Langsung ke konten utama

Siswa SD 72 Bambaungan Belajar di Tengah Kebun

CERIA. Seharusnya anak-anak sekolah selalu ceria dan bahagia seperti murid-murid SD Negeri 97 Sampeang, Kecamatan Rilau Ale, Kabupaten Bulukumba ini, tetapi keceriaan murid-murid SD 72 Bambaungan, Desa Balangtaroang, Kecamatan Bulukumpa, mengalami gangguan karena selama 10 tahun terakhir, murid-murid sekolah tersebut terpaksa menjalani proses belajar mengajar di tengah perkebunan cengkeh. Dua bangunan SD dan rumah dinas guru rusak akibat termakan usia. (Foto: Asnawin)



---------------

Siswa SD 72 Bambaungan Belajar di Tengah Kebun


Harian Seputar Indonesia
Rabu, 29 Juni 2011
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/409174/

BULUKUMBA – Sebanyak 73 siswa Sekolah Dasar (SD) 72 Bambaungan, Desa Balangtaroang, Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, selama 10 tahun menjalani proses belajar dan mengajar di tengah perkebunan cengkeh. Dua bangunan SD dan rumah dinas guru rusak akibat termakan usia.

Sejak dibangun 15 tahun lalu, bangunan SD yang memiliki tiga ruang kelas ini tidak pernah tersentuh perbaikan bangunan. Salah seorang guru bantu SD 72 Bambaungan, Muh Amir, mengatakan, pihak sekolah sudah sembilan kali mengusulkan perbaikan gedung dan baru dianggarkan.

Namun, anggaran yang diambil dari dana alokasi khusus (DAK) tersebut tidak dapat dicairkan karena sebelumnya ada pembebasan tanah bangunan sekolah tersebut. Tanah seluas 10x80 meter itu milik salah seorang warga setempat bernama Ambas.

“Gedung ini tidak pernah bisa diperbaiki sebelum ada ganti rugi lahan. Gedung ini sudah mengalami rusak parah, sehingga proses belajar-mengajar siswa terganggu,” katanya, kemarin.

Kondisi gedung sekolah ini cukup memprihatinkan,sebab jalan menuju sekolah itu tertutup tanaman cengkeh. Untuk menuju ke sekolah itu harus melewati pinggiran rumah warga.Ratusan pohon cengkeh tumbuh di halaman SD 72 itu.

Di atas lahan itu selain ada tiga bangunan SD 72 Bambaungan, tiga perumahan guru dan rumah dinas kepala sekolah. Kepala Dispora Bulukumba Andi Akbar Amir mengatakan, anggaran renovasi gedung SD 72 Bambaungan itu sudah ada. Namun, dana itu belum dapat dicairkan sebelum ada pembebasan lahan.

“Anggaran pembebasan lahan itu ditangani Dinas Pertanahan,” katanya. ●baharuddin

-----------------

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/]

Komentar

Pos populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…