Langsung ke konten utama

Keluarga Korban Pembunuhan Ngamuk di Pengadilan Bulukumba


Beberapa warga Kelurahan Laikang, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba, yang merupakan keluarga korban pembunuhan, mengamuk di Pengadilan Negeri (PN) Bulukumba, Selasa (14/12). Mereka mengamuk, karena tidak puas dengan putusan atau vonis yang dijatuhkan majelis hakim.


---------------------------------

Keluarga Korban Pembunuhan Ngamuk di Pengadilan Bulukumba
-Tidak Puas Vonis Hakim ; Kasus Pembunuhan di Kajang


Harian Tribun Timur, Makassar
Rabu, 15 Desember 2010
http://www.tribun-timur.com/read/artikel/141178/Keluarga_Korban_Pembunuhan_Ngamuk_di_Pengadilan

Bulukumba, Tribun - Beberapa warga Kelurahan Laikang, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba, yang merupakan keluarga korban pembunuhan, mengamuk di Pengadilan Negeri (PN) Bulukumba, Selasa (14/12).

Mereka mengamuk, karena tidak puas dengan putusan atau vonis yang dijatuhkan majelis hakim kepada terdakwa, Andri (16). Terdakwa diduga menyuruh orang lain untuk menghilangkan nyawa korban, Suharto Bin Untung (16), dengan cara menikam, pada Agustus lalu.

Warga dan keluarga korban bereaksi setelah hakim menjatuhkan vonis 15 tahun penjara untuk Andri. Menurut mereka, vonis itu masih ringan. Keluarga korban bahkan berusaha memburu Andri hingga naik ke mobil tahanan. Namun terdakwa mendapat kawalan ketat polisi dan pegawai pengadilan.

Terdakwa diamankan ke luar ruangan sidang melewati pintu yang terletak di bagian belakang gedung pengadilan. Selanjutnya dibawa kembali Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Taccorong yang berjarak sekitar empat kilometer dari kantor pengadilan, untuk ditahan.

Salah seorang keluarga korban bahkan membawa badik dan nyaris menikam petugas yang mencegah aksi warga.  Selain mengamuk di ruang sidang setelah vonis jatuh, mereka juga berusaha mengejar terdakwa hingga ke jalan. Mereka melempari mobil tahanan yang membawa Andri ke lapas.

"Terus terang kami tidak puas dengan putusan hakim, karena Andri telah menyuruh Ardi membunuh keluarga kami," kata Saul, keluarga Suharto.

Beberapa di antara mereka bahkan melontarkan kata-kata ancaman kepada terdakwa. (smb)

Pernah Satu Sekolah

Ketua majelis hakim, Soesilo Ginanjar, yang membacakan putusan untuk terdakwa, mengatakan, hubungan antara korban Suharto dengan terdakwa Andri pernah satu sekolah dan berteman di SMAN 1 Kajang. Tapi kemudian muncul masalah antara keduanya.

Disebutkan, korban pernah mengeroyok Andri pada awal tahun 2010 lalu di sekolah itu. Pihak sekolah kemudian memindahkan Suharto ke SMAN 1 Herlang.

Beberapa bulan kemudian, Suharto dan Andri bertemu di sebuah pesta pernikahan. Ketika itu, mereka sama-sama datang untuk menonton elekton di Kelurahan Tanaejaya, Kecamatan Kajang. Saat itu, Andri diduga meminta bantuan tetangganya, Ardi (30), yang baru pulang dari Malaysia sebagai TKI untuk memukul Suharto.
"Keluarga Suharto marah, karena meminta putusan hukum seumur hidup. Kedua terdakwa, Andri maupun Ardi, dihukum 15 tahun penjara," kata Soesilo, usai amuk massa. (smb)

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Anonim mengatakan…
siapapun anda disana ditempat hal ini cukup menyedihkan juga sich karna ini adalah prilaku yang sangat buruk dikehidupan kita masing masing n ini tidak boleh dicontoi karna itu smua memiliki nilai hukum tersendiri jdi siapa pun anda yang melakukanx itu adalah resiko tersendiri .namun semua itu sia sia ,jalan satu satux adalah berusahalah berbuat baik kpeda orang lain karna itu akan membuatmu nyaman dalam kehidupanmu.ok, semuax baiklah saya atas nama andys putra xL ,terimah kasih Wassalam......

Postingan populer dari blog ini

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11) -------------------------- Kisah Ikan Duyung di Bulukumba Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup Harian Kompas (Kompas.com) K23-11 | yuli | Rabu, 20 April 2011 http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya. Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hing

Pahlawan Nasional dan Andi Sultan Daeng Radja

Andi Sultan Daeng Radja bersama tujuh orang lainnya telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional melalui Surat Keputusan Presiden RI (Susilo Bambang Yudhoyono) Nomor 085/TK/Tahun 2006 tanggal 3 November 2006. Andi Sultan Daeng Radja secara diam-diam mengikuti Kongres Pemuda Indonesia, pada 28 Oktober 1928. Bersama Dr Ratulangi dan Andi Pangerang Pettarani, dirinya diutus sebagai wakil Sulawesi mengikuti rapat Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) di Jakarta.

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin) ----------------------------- Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia. Kabupaten : Bulukumba 1. Kecamatan Bonto Bahari - 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571) - 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571) - 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571) - 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571) - 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571) - 6. Kelurahan/Desa Sapolohe -