Langsung ke konten utama

Pulang Kampung untuk Mendidik Generasi Muda


MUHAMMAD SAID: Tambahan pengetahuan dan peningkatan kualifikasi pendidikan itu sangat penting bagi seorang guru, tetapi yang tak kalah pentingnya bagaimana menerapkan ilmu yang diperoleh untuk mendidik generasi muda, khususnya di kampung kelahiran kita sendiri.

Muhammad Said :
Pulang Kampung untuk Mendidik Generasi Muda


Oleh: Asnawin

Semangat yang ada dalam diri Muhammad Said untuk membangun dan membesarkan SDN 87 Buttakeke tidak terlepas dari darah yang mengalir di dalam tubuhnya. Ya, Said memang lahir dan besar di Kampung Buttakeke, Desa Anrang, Kecamatan Rilau Ale, Kabupaten Bulukumba.

Ayah dua anak ini lahir di Buttakeke, Bulukumba pada 19 Oktober 1965. Ia alumni SDN 87 Buttakeke.

‘’Saya putra asli Kampung Buttakeke, Desa Bontobangun, Kecamatan Rilau Ale. Sebelum pemekaran, Desa Bontobangun ini dulu masih bagian dari Kecamatan Bulukumpa,’’ jelas Said, kepada penulis, di Makassar, Sabtu, 9 April 2011.

Setelah menamatkan pendidikannya pada Sekolah Pendidikan Guru (SPG) Bulukumba pada 1985, ia hanya ‘menganggur’’ satu tahun sebelum terangkat menjadi guru Pegawai Negeri Sipil di SD 88 Batukaropa, Kecamatan Rilau Ale.

Tahun 2002, Said terangkat menjadi Kepala Sekolah di SD Negeri 276, Desa Anrang, Kecamatan Rilau Ale. Hanya tiga tahun di sekolah itu, ia kemudian dipindahkan ke SDN 87 Buttakeke, Desa Bontobangun.

''Jadi saya sudah enam tahun menjabat kepala sekolah di sini,'' ungkap Said.


Selama jadi guru, ia telah mengikuti berbagai pelatihan dan pendidikan tambahan, antara lain pendidikan Akta Kekepalasekolahan selama enam bulan di Universitas Negeri Makassar (2003), serta pelatihan Peningkatan Kompetensi Kepala Sekolah di Makassar (2008).




Selain mengikuti pendidikan tambahan dan berbagai pelatihan, Said juga melanjutkan pendidikan formalnya ke jenjang sarjana (S1) dan magister (S2). Ia menyelesaikan pendidikan sarjananya dengan mengambil program studi Ilmu Pendidikan di STKIP Muhammadiyah Bulukumba (2001) dan kini tengah kuliah pada Program Pascasarjana Universitas Indonesia Timur (UIT) Makassar dengan mengambil program studi Manajemen, konsentrasi Manajemen Pendidikan.  

''Tambahan pengetahuan dan peningkatan kualifikasi pendidikan itu sangat penting bagi seorang guru, tetapi yang tak kalah pentingnya bagaimana menerapkan ilmu yang diperoleh untuk mendidik generasi muda, khususnya di kampung kelahiran kita sendiri,'' tandas Said.

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Muhammad Amar mengatakan…
alhamdulillah ayah saya telah mnyelesaikan program S2 dngan IP 3,77 juli lalu
Asnawin Aminuddin mengatakan…
salam untuk ayah ta.... dia memang hebat... mdh2an anaknya nanti lebih hebat...

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…