Langsung ke konten utama

Ritual Potong Lidah Warnai Acara Pa’dampoleng di Kajang


Kebersamaan dan gotong royong sangat kental dalam setiap acara yang diadakan di kawasan adat Kajang. Hal ini terlihat dari banyaknya warga dan tetangga yang ikut meramaikan acara ini, bukan hanya sumbangan tenaga dan hasil bumi yang mereka persembahkan kepada tuan rumah. Songkolo', nasi khas Kajang, uhu'-uhu', dan cucuru', tak pernah lepas dari acara yang digelar di kawasan Kajang. (int)




Ritual Potong Lidah Warnai Acara Pa’dampoleng di Kajang

Oleh: Ubayd
(Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Bulukumba, - http://bulukumbatourism.com/)

Suara riuh rendah terdengar dari kediaman Kepala Desa Sangkala, Kecamatan Kajang, Selasa, 13 September 2011. Di sana sedang berlangsung acara adat Pa’dampoleng yang merupakan ritual adat untuk mengenang 100 hari wafatnya Rabi, istri dari Puto Toa Sangkala, Palaloi.

Ritual adat seperti ini biasanya dihadiri oleh 36 puto atau pemangku adat Kajang. Kebersamaan dan gotong royong sangat kental dalam setiap acara yang diadakan di kawasan adat Kajang. Hal ini terlihat dari banyaknya warga dan tetangga yang ikut meramaikan acara ini, bukan hanya sumbangan tenaga yang mereka persembahkan kepada tuan rumah, akan tetapi kebersamaan juga dapat dilihat dari banyaknya sumbangan berupa hasil bumi yang dipersembahkan untuk mendukung acara ini.  

Songkolo', nasi khas Kajang, uhu'-uhu', dan cucuru', tak pernah lepas dari acara yang digelar di kawasan Kajang.

Acara ini diawali dengan penyambutan perwakilan pemerintah Bulukumba yang diwakili oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bulukumba, Andi Nasaruddin Gau, serta para pemangku adat atau para Puto. Kemudian acara dilanjutkan dengan pendelegasian tugas dari Puto Punggawa kepada Sanro atau dukun yang akan melakukan Ritual Adat Pa’dampoleng.

Mulut Sanro tak henti-hentinya berkomat-kamit membacakan mantra-mantra, serta doa kepada leluhur. Bau kemenyan yang dibakar oleh Sanro menyeruak memenuhi ruangan yang dipenuhi oleh bahan makanan yang dibawa oleh penduduk. Tak lupa Sanro memberkati bahan makanan persembahan tersebut dengan asap kemenyan.

Setelah itu, Sanro memimpin para kerabat almarhum satu per satu untuk membacakan doa kepada arwah almarhumah. Isak tangis sesekali terdengar dari keluarga yang berduka mengenang kepergian almarhumah.

Acara adat ditutup dengan ritual pemotongan lidah kerbau menandai bahwa keluarga almarhumah telah ikhlas melepas kepergian almarhumah. Seperti ritual adat Kajang lainnya, setelah acara usai bahan makanan yang telah diberkati oleh Sanro kemudian dibagikan kepada para tamu yang kali ini bahan makanan dan kue tradisional tersebut dimasukkan ke dalam kamboti (keranjang yang terbuat dari anyaman daun kelapa).


[Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda di Blog Kabupaten Bulukumba - http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Pos populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…