Langsung ke konten utama

Bulukumba di Tangan Bupati Zainuddin Hasan


PENGGILINGAN BERAS. Rice Processing Complex (RPC) atau pabrik penggilingan beras modern telah dimulai pembangunannya di Kelurahan Mariorennu, Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba, yang ditandai peletakan batu pertama oleh Bupati Zainuddin Hasan, Kamis, 3 Februari 2011. Nilai invetasinya Rp 26 miliar dan RPC tersebut berkapasitas 100 ton per hari.



Bulukumba di Tangan Bupati Zainuddin Hasan
- Aktif Gaet Investor untuk Pembangunan


Laporan: Salahuddin
din_bkumba@yahoo.co.id
Harian Ujungpandang Ekspres, Makassar
Jumat, 04-02-2011 
http://www.ujungpandangekspres.com/view.php?id=60920&jenis=Fokus

Pemerintah Kabupaten Bulukumba, terus berbenah menyambut para investor. Sejumlah investor atau pengusaha telah menyampaikan niatnya untuk membangun usaha di Bulukumba. Tahun 2011 ini sepertinya menjadi tahun investasi bagi pemkab dan masyarakat Bulukumba.
 
Sejumlah pengusaha telah berdatangan ke Bulukumba menyampaikan keinginannya untuk berinvestasi. Pemkab Bulukumba menyambut baik rencana mereka.

Investasi sangat diharapkan untuk membangun daerah yang berjuluk Panrita Lopi ini. Dengan investasi, akan terbuka lapangan kerja yang pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat. Dengan investasi, pendapatan daerah akan meningkat melalui pajak dan retribusi yang ditarik dari para pengusaha tersebut.

Dalam catatan Upeks, sejumlah pengusaha telah berkunjung ke Bulukumba. Di antaranya Hamdani Sasmita, Presiden Direktur PT Alam Jaya, pengusaha asal kota Surabaya Jawa Timur. Direktur Perusahaan Samyang, David Beak, Pengusaha asal Korea. -Hendrik Franky, pengusaha asal Cina. -Ahmad siang, General Manager PT PLN Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara (Sultan Batara).

Didampingi Dirjen Produksi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Kementerian Kelautan Perikanan RI, Prof Dr Martani, Presiden Direktur PT Alam Jaya Hamdani Sasmita, berencana berinvetasi di sektor kelautan dan perikanan. Apalagi, pengusha asal Jawa Timur itu selama ini bergerak disektor industri pengolahan ikan, mulai dari freezing (pembekuan) hingga pengepakannya. Bahkan, Bulukumba Digadang Jadi Kawasan pengembangan Perikanan.

Direktur Perusahaan Samyang, David Beak, Pengusaha asal Korea, datang ke Bulukumba dan berminat membangun pabrik atau industri pembuatan Biofull dari ubi kayu, energi alternatif untuk kebutuhan listrik, bahan bakar minyak, pelumas dan lainnya. Pemkab Bulukumba tengah melakukan pemetaan lahan kritis dan tidak produktif untuk dijadikan lokasi pengembangan tanaman ubi kayu.

Hendrik Franky, pengusaha asal Cina ini telah bertemu dengan Bupati Bulukumba, Zainuddin Hasan. Hendrik mengaku melihat ada potensi yang bisa menjadi peluang investasi di sektor pertambangan, terutama potensi emas yang terkandung di bawah pasir di sepanjang wilayah laut Bulukumba. Selama ini, pengusaha asal Cina itu mengaku melakukan eksplorasi emas di negara India.

General Manager PT PLN Sultan Batara, Ahmad Siang, menjajaki kemungkinan rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA di Bulukumba. PLTA yang akan dibangun itu berkapasitas 5 hingga 10 MW. Nilai investasi diperkirakan mencapai Rp 100 miliar. PLTA yang akan dibangun itu akan menjadi salah satu solusi keterbatasan daya listrik yang ada selama ini.

Minat para investor untuk mengolah potensi alam Bulukumba semakin besar. Rice Processing Complex (RPC) atau pabrik penggilingan beras modern, segera dibangun di Bulukumba. Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan mengatakan, nilai invetasi pembangunan pabrik penggilingan beras tersebut mencapai Rp 26 miliar. RPC tersebut berkapasitas 100 ton per hari.

RPC tersebut dibangun di Kelurahan Mariorennu, Kecamatan Gantarang. Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan, telah melakukan peletakan batu pertama pembangunan pabrik penggilingan beras modern (RPC) tersebut, Kamis, 3 Januari 2011.

RPC tersebut akan mengolah gabah petani menjadi beras yang berkualitas. RPC tersebut dibangun untuk mengantisipasi gabah petani Bulukumba yang selama ini banyak dibawa keluar daerah untuk diolah menjadi beras.

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11) -------------------------- Kisah Ikan Duyung di Bulukumba Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup Harian Kompas (Kompas.com) K23-11 | yuli | Rabu, 20 April 2011 http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya. Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hing

Pahlawan Nasional dan Andi Sultan Daeng Radja

Andi Sultan Daeng Radja bersama tujuh orang lainnya telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional melalui Surat Keputusan Presiden RI (Susilo Bambang Yudhoyono) Nomor 085/TK/Tahun 2006 tanggal 3 November 2006. Andi Sultan Daeng Radja secara diam-diam mengikuti Kongres Pemuda Indonesia, pada 28 Oktober 1928. Bersama Dr Ratulangi dan Andi Pangerang Pettarani, dirinya diutus sebagai wakil Sulawesi mengikuti rapat Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) di Jakarta.

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin) ----------------------------- Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia. Kabupaten : Bulukumba 1. Kecamatan Bonto Bahari - 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571) - 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571) - 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571) - 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571) - 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571) - 6. Kelurahan/Desa Sapolohe -