Langsung ke konten utama

Bulukumba Terancam Tenggelam?




TUTUP AKSES JALAN. Warga menutup akses jalan penambang pasir liar dengan menggunakan potongan batang kayu, di Kelurahan Kalumeme, Kecamatan Ujungbulu, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Rabu (27/04/2011) siang. Warga beralasan, jika tidak ditutup dari sekarang Bulukumba akan tenggelam. (Foto: Kompas.com/K23-11)




Bulukumba Terancam Tenggelam?

Kompas.com
K23-11 | Glori K. Wadrianto |
Rabu, 27 April 2011 |
http://regional.kompas.com/read/2011/04/27/15353217/Bulukumba.Terancam.Tenggelam.

BULUKUMBA, KOMPAS.com - Maraknya penambangan pasir liar membuat warga terpaksa menutup ratusan hektar lahan tambang pasir yang tersebar di tujuh titik lokasi tambang yang berada di Kelurahan Kalumeme, Kecamatan Ujungbulu, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Rabu (27/04/2011) siang.

"Jika tidak ditutup dari sekarang Bulukumba ini akan tenggelam, karena aliran air sungai sudah mendekat ke perkampungan warga," ungkap salah satu warga Bustam kepada Kompas.com.

Dengan nada emosi, Bustam bersama penduduk lainnya mengatakan merasa dirugikan dengan kehadiran tambang pasir yang semakin marak. Bahkan Bustam juga mengungkapkan maraknya tambang pasir galian 'C' tersebut dibekingi dengan oknum aparat.

Untuk menghentikan aktivitas tambang pasir tersebut, warga hanya menutup akses jalan dan pintu masuk yang kerap dilalui oleh mobil-mobil truk yang mengangkut pasir dengan menggunakan drom, potongan kayu hingga batu kali. Mereka merasa asprirasi yang disampaikan ke Pemerintah Kabupaten tidak mendapat respon.

Pantauan Kompas.com di lokasi tambang pasir nampak tak satupun aktivitas penambang pasir yang beroperasi di lokasi tersebut, bahkan mesin penyedot pasir yang setiap hari beroperasi kini tak berbekas.

Diduga kuat, aksi warga yang akan menutup galian tambang pasir tersebut telah bocor, sehingga para pekerja penambang terlebih dahulu menyembunyikan peralatan mereka sebelum warga datang merusak mesin mereka. 

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/]

Komentar

Pos populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…