Langsung ke konten utama

Disbudpar Tetapkan Zona Operasi Banana Boat



PERLU ZONA. Kawasan wisata Tanjung Bira, Bulukumba, butuh pembatas antara daerah pengunjung dengan wahana bermain untuk menghindari kecelakaan. Hari Minggu, 18 September 2011, seorang siswi SMP meninggal dunia karena tertabrak speedboat yang dikendarai wisatawan. (Foto: Arman/Fajar)




Disbudpar Tetapkan Zona Operasi Banana Boat
- Imbas Insiden Tewasnya Siswi SMP


Harian Fajar, Makassar
Rabu, 21 September 2011
http://www.fajar.co.id/read-20110920191116-disbudpar-tetapkan-zona-operasi-banana-boat

BULUKUMBA, FAJAR -- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bulukumba mulai menetapkan zona operasi banana boat. Zonasi dilakukan sebagai respons atas meninggalnya salah seorang siswi SMP, Hasnin binti Hasen, 14.

Hasnin meninggal saat bermain di kawasan wisata Tanjung Bira, Bulukumba. Ia disambar Banana Boat pada Minggu, 18 September 2011. Bukan hanya Hasnin, masih ada korban lainnya, Elfi binti Syamsuddin. Elfi mengalami luka serius pada bagian kepada, paha, dan lengannya akibat disambar baling-baling speed boat.

Kepala Disbudpar Bulukumba, Andi Nasaruddin Gau mengakui ada kesalahan selama ini. Karena tidak menetapkan batas atau zona antara pengunjung dengan areal operasi wahana bermain tersebut. Dengan kondisi seperti itu, kata Nasaruddin, memang sangat riskan terjadi kecelakaan karena Banana Boat berhenti dan beroperasi di mana saja. Bahkan, kata dia, dari pantauannya, Banana Boat  terlalu dekat pada bibir pantai yang sering dipadati pengunjung.  

"Memang sangat rawan dengan kondisi seperti ini. Kami sudah bicarakan untuk menetapkan batas antara pengunjung dengan sarana bermain," ujarnya, Selasa, 20 September 2011.

"Kami juga sedang menjajaki kerja sama dengan perusahaan asuransi," tambahnya.

Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Kasat Reskrim) Polres Bulukumba, AKP Andi Alimudin yang dikonfirmasi terkait kasus kematian siswi SMP di lokasi itu mengatakan, kasusnya tetap berlanjut. Tersangkanya, pengendara banana boat, Yusmin alias Erik. Saat ini, yang bersangkutan sudah ditahan. (arm/har)

[Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda di Blog Kabupaten Bulukumba - http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…