Langsung ke konten utama

Pelabuhan Bira Bulukumba Operasikan Dua Kapal Motor Sehari


Kepala Cabang PT ASDP Pelabuhan Bira dan Pamatata, Muhammad Fitri Natriawan, mengatakan, penyeberangan dari Pelabuhan Bira, Kabupaten Bulukumba, menuju Pelabuhan Pamatata, Kepulauan Selayar, telah kembali normal. Pihak ASDP mengoperasikan dua kapal motor, yakni KMP Sangke Palangga dan KMP Bontoharu, untuk melayani dua kali penyeberangan dalam sehari.

------------------------------------------

Pelayaran di Sulsel Kembali Normal
- Pelabuhan Bira Bulukumba Operasikan Dua Kapal Motor Sehari


Penulis : Aswin Rizal Harahap
Editor : I Made Asdhiana
Harian Kompas
Rabu, 19 Januari 2011
http://regional1.kompas.com/read/2011/01/19/19291124/Pelayaran.di.Sulsel.Kembali.Normal.

MAKASSAR, KOMPAS.com - Sejumlah penyeberangan di Sulawesi Selatan mulai dibuka kembali seiring membaiknya kondisi cuaca di perairan Selayar, Teluk Bone, dan Selat Makassar, Rabu, 19 Januari 2011. Stasiun Meteorologi Maritim Makassar mencatat ketinggian gelombang berangsur-angsur menurun hingga kisaran 1 meter-2,5 meter.

Kepala Cabang PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Pelabuhan Bira dan Pamatata, Muhammad Fitri Natriawan, mengatakan, penyeberangan dari Pelabuhan Bira, Kabupaten Bulukumba, menuju Pelabuhan Pamatata, Kepulauan Selayar, telah kembali normal.

Pihak ASDP mengoperasikan dua kapal motor, yakni KMP Sangke Palangga dan KMP Bontoharu, untuk melayani dua kali penyeberangan dalam sehari.

"Namun, jadwal tersebut sewaktu-waktu dapat dihentikan kembali jika kondisi cuaca memburuk. Semua tergantung hasil observasi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)," tutur Fitri.

PT ASDP Kabupaten Bone juga membuka kembali jalur penyeberangan dari Pelabuhan Bajoe menuju Pelabuhan Kolaka, Sulawesi Tenggara, seiring membaiknya kondisi cuaca di perairan Teluk Bone. Manajer Operasional PT ASDP Bone, Takari, menuturkan, sebanyak empat kapal motor dioperasikan untuk melayani rute yang sempat ditutup selama tiga hari itu.

Sejumlah kapal motor di Pelabuhan Paotere, Kota Makassar, kembali melayani rute penyeberangan ke sejumlah pulau di Kabupaten Pangkajene Kepulauan (Pangkep). Andi Said (45), nakhoda KM Teratai Indah tujuan Pulau Karangrang, Pangkep, mengatakan, ketinggian gelombang di perairan Makassar kini tak melebihi 1,5 meter.

"Mumpung kondisi cuaca membaik saya berani berlayar lagi," ungkap Said yang sempat tak melaut selama tiga hari belakangan ini. Begitu pula dengan Nurhadi (39), nakhoda KM Abadi Jaya, yang melayani kembali rute menuju Pulau Balanglompo, Pangkep, sekitar 3 jam perjalanan laut dari Pelabuhan Paotere.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Makassar BMKG, Purwanto, menuturkan, tinggi gelombang rata-rata di wilayah perairan Indonesia Timur pada Rabu (19/1/2011), mulai dari 0,5 meter hingga 2,5 meter. Ketinggian gelombang lebih dari 2,5 meter hanya berpotensi terjadi di perairan Aru, Tual dan Laut Banda, Maluku.

Adapun kecepatan angin rata-rata juga relatif normal, yakni dari 5 knot hingga 20 knot. Kecepatan itu jauh lebih rendah dari kecepatan angin pekan lalu yang mencapai lebih dari 30 knot atau setara 60 km per jam.

"Saat ini indikasi kecepatan angin dan tinggi gelombang relatif mereda. Namun, ada kemungkinan naik lagi dalam beberapa hari sesuai pola selama puncak musim hujan pada periode Januari-Februari," tutur Purwanto.

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…