Langsung ke konten utama

Izin Lengkap, Polisi Selayar Tetap Tahan 25 ABK Asal Bulukumba


Aparat Polisi Air Sulawesi Selatan dan Barat dibantu Kepolisian Resor Kepulauan Selayar menangkap Kapal Motor (KM) Kurnia dengan 25 anak buah kapal (ABK) beserta nakhodanya yang berasal dari Bulukumba, karena dinilai tidak memiliki izin berlayar. Illustrasi pelabuhan Leppe'e, Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------
 
Izin Lengkap, Polisi Selayar Tetap Tahan 25 ABK Asal Bulukumba

yuli | Kamis, 14 April 2011 | 23:49 WIB
http://regional.kompas.com/read/2011/04/14/23491572/Izin.Lengkap.Polisi.Tetap.Tahan.25.ABK

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Aparat Polisi Air Sulawesi Selatan dan Barat dibantu Kepolisian Resor Kepulauan Selayar menangkap Kapal Motor (KM) Kurnia dengan 25 anak buah kapal (ABK) beserta nakhodanya karena dinilai tidak memiliki izin berlayar.   

Sebanyak 25 orang ABK beserta nakhoda tersebut saat ini masih ditahan kepolisian. Mereka ditahan di Selayar dan diketahui berasal dari Kassi, Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba.

Salah seorang kerabat korban, Syamsuddin, ditemui di kantor DPRD Bulukumba, Kamis (14/4/2011), mengatakan telah mengadukan hal itu kepada Dewan guna mendapatkan keadilan karena penangkapan itu tidak berdasar.

"Mereka ditangkap dengan alasan surat tidak lengkap. Tapi sudah kami lengkapi, namun polisi masih ngotot, katanya ada masalah lain, seperti operator mesin beda dengan foto pada surat izinnya. Itulah salah satu alasan polisi menahan mereka," kisah Syamsuddin, salah satu kerabat ABK itu kepada Dewan.       

Ia juga menyayangkan pihak kepolisian tidak memberi kesempatan dan mengatur bagaimana baiknya sehingga kapal ini bisa berlayar kembali untuk mencari ikan di laut. Selain itu, bekal makanan pun sudah habis sehingga para ABK dan nakhodanya kelaparan saat ditahan.

"Kami sudah melakukan upaya damai, tapi polisi tidak mau mengerti. Izinnya pun sudah kami lengkapi. Dan, menurut informasi, mereka katanya kelaparan di sana," urainya.    

Ia meminta Polairut Polda Suselbar dan Pemkab Bulukumba melalui Dinas Perikanan dan Dinas Perhubungan Laut untuk menyelesaikan masalah ini.

"Untuk membesuk saja harus minta izin Kapolres, sementara Kapolres ada di luar daerah Selayar. Kalau begini tidak ada solusi, kami akan memboikot feri sampai persoalan ini mencapai titik terang," tambah Syamsuddin.

Anggota Komisi A Bidang Pemerintahan DPRD Bulukumba, Tamzir, menegaskan, pihaknya telah menerima aspirasi tersebut dan akan menindaklanjuti laporan warga Kassi itu untuk segera diselesaikan secepatnya. Jangan sampai masalah ini bisa menjadi gejolak antara kedua daerah tersebut.

"Pemkab Bulukumba harus segera turun tangan, ini masalah penting yang harus diselesaikan antarkabupaten. Polisi juga tidak boleh menangkap, apalagi memenjarakan warga bila tidak jelas alasan meskipun surat izin tengah dilengkapi pemiliknya. Mari kita duduk bersama menyelesaikan persoalan ini," ucap legislator Partai Hanura ini.

Saat dikonfirmasi, Kapolres Kepulauan Selayar AKBP Setiadi belum memberikan penjelasan terkait masalah tersebut karena sedang dalam perjalanan.

"Nantilah saya beri penjelasan ya karena saya masih dalam perjalanan," kata dia melalui telepon selulernya. 

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…