liukang dan Pulau Kambing.



--------------
 

Pantai-pantai Terbaik Versi Ropaz


Oleh Ronny Paz

28 Juli 2010
Kompasiana (www.kompasiana.com)
http://wisata.kompasiana.com/group/jalan-jalan/2010/07/28/pantai-pantai-terbaik-versi-ropaz/

Sebagai negara kepulauan Indonesia merupakan Negara yang memiliki garis pantai terpanjang di dunia, sehingga tidak diragukan lagi kalau Nusantara tercinta ini memiliki banyak pantai-pantai indah dan terbaik di dunia. Untuk kali ini saya akan memberikan list pantai-pantai terbaik (dan paling favorit buat saya) di Indonesia yang pernah saya kunjungi dan ini menurut versi saya lho, dan pastinya para pembaca sekalian juga punya daftar tersendiri untuk pantai favorit masing-masing.

1. Pantai Tanjung Kelayang - Belitung

Untuk pantai yang satu ini saya acungkan ribuan jempol apalagi pemandangan di pantai itu memang menggoda. Apalagi, suatu siang pada akhir Juli lalu itu cerah. Langit biru-bersih. Pinggiran Pantai Tanjung Kelayang dihampari pasir putih yang lembut. Air laut jernih. Warna air berlapis biru-hijau-toska.

Di Pantai Tanjung Tinggi, kita bakal menemukan pesona lebih menggetarkan. Di ujung kanan terdapat cekungan lebih kecil yang dibingkai bebatuan granit. Di cekungan yang disebut Pelabuhan Bilik inilah keindahan mengalir tiada habis. Bagian kiri bilik itu dihiasi batu granit bertumpuk-tumpuk yang menjorok ke tengah laut. Bagian tengah berupa hamparan pasir putih bersih mirip tepung gula . Di sebelah kanan terdapat susunan batu granit lebih banyak lagi. Batu itu besar-besar, bulat, keabu-abuan, membentuk komposisi mengejutkan, tapi harmonis. Di sela-sela bebatuan, air laut keluar-masuk, diantar laju ombak yang pelan. Berada di pantai ini I feel like I’m in heaven, keren banget!

2. Pantai Pulau Burung – Belitung

Pulau yang tidak berpenghuni ini memiliki pantai yang indah tiada tara. Di pojok kiri, bergerombol batu granit abu-abu yang membentuk gugusan unik. Agak ke tengah laut, terlihat pulau kecil yang ditandai batu granit besar serupa kepala burung. Masyarakat setempat menyebutnya Pulau Burung. Banyak orang bilang, pantai ini mirip gambaran surga. Entahlah, yang pasti inilah keindahan ciptaan Tuhan.

3. Pantai Bira – Bulukumba

Untuk pantai yang satu ini saya kunjungi dengan tidak sengaja pada saat saya masih tugas di Makassar. Saya pribadi tidak pernah mendengar nama pantai ini namun setelah melihatnya secara langsung saya sampai kehabisan kata-kata untuk menggambarkannya.

Pantai Bira terkenal dengan pantai pasir putihnya yang cantik dan menyenangkan. Airnya jernih, baik untuk tempat berenang dan berjemur. Disini kita dapat menikmati matahari terbit dan terbenam dengan cahayanya yang berkilau nenbersit pada hamparan pasir putih sepanjang puluhan kilometer.

Pantai Tanjung Bira sangat indah dan memukau dengan pasir putihnya yang lembut seperti tepung terigu. Di lokasi, para pengunjung dapat berenang, berjemur, diving, dan snorkling. Para pengunjung juga dapat menyaksikan matahari terbit dan terbenam di satu posisi yang sama, serta dapat menikmati keindahan dua pulau yang ada di depan pantai ini, yaitu Pulau Liukang dan Pulau Kambing.

4. Pantai Pulau Samalona – Makassar

Pulau Samalona adalah sebuah pulau kecil yang dapat ditempuh setengah jam dari Kota Makassar ini memang selalu jadi favorit saya berakhir pekan selama saya berada di Makassar. Selain jaraknya dekat dengan area Pantai Losari (tempat saya nge-kost dulu) dari pantai ini juga saya bisa melihat keindahan kota Makassar di malam hari.

