Langsung ke konten utama

Zahra Rahmani Rahmiyah, Juara Lomba Esai Nasional 2009

Setelah membuka situs web Kementerian Ristek, saya juga menemukan berita berjudul Lomba Esai dan Inovasi Teknologi Nasional 2009. Dalam berita itu ditulis bahwa juara pertama Lomba Esai Nasional, dimenangkan oleh Zahra Rahmani Rahmiyah dari SMAN 1 Bulukumba dengan topik “ Prospek Dodol Jagung Aneka Rasa dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Karassing Kabupaten Bulukumba”  

-----------


Zahra Rahmani Rahmiyah, Juara Lomba Esai Nasional 2009

Oleh Asnawin


Terus terang saya belum pernah bertemu atau pun berkomunikasi dengan Zahra Rahmani Rahmiyah, tetapi saya berani menulis profil singkatnya di blog ini, karena saya yakin Zahra tidak akan marah dan tulisan ini juga bisa menjadi motivasi bagi para pelajar di Bulukumba.

Saya sudah menulis salam perkenalan dan pesan di akun facebooknya. Juga sudah menulis komentar di blognya, http://zahrarahmanirahmiyah.blogspot.com/. Saya berharap Zahra membaca tulisan ini dan memberi respons positif.

Saya tertarik menulis profil Zahra setelah membuka website resmi SMA 1 Bulukumba dan menemukan nama Zahra sebagai juara pertama Lomba Esai dan Inovasi Teknologi Nasional 2009 (http://sman1-blk.sch.id/prestasi/nasional/item/nasional/esei-2).


Setelah membuka situs web Kementerian Ristek, saya juga menemukan berita berjudul Lomba Esai dan Inovasi Teknologi Nasional 2009. Dalam berita itu ditulis bahwa juara pertama Lomba Esai Nasional, dimenangkan oleh Zahra Rahmani Rahmiyah dari SMAN 1 Bulukumba dengan topik “ Prospek Dodol Jagung Aneka Rasa dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Karassing Kabupaten Bulukumba” (http://www.ristek.go.id/?module=News%20News&id=4857)

Sebagai orang Bulukumba dan alumni SMA 1 Bulukumba, saya merasa sangat gembira karena ternyata banyak pelajar Bulukumba yang memiliki bakat besar untuk mencatat prestasi di tingkat nasional. Zahra pasti hanya salah satu di antaranya.

Pada Lomba Esai dan Inovasi Teknologi Nasional 2009 yang digelar Puspiptek bekerja sama dengan Institut Pertanian Bogor (IPB), juara kedua lomba esai juga direbut pelajar SMA 1 Bulukumba, Dewi Lestari Amaliah, dengan judul esai “Jagung Manis vs Popcorn’’. Sedangkan juara ketiga, Dwi Adi Pranoto dari SMAN 4 Berau, Kalimantan Timur, dengan topik  “Masalah dan Solusi Tahap Pascapanen dalam Mencapai Biji Jagung yang Berkualitas.”

Mudah-mudahan akan banyak lagi bermunculan pelajar berprestasi nasional dari Bulukumba, seperti Zahra, Dewi Lestari Amaliyah, dan lain-lain.

Dari hasil penelusuran di internet, saya menyimpulkan bahwa Zahra sebenarnya tergolong tidak suka pamer diri, tetapi senang bergaul dan suka berbagi ilmu. Itu terbukti dari akun facebook-nya, Zahra menulis bahwa dia tergolong orang biasa-biasa saja, tidak ada yang istimewa. Di blognya, Zahra juga tidak menulis profil dirinya, tetapi dia berbagi ilmu dengan menulis tentang bagaimana mengenal lebih jauh microsoft word 2007.

Di akun fb-nya, Zahra menulis kutipan favoritnya, bahwa ‘’cara untuk menjadi di depan adalah memulai sekarang. Jika memulai sekarang, tahun depan anda akan tahu banyak hal yang sekarang tidak diketahui, dan anda tidak akan mengetahui masa depan jika anda menunggu-nunggu". (Willian Feather)

Itulah sedikit tentang Zahra Rahmani Rahmiyah. Semoga tulisan pendek ini bermanfaat.

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…