Langsung ke konten utama

Memprihatinkan, Insfrastruktur di Kawasan Wisata Tanjung Bira


TANJUNG BIRA. Kawasan wisata Tanjung Bira, Bulukumba, butuh perhatian penuh pemerintah kabupaten. Pasalnya, infrastruktur penunjang seperti akses jalan hingga penataan kawasan wisata masih jauh dari harapan. Imbasnya, pengunjung mulai menurun, bahkan nyaris sepi dari pelancong.

-----------------------

Memprihatinkan, Insfrastruktur di Kawasan Wisata Tanjung Bira
- Penyedia Jasa Wisata Mengeluh


Laporan: Muhammad Arman
Harian Fajar, Makassar
Senin, 11 April 2011
http://www.fajar.co.id/read-20110410202413-insfrastruktur-kawasan-wisata-bira-memprihatinkan

BULUKUMBA -- Kawasan wisata Bira, Bulukumba, butuh perhatian penuh pemerintah kabupaten. Pasalnya, infrastruktur penunjang seperti akses jalan hingga penataan kawasan wisata masih jauh dari harapan. Imbasnya, pengunjung mulai menurun, bahkan nyaris sepi dari pelancong.

Kondisi ini membuat para penyedia wisata mulai mengeluhkan keseriusan pemerintah dalam menata salah satu ikon wisata Sulsel ini. Promosi apapun yang dilakukan dengan kondisi infrastruktur yang rusak akan sulit mencapai keberhasilan.

Salah seorang penyedia jasa penginapan di kawasan wisata ini, Muhammad Asri Yusuf mengatakan; "Jangan harap kawasan Bira akan sejajar objek wisata di daerah lain jika tidak ada upaya maksimal yang dilakukan pemerintah setempat."

Apalagi, kata dia, perhatian pemerintah terhadap kawasan ini dari dua bupati sebelumnya--Patabai Pabokori dan AM Sukri Sappewali--nyaris terlupakan.

"Makanya jangan heran kalau Bira lesu. Bagaimana tidak, kalau yang dilakukan itu-itu saja. Dinas Pariwisata pun terkesan hanya asal-asalan mengelola kawasan wisata ini," katanya kepada ''Fajar'', Minggu, 10 April 2011.

Padahal, kata dia, Bira memiliki potensi wisata yang sangat besar. Buktinya, dengan kondisi seperti saat ini saja, masih saja ada orang yang merindukan Bira. Paling tidak, belum tutup lantaran sudah tidak dikunjungi.

"Tapi kalau begini terus lama-lama juga orang jadi bosan dan tidak tertarik lagi mendatangi kawasan dengan ciri khas pasir putihnya ini," ujar Asri.

Soal upaya pemkab merancang kegiatan tahunan, seperti Festival Phinisi, Asri mengatakan, kegiatan tersebut terkesan hanya proyek yang menghambur-hamburkan anggaran. Salah satu buktinya, menurut Asri adalah pelaksanaan Festival Phinisi 2010 yang terbukti tidak berhasil mendongkrak jumlah pengunjung.


Butuh Perhatian

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bulukumba, Andi Nasaruddin Gau menanggapi kritikan tersebut dengan optimismenya. Ia yakin bisa membawa pariwisata Bulukumba, khususnya Bira, menjadi kawasan wisata andalan di Sulsel. Bahkan dia mengklaim berbagai hal yang dilakukan selama ini sudah berhasil mencitrakan Pantai Bira jadi lebih dikenal masyarakat luas. Hanya saja, Nasaruddin tidak memungkiri buruknya infrastruktur jalan menuju Bira.

Mantan Kepala Dinas Perhubungan ini bahkan tidak ragu mengakui bahwa jalanan yang rusak sudah memotong hasrat pengunjung mendatangi Bira. Alasannya, tidak ada kenyamanan dalam perjalanan. Bahkan sangat rawan terjadi kecelakaan.

Dia pun meminta perhatian pemerintah provinsi maupun pemerintah pusat untuk memberikan perhatian terhadap akses jalan ini. Terlebih kerusakan jalan menuju Bira juga tidak terlepas dari tingginya mobilitas kendaraan yang menggunakan jalan ini yang hendak menyeberang ke Kabupaten Selayar. (*)

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11) -------------------------- Kisah Ikan Duyung di Bulukumba Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup Harian Kompas (Kompas.com) K23-11 | yuli | Rabu, 20 April 2011 http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya. Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hing

Pahlawan Nasional dan Andi Sultan Daeng Radja

Andi Sultan Daeng Radja bersama tujuh orang lainnya telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional melalui Surat Keputusan Presiden RI (Susilo Bambang Yudhoyono) Nomor 085/TK/Tahun 2006 tanggal 3 November 2006. Andi Sultan Daeng Radja secara diam-diam mengikuti Kongres Pemuda Indonesia, pada 28 Oktober 1928. Bersama Dr Ratulangi dan Andi Pangerang Pettarani, dirinya diutus sebagai wakil Sulawesi mengikuti rapat Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) di Jakarta.

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin) ----------------------------- Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia. Kabupaten : Bulukumba 1. Kecamatan Bonto Bahari - 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571) - 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571) - 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571) - 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571) - 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571) - 6. Kelurahan/Desa Sapolohe -