Langsung ke konten utama

SDN 87 Buttakeke Kekurangan Guru, tapi Berprestasi


PRESTASI. Kekurangan atau keterbatasan yang ada pada diri kita, tidak perlu menjadi penghalang bagi kita untuk meraih prestasi. Itulah yang menjadi prinsip Muhammad Said SPd, dalam memimpin Sekolah Dasar Negeri 87 Buttakeke, Desa Bontobangun, Kecamatan Rilau Ale, Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

---------------
 


Muhammad Said :
SDN 87 Buttakeke Kekurangan Guru, tapi Berprestasi

Oleh: Asnawin

Kekurangan atau keterbatasan yang ada pada diri kita, tidak perlu menjadi penghalang bagi kita untuk meraih prestasi. Itulah yang menjadi prinsip Muhammad Said SPd, dalam memimpin Sekolah Dasar Negeri 87 Buttakeke, Desa Bontobangun, Kecamatan Rilau Ale, Kabupaten Bulukumba.
Dengan hanya dibantu tiga guru pegawai negeri sipil (PNS) dan beberapa guru honorer, SD Negeri 87 Buttakeke ternyata mampu meraih berbagai prestasi, antara lain juara gugus tingkat Kabupaten Bulukumba.
‘’Alhamdulillah kami sempat mewakili Kabupaten Bulukumba untuk mengikuti lomba gugus tingkat Provinsi Sulsel,’’ ungkap Muhammad Said, kepada penulis, di Makassar, Sabtu, 9 April 2011.
Prestasi lain yang pernah diraih yaitu juara lomba senam tingkat Kabupaten Bulukumba, siswa teladan, serta juara lomba mata pelajaran tingkat Kecamatan Rilau Ale.
SD Negeri 87 Buttakeke kini hanya diawaki empat guru PNS yakni Muhammad Said SPd yang menjabat kepala sekolah, seorang guru kelas, seorang guru olahraga, dan seorang lagi guru pendidikan agama Islam.
Ke-4 guru tersebut dibantu beberapa guru honorer, harus menghadapi 275 murid yang terbagi dalam 10 kelas, serta lima kelas khusus, yakni kelas pendidikan agama Islam, kelas Bahasa Indonesia, kelas Matematika, kelas IPA, dan kelas IPS.
‘’Kami memang menerapkan sistem moving class. Setiap ada kelas yang belajar matematika misalnya, maka semua murid di kelas itu harus meninggalkan ruangan kelasnya dan masuk ke kelas matematika. Di kelas matematika itu sudah menunggu guru matematika. Begitu juga kelas khusus lain. Jadi guru kelas khusus itu hanya menunggu murid di kelasnya, bukan berpindah-pindah mengajar dari satu kelas ke kelas lain,’’ jelas Said.
Selain kekurangan guru, SD Negeri 87 Buttakeke juga tidak memiliki fasilitas dan sarana yang memadai, tetapi sekolah itu tetap melaksanakan berbagai kegiatan ekstra kurikuler, seperti Pramuka dan Perkemahan Sabtu-Minggu, serta Pekan Olahraga dan Seni (Porseni).


[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Pos populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…