Langsung ke konten utama

Pembangkit Listrik Tenaga Angin Dioperasikan di Bulukumba


Sebuah turbin pembangkit listrik tenaga angin akan dioperasikan di Kabupaten Bulukumba untuk mendukung program kerjasama Bank Dunia-Pemkab Bulukumba dalam penyediaan sarana dan prasarana air bersih di wilayah itu.


------------------------------
Pembangkit Listrik Tenaga Angin Dioperasikan di Bulukumba


Harian Republika
Ahad, 2 Januari 2011
http://www.republika.co.id/berita/breaking-news/ekonomi/11/01/02/155911-pembangkit-listrik-tenaga-angin-dioperasikan-di-bulukumba

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR--Sebuah turbin pembangkit listrik tenaga angin akan dioperasikan di Kabupaten Bulukumba untuk mendukung program kerjasama Bank Dunia-Pemkab Bulukumba dalam penyediaan sarana dan prasarana air bersih di wilayah itu.

Pembangkit bernama "Jetpro Indonesia" tersebut rencananya akan memasok listrik bagi dua pompa air bersih dan sekitar 30 kk keluarga miskin di Desa Mario Rennu, Kecamatan Gantarang.

Menurut Direktur PT Perkasa Bima Kencana, agen tunggal penjualan Jetpro di Indonesia, Erik Elisar, di Makassar, Sabtu (1/1), pihaknya telah melakukan perakitan mesin sejak 15 Desember 2010 dan siap beroperasi pada akhir Januari tahun ini.

Penggunaan turbin dengan energi terbarukan dari angin secara komersil di Bulukumba merupakan yang pertama kali di Asia Tenggara. "Selama ini, banyak pihak yang melakukan namun selalu gagal," ujarnya.

Dia mengatakan, investasi pengadaan mesin turbin produksi Jetpro International dari Taiwan tersebut bernilai Rp2 miliar. Pembangkit menggunakan sekitar 140 buah turbin angin yang disatukan sehingga mampu menyediakan listrik maksimal 28 kw dari permintaan program sebesar 18 kw.

"Setiap turbin mampu menghasilkan daya maksimal 200 watt dan ternyata ada surplus. Jadi setelah untuk pompa air, sisa daya kami bagikan ke rumah penduduk," ujarnya.

Dia menjelaskan, masalah air bersih sangat krusial di Bulukumba. Menurut data Dinas Kesehatan setempat tingkat kematian akibat kekurangqn pasokan air bersih mencapai satu orang setiap tahun. Jauh dari standar PBB yang menetapkan 0,2 orang per tahun.

Namun karena potensi angin di Bulukumba cukup baik dengan rata-rata kecepatan 12 meter per detik. Maka, pemerintah setempat berupaya mengatasi kendala kelistrikan pompa air dengan menggunakan turbin angin. "Jika menggunakan bahan bakar biayanya tinggi. Kecepatan angin seperti itu sudah mampu menghasilkan energi yang kemudian disimpan di batrei penyimpanan," katanya.

Erik mengatakan, masyarakat tak perlu khawatir jika terjadi angin kencang seperti topan, sebab panel pembangkit memiliki detektor kecepatan yang secara mekanis akan mengerem kecepatan turbin namun tak menghentikan pasokan listrik.

Red: Ajeng Ritzki Pitakasari
Sumber: Ant

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…