Langsung ke konten utama

Bupati Bulukumba Berterimakasih kepada PT Lonsum



PETANI KARET. Seorang petani menyayat kulit pohon karet di perkebunan karet PT Lonsum, Kecamatan Tanete, Kabupaten Bulukumba, Sulsel. Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan mengucapkan berterima kasih kepada PT Lonsum yang sudah banyak membantu dalam peningkatan kualitas pendidikan di daerahnya. (FOTO ANTARA/Sahrul Manda Tikupadang/ss/ama/10)


---------------------------


Bupati Bulukumba Berterimakasih kepada PT Lonsum

Harian Fajar, Makassar
Kamis, 17 Maret 2011
http://www.fajar.co.id/read-20110317140747-zainuddin-terima-kasih-sudah-membantu-kami-

BULUKUMBA -- Warga Bulukumba patut bersyukuri dengan kehadiran PT London Sumatra Indonesia Tbk (Lonsum) yang membuka lahan perkebunan di sana. Sebab, perusahaan tersebut memiliki kepedulian yang besar demi kelangsungan pendidikan di kabupaten yang terkenal dengan perahu phinisi itu.

Berkat kepedulian itu, Bupati Bulukumba H Zainuddin Hasan sangat berterima kasih kepada Lonsum yang sudah banyak membantu dalam peningkatan kualitas pendidikan di daerahnya.

"Kami selaku pemerintah disini berterima kasih atas bantuan tanah untuk SMKN 8 Bulukumpa. Dengan bantuan ini, maka salah satu persoalan yang hampir dua tahun berjalan bisa kita tuntaskan hari ini," jelas Zanuddin yang menyaksikan langsung penyerahan tanah seluas dua hektare dari PT London Sumatra Tbk (Lonsum) kepada SMKN 8 melalui Kadispora Bulukumba, Andi Akbar Amier, di ruang kerjanya, Rabu 16 Maret 2011.

Bupati Zainuddin mengundang seluruh unsur Muspida Kabupaten Bulukumba mulai dari DPRD, Kapolres, Dandim, Kejaksaan, dan BPN untuk menyaksikan seremoni penyerahan tanah untuk pembangunan gedung SMKN 8 Bulukumba.

"Mengapa saya undang semua unsur Muspida, karena ini baru kali pertama terjadi di Bulukumba," jelas Zainuddin di hadapan managemen PT Lonsum, yang dihadiri Manager Balombessie Estate, Aris Setiadi, Manager Palangisang Estate, Eko Ashari, dan Agustiono, staff Enviroment dan CSR (Corporate Social Responsibility) Lonsum.

SMKN 8 selama ini cukup kesulitan mendapatkan dana bantuan dari APBN karena status tanah yang ditempati selama ini bukan hak milik, karena memang ada aturan tidak diperbolehkan membantu sekolah yang tidak memiliki lahan berstatus hak milik. PT Lonsum akhirnya menjawab persoalan tersebut dengan memberikan bantuan tanah.

"Selama ini kami kesulitan untuk mendapatkan dana bantuan dari pemerintah pusat karena status tanah pinjam pakai," jelas Syahrir, Kepala SMKN 8 Bulukumba.

Syahrir merasa sangat lega setelah mendapatkan bantuan tanah untuk pembangunan sekolahnya. Dengan kepastian ini, 50 siswanya yang selama ini terkatung-katung akhirnya bisa mendapatkan gedung sekolah karena pemerintah pusat sudah menjanjikan dananya.

Kegiatan CSR di Bulukumba

Agustiono mengatakan, kegiatan CSR Lonsum untuk membantu kelancaran pelaksanaan pendidikan di Bulukumba telah banyak dilakukan selama ini, seperti pembangunan sekolah dasar di Desa Pitujung, tiga ruangan, bantuan buku di sekitar Balombessie, Palangisan, bantuan beasiswa dari SD, SMP, dan SMA yang sudah berjalan dua tahun.

"Kami juga mengadakan pelatihan terhadap guru-guru mulai dari TK, SD, SMP dan SMA yang hingga kini terus berjalan," terang Agus.

Selain itu, kegiatan CSR kami juga meliputi bidang keagamaan, infrastruktur, kesehatan, pemberdayaan masyarakat; berupa studi banding,pembinaan plasma karet, UKM Pallet Pabrik.

"Lonsum juga merupakan salah satu penyumbang pajak terbesar di Bulukumba," ungkap Agus.

Besarannya, kata Agus, sekira Rp 1,8 miliar per tahunnya. Dalam kurung waktu dua tahun yaitu tahun 2008 dan 2009 kontribusi pajak Lonsum Rp 4,5 miliar yang terdiri dari pajak bumi dan bangunan, serta pajak PPh.

Nah, dari segi penyerapan tenaga kerja, Lonsum Bulukumba mempekerjakan 2000 lebih, dan hampir 80 persen adalah putra daerah.

"Belum lagi yang tersebar di luar Sulsel dan menempati posisi yang bagus di Lonsum," tutur Agus. (mus)

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…