Langsung ke konten utama

Pascakecelakaan, Speed Boat Dilarang Lintasi Pantai Bira



Pascaterjadinya kecelakaan yang menewaskan seorang pelajar akibat ditebrak oleh seorang pengendara speed boat saat berenang di Pantai Bira bersama temannya pada Minggu (18/9/2011) lalu, Pemkab Bulukumba akan menganjurkan atau melarang keras para pengguna speed boat untuk tidak terlalu masuk di bibir pantai. (int)



Pascakecelakaan, Speed Boat Dilarang Lintasi Pantai Bira

Laporan Syamsul Bahri

Tribun Timur - Selasa, 20 September 2011
http://makassar.tribunnews.com/2011/09/20/pascakecelakaan-speed-boat-dilarang-lintasi-pantai-bira

BULUKUMBA, TRIBUN - Pascaterjadinya kecelakaan yang menewaskan seorang pelajar akibat ditebrak oleh seorang pengendara speed boat saat berenang di Pantai Bira bersama temannya pada Minggu (18/9/2011) lalu, Pemkab Bulukumba sangat prihatin atas kejadian tersebut.

Merespon kejadian ini, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Bulukumba langsung melakukan rapat internal untuk membahas agar kejadian seperti itu tidak terulang kembali.

Menurut Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Bulukumba A Nasaruddin Gau, untuk mengantisipasi hal tersebut, maka dalam waktu dekat ini, pihaknya akan membuatkan aturan terkait dengan batas wilayah aktivitas pengunjung yang ada di Pantai Bira.

"Jadi kita akan membatasi wilayah aktivitas speed boat dari wilayah aktivitas berenang, sehingga tidak akan membahayakan lagi para pengunjung wisatawan yang berenang," kata Nasaruddin, Selasa (20/9/2011).

Namun meski belum ada aturan sebelumnya mengenai zonasi tersebut, pihaknya menurut Nasaruddin senantiasa menganjurkan atau melarang keras para pengguna speed boat untuk tidak terlalu masuk di bibir pantai.

Kejadian tersebut diharapkan dapat menjadi pelajaran yang sangat berharga bagi semua pihak. Selain itu, direncanakan pula dalam rapat internal tersebut adalah, upaya penjajakan untuk memberikan jaminan asuransi bagi para pengunjung, sebagaimana yang diberlakukan pada tempat-tempat wisata besar lainnya.

Menurut Nasaruddin, pihaknya akan melakukan koordinasi kepada pihak asuransi jiwa untuk diadakan kerjasama. Meski ada peningkatan harga karcis pengunjung nantinya, namun tentu akan memberikan jaminan keselamatan bagi para wisatawan. (*)


[Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda di Blog Kabupaten Bulukumba - http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Pos populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…