Langsung ke konten utama

DPRD Bulukumba Minta Kejaksaan Turun Tangan


DPRD Kabupaten Bulukumba meminta Kejaksaan Negeri (Kejari) Bulukumba untuk segera menyelidiki pihak pekerja dalam proyek pembangunan intake dan jaringan pipa transmisi air baku di Desa Nanna, Kecamatan Kindang, Kabupaten Bulukumba.

-----------------------

DPRD Bulukumba Minta Kejaksaan Turun Tangan

Tribun Timur - Rabu, 2 Maret 2011
http://makassar.tribunnews.com/2011/03/02/dprd-bulukumba-minta-kejaksaan-turun-tangan

Bulukumba, Tribun - DPRD Kabupaten Bulukumba meminta Kejaksaan Negeri (Kejari) Bulukumba untuk segera menyelidiki pihak pekerja dalam proyek pembangunan intake dan jaringan pipa transmisi air baku di Desa Nanna, Kecamatan Kindang, Bulukumba.

Hal ini dikemukakan Ketua Komisi C DPRD Bulukumba, Mustamin "Philip" Patawari, kepada wartawan, Selasa (1/3), di sela-sela kunjungan ke Kindang.   

Ia berharap kejaksaan turun tangan, karena menduga pemasangan pipa ke dalam tanah tidak sesuai bestek.

"Seharusnya kedalaman pipa yang yang ditanam 1,5 meter. Tetapi nyatanya, kedalamannya hanya sekitar 30 centimeter. Bahkan ada yang hanya 10 centimeter dari permukaan tanah," kata Philip.

Karena dangkalnya penanaman pipa ke dalam tanah, maka pipa-pipa itu mudah rusak. Bahkan sudah ada tanda-tanda rusak di beberapa titik, setelah terkena alat berat.

"Ini sangat merugikan warga, sebab belum dialiri air, tetapi pipanya sudah rusak karena ditanam sangat dangkal," tambah legislator PBR dari daerah pemilihan (dapil) Kecamatan Gantarang dan Kindang itu.

Proyek pemasangan pipa untuk air baku sejauh 10 kilometer dari Desa Na'na, Kindang. Hingga sekarang sudah sampai di Desa Balibo.

Proyek ini menggunakan dana APBN tahun 2010 sekitar Rp 16 miliar. Jaringan pipa itu  rencananya untuk suplai air bersih sebagian warga dalam Kota Bulukumba.

Warga Kecamatan Ujung Loe juga melaporkan hal serupa. Menurut warga, pipa sudah terpasang, namun airnya belum mengalir.

"Di sini sudah ada pipa yang dibangun beberapa tahun lalu, tapi belum dioperasikan. Warga tidak tahu apa penyebabnya," kata salah seorang warga, Azikin Tahir. (smb)

PSDA: Disesuaikan Kultur

Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air (PSDA) Kabupaten Bulukumba, Harun, mengatakan, penanaman pipa air bersih disesuaikan dengan kultur tanah yang ada.

"Pekerjaan itu dilaksanakan PT Sungai Jeneberang dan bukan PSDA Bulukumba. Penanaman pipa tidak mesti hingga 1,5 meter, tetapi kadang-kadang mengikuti kultur tanah," kata Harun kepada wartawan.

Mengenai permintaan kejaksaan turun tangan, Harun enggan berkomentar. Ia hanya meminta pekerja jika memang tidak sesuai bestek, agar diperbaiki. (smb)

Editor : Muh. Izzat Nuhung


[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…