5. Pantai Suluban – Pecatu Bali

Pantai Karang yang berada di daerah Pecatu ini merupakan pantai favorit untuk para surfer. Pantai yang memiliki air jernig biru muda ini memiliki daya tarik dan panorama yang indah dan penuh dengan keunikan serta baik untuk berselancar dan rekreasi.Uniknya, untuk berselancar harus menuruni tebing dan memasuki gua yang lebar dan luas barulah sampai ke permukaan laut untuk berselancar. Lokasi obyek yang jauh dari kebisingan membuat suasananya menjadi aman dan tenteram, sesuai dengan suasana ideal yang diinginkan, yaitu suasana damai dan menyejukkan perasaan.

6. Pantai Kuta – Kuta Bali

Walaupun pantai ini sudah sangat padat akan tetapi pantai ini akan selalu jadi salah satu favorit saya. Kuta memiliki semuanya, seperti pasir putih, pantai dengan ombaknya yang sangat sempurna untuk berselancar, banyak restoran, kafetaria, dan night life yang sangat berkesan. Kalau saya bandingkan dengan Pantai Patong di Phuket (yang pernah saya kunjungi juga) saya lebih memilih Pantai Kuta.

7. Pantai Ujung Genteng – Jawa Barat

Pantai Ujung Genteng yang berada di Pesisir Selatan, Sukabumi, Jawa Barat memang kedengarannya aneh dan cukup lucu bila diartikan secara umum. Dengan panjang garis pantai sekitar 16 km yang mengarah ke Barat menjadikan Ujung Genteng sebagai obyek wisata terindah sepanjang pesisir pantai selatan.

Keindahannya tak kalah dari tetangganya yaitu Pelabuhan Ratu yang sudah lebih dahulu terkenal. Butuh kesabaran untuk sampai ke pantai ini. Sebelum sampai garis pantainya, kita harus melalui jalan berkelok-kelok. Namun ketika kaki menginjak garis pantainya, riak ombak Samudera Hindia membuat kita lupa segalanya. yang terucap hanya kata keindahan. karang-karang yang terhampar luas bersama pasir putih yang menyilaukan mata membuat hati terpesona oleh kemolekan Ujung Genteng..

8. Kepulauan Wakatobi – Sulawesi Tenggara

Wakatobi merupakan salah satu taman nasional yang memiliki kenakeragamn hayati laut. Ihwal kenapa saya bisa pergi kesana karena pekerjaan saya waktu di Makassar menuntut saya untuk melakukan perjalanan dinas yang cukup sering dan beruntungnya lagi saya selalu pergi survey ke tempat-tempat yang eksotis dan belum pernah saya dengar sebelumnya. Dan saya baru tahu kalau Wakatobi merupakan prioritas tertinggi dari konservasi laut di Indonesia.

Wakatobi memang surga untuk penggemar olahraga selam. Sampai saat ini, ada 29 titik penyelaman yang ditawarkan kepada siapa saja yang mau datang ke sana. Mau tahu tempat penyelaman yang spektakuler di sana? Ada, nama titiknya adalah Mari Mabuk. Nama tempatnya memang itu dan siapa pun yang datang ke titik dekat Pulau Tomia itu pasti akan mabuk karena keindahannya.

Itulah beberapa daftar pantai-pantai favorit versi saya, sebenarnya masih banyak lagi pantai-pantai indah di Indonesia yang ingin saya kunjungi seperti Raja Ampat, Pulau Cubadak, Karimun Jawa, Pulau Komodo dan pantai-pantai lainnya, namun karena saya hanya mas-mas kantoran jadinya perlu nabung dulu buat jalan-jalan berikutnya. Sebagai pecinta pantai saya sangat bersyukur bisa tinggal di Indonesia. Banyak sekali pantai-pantai indah yang tidak akan pernah habis untuk di-explore. I Love Indonesia!




[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…