Langsung ke konten utama

Bupati Bulukumba Mundur dari Panitia Pembangunan




Isu gratifikasi yang diduga melibatkan Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan terus menggelinding. Kabar terakhir, Zainuddin Hasan yang selama ini menjadi panitia tunggal pembangunan Masjid Agung mundur dan membentuk panitia pembangunan baru. Sementara, dugaan gratifikasi itu mencuat sekaitan dengan sumbangan pengusaha ke rekening pembangunan masjid tersebut ke Bank BRI. (Foto: Dokumentasi Fajar)

-------------------------------------

Bupati Bulukumba Mundur dari Panitia Pembangunan
- Zainuddin Didesak Umumkan Anggaran Masjid Agung


Harian Fajar, Makassar
Senin, 21 Februari 2011
http://www.fajar.co.id/read-20110220185448-zainuddin-mundur-dari-panitia-pembangunan

BULUKUMBA -- Isu gratifikasi yang diduga melibatkan Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan terus menggelinding. Kabar terakhir, Zainuddin Hasan yang selama ini menjadi panitia tunggal pembangunan Masjid Agung mundur dan membentuk panitia pembangunan baru. Sementara, dugaan gratifikasi itu mencuat sekaitan dengan sumbangan pengusaha ke rekening pembangunan masjid tersebut Bank BRI.

Panitia pembangunan yang dibentuk kini diketuai Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Bulukumba Andi Mahrus. Sekretaris dipegang Kepala Bagian Hukum Ali Saleng dan Bendahara dijabat Kepala Bagian Keuangan Andi Mappiwali.

Perubahan yang terkesan tiba-tiba ini jelas menimbulkan tanda tanya. Apalagi, jika dikaitkan dengan kritikan dari berbagai elemen masyarakat belakangan ini. Pasalnya, anggaran yang digunakan selama ini diklaim berasal dari dana pribadi Zainuddin Hasan.

Bukan cuma itu, anggaran sebelumnya yang juga nilainya miliaran rupiah sampai saat ini pun belum ada pertanggungjawabannya. Padahal, anggaran itu tidaklah sedikit.

Anggota DPRD Bulukumba Hamzah Pangki menegaskan, untuk melanjutkan pembangunan masjid ini, tidak ada jalan lain, sumber dananya selama ini harus dibuka dan diumumkan ke publik. Tidak hanya anggaran yang digunakan setelah Zainuddin terlibat di dalamnya, tetapi juga anggaran sebelumnya. Apalagi, jika dalam kelanjutan pembangunan masjid ini akan ditawarkan untuk dianggarkan dalam APBD Bulukumba setiap tahunnya.

"Saya pikir pilihan Zainuddin mundur dari kepanitiaan sudah tepat," kata Hamzah Pangki, Minggu, 20 Februari 2011.

Malah, kata dia, seharusnya dari dulu ada panitia. Bukan diambil alih sepenuhnya oleh bupati.

"Tapi tentu yang menjadi persoalan adalah bagaimana anggarannya dibuka dulu kepada publik. Biar semuanya jelas, baru kita mulai lagi membangun," tambah Hamzah.

Sekretaris pembangunan Islamic Center Bulukumba Ali Saleng membenarkan soal beralihnya kepanitiaan pembangunan masjid ini. Ia pun berjanji akan membuka sumber dana yang selama ini digunakan untuk menjawab kritikan dan tudingan yang muncul dalam masyarakat. (arm)

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Sofyan,SH.ND mengatakan…
sy kira dgn mundurnya Zaidin dari kepanitiaan itu hal yg wajar dengan alasan yang sangat setnifikan...
bagaimana bisa kita melanjutkan suatu program sementara kita tdk mendapatkan pertanggungjawaban dari periode lalu... hal yang konyol untuk menjadi korban dari pengurus kepanitiaan lalu...

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…