Langsung ke konten utama

Buruh Bentrok Lawan Satpol PP Bulukumba


HARI BURUH. Peringatan hari buruh di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi berakhir bentrok. Bentrokan tak terhindarkan dikala ratusan buruh yang tergabung dari Front Perjuangan Rakyat (FPR) memaksa masuk ke halaman kantor Bupati yang telah dihalau ketat oleh puluhan petugas Satpol PP, Senin (02/05/2011). (Foto: Kompas.com/k23-11)

---------------------

Buruh Bentrok Lawan Satpol PP Bulukumba

Kompas.com
K23-11 | Glori K. Wadrianto |
Senin, 2 Mei 2011 |
http://bisniskeuangan.kompas.com/read/2011/05/02/16460479/Buruh.Bentrok.Lawan.Satpol.PP.Bulukumba

BULUKUMBA, KOMPAS.com - Peringatan hari buruh di Kabupaten Bulukumba, Sulawesi berakhir bentrok. Bentrokan tak terhindarkan dikala ratusan buruh yang tergabung dari Front Perjuangan Rakyat (FPR) memaksa masuk ke halaman kantor Bupati yang telah dihalau ketat oleh puluhan petugas Satpol PP, Senin, 2 Mei 2011.

Aksi dorong pagar pun tak terelakkan. Pantauan Kompas.com, Satpol PP yang kesal dengan ulah buruh yang terus mendobrak pintu pagar langsung memukul salah satu buruh dengan menggunakan pentungan.

Perlakuan Satpol PP kemudian dibalas dengan massa yang memegang bambu bendera organisasi mereka. Aksi saling balas pun tak terhindarkan. Bentrokan antarkeduanya baru berakhir setelah aparat turun tangan memisahkan kedua belah pihak yang bertikai.

Pertikaian antar keduabelah pihak terjadi ketika, Bupati Bulukumba, Zainuddin Hasan yang diharapkan oleh massa untuk bertemu, enggan menemui sekitar 300 buruh yang telah menunggu tiga jam dibawa terik sinar matahari. Padahal, mantan Bupati Pohuwato, Provinsi Gorontalo tersebut tengah berada di dalam ruangannya bersama dengan pejabat lingkup Kabupaten Bulukumba lainnya.

Kepala Polres Bulukumba, AKBP Arief Rahman didepan buruh mengatakan mendukung aspirasi yang disampaikan oleh buruh, namun dirinya mengingatkan kepada buruh untuk tidak berbuat anarkis yang dapat mencederai aksi damai mereka.

"Saya berharap penyampaian aspirasi kalian tidak dicederai dengan perbuatan hukum," ungkap AKBP Arie Rahman kepada massa.

Dalam aksi mereka, ada 10 tuntutan yang ditujukan kepada pemerintahan Bupati Bulukumba, Zainuddin Hasan. Di antaranya, pertama, segera bayarkan upah mingguan untuk semua karyawan PT. Lonsum. Tbk yang belum terbayarkan sejak tahun 2003 sampai 2011. Kedua, terapkan P2K3 untuk setiap buruh PT. Lonsum.

Ketiga, Kembalikan tanah petani penggugat Tamatto yang dirampas oleh PT. Lonsum. Tbk. Buruh berharap pemerintah kabupaten yang dipimpin oleh Zainuddin Hasan itu dapat menepati janji-janjinya disaat kampanye pemilihan kepala daerah beberapa bulan lalu, di mana lebih mensejahterakan masyarakat kecil. 

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/]

Komentar

Pos populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…