Langsung ke konten utama

Pemkab Bulukumba Lamban Tangani Sengketa Irigasi

 
Aliran Sungai Bialo yang selama ini cukup untuk mengairi sawah petani di Bulukumba, kini sudah berkurang karena lebih banyak mengalir ke wilayah Bantaeng. Petani yang lahan kebun dan sawahnya mengandalkan aliran air dari Sungai Bialo kini bingung untuk mendapatkan sumber suplai air irigasi. 
 
 
-------------------------------- 
Pemkab Bulukumba Lamban Tangani Sengketa Irigasi
 
Harian Fajar, Makassar
Minggu, 16 Januari 2011
http://lokalnews.fajar.co.id/read/113936/123/pemkab--lamban-tangani-sengketa-irigasi 
 
BULUKUMBA -- Sengketa irigasi induk pada perbatasan Bulukumba-Bantaeng yang belum terselesaikan menuai kritikan dari legislator di DPRD Bulukumba. Pemkab dinilai lamban dalam mencari solusi terbaik masalah tersebut.

Ketua Komisi A DPRD Bulukumba yang membidangi masalah perairan, Andi Syahrir Sahib mengaku kecewa dengan pernyataan bupati Bulukumba Zainuddin Hasan berjanji menyelesaikan masalah itu dengan cepat tapi belum juga terwujud hingga kini.

"Petani butuh solusi cepat. Hal ini sudah berulang kali disuarakan oleh petani tapi toh kenapa sampai sekarang tidak ada tindak lanjutnya. Ini persoalan perut karena lahan petani di depan mata akan kesulitan air untuk pengairannya. Harusnya pemkab sigap, jangan diam seperti ini," tandas Syahrir, Sabtu 15 Januari 2011.

Selain itu, lanjut Syahrir persoalan utama yang dihadapi petani saat ini adalah musim tanam. Dengan kondisi demikian, lanjutnya petani bingung akan mendapatkan sumber suplai air irigasi. Pasalnya, aliran Sungai Bialo yang selama ini cukup untuk mengairi sawah mereka sudah berkurang karena lebih banyak mengalir ke wilayah Bantaeng. "Apakah ini mau dibiarkan, saya tahu persis pembagian air sangat tidak adil," tambahnya.

Sebelumnya, Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan mengaku akan membahas persoalan itu di jajarannya sebelum memasuki masa tanam. Syahrir membeberkan, Zainuddin juga pernah menjamin bahwa ribuan hektare lahan pada wilayah perbatasan Bulukumba ini tidak akan terkena dampaknya. (arm)
[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11) -------------------------- Kisah Ikan Duyung di Bulukumba Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup Harian Kompas (Kompas.com) K23-11 | yuli | Rabu, 20 April 2011 http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya. Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hing

Pahlawan Nasional dan Andi Sultan Daeng Radja

Andi Sultan Daeng Radja bersama tujuh orang lainnya telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional melalui Surat Keputusan Presiden RI (Susilo Bambang Yudhoyono) Nomor 085/TK/Tahun 2006 tanggal 3 November 2006. Andi Sultan Daeng Radja secara diam-diam mengikuti Kongres Pemuda Indonesia, pada 28 Oktober 1928. Bersama Dr Ratulangi dan Andi Pangerang Pettarani, dirinya diutus sebagai wakil Sulawesi mengikuti rapat Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) di Jakarta.

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin) ----------------------------- Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia. Kabupaten : Bulukumba 1. Kecamatan Bonto Bahari - 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571) - 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571) - 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571) - 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571) - 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571) - 6. Kelurahan/Desa Sapolohe -