Langsung ke konten utama

Panen Perdana Padi Model Logowo 21 di Bulukumba



Program kegiatan percontohan teknologi padi menggunakan sistem tanam model Logowo 21 yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian TPH Provinsi Sulsel kerjasama Pangdam VII Wirabuana melaksanakan Panen Perdana Padi model Legowo 21, di Desa Bontomacinna Kecamatan Gantarang, Rabu (14/9/2011). (int) 


Panen Perdana Padi Model Logowo 21 di Bulukumba



Radio Cempaka Asri, Bulukumba
http://www.rca-fm.com/2011/09/sistem-tanam-model-logowo-21-di.html

Bulukumba, RCAnews - Percontohan teknologi padi di Bulukumba baru-baru ini menggunakan sistem tanam model Logowo 21 di areal sawah sepuluh hektar, lima hektar di Bontomacinna dan lima hektar di Bocco-Boccoe Kelurahan Kalumeme Kecamatan Ujung Bulu.

Dari uji sampel yang dilakukan oleh penyuluh pertanian bersama Badan Statistik Bulukumba, hasil perhitungan produksi yang diperoleh panen tersebut mencapai delapan ton per hektar GKP (Gabah Kering Panen), hasil lebih banyak dari cara tanam yang pada umumnya hanya 7- 7,5 ton per hektar.

Sistem Logowo merupakan model tanam yang dipakai untuk mencegah terjadi serangan hama tikus yang akan menurunkan produktifitas padi itu sendiri, model ini memiliki cara tanam yang menyisakan ruang kosong diantara batang padi.

Program kegiatan percontohan teknologi padi yang dilaksanakan oleh Dinas Pertanian TPH Provinsi Sulsel kerjasama Pangdam VII Wirabuana melaksanakan Panen Perdana Padi di Desa Bontomacinna Kecamatan Gantarang, Rabu (14/9/2011) lalu.

Dari hasil panen yang dilakukan oleh kelompok tani Massirappe’ tersebut,  didapatkan nilai pendapatan kotor yang sekitar 26 juta rupiah dikurangi biaya produksi 7 juta rupiah, sehingga menjadi 19,3 juta rupiah.

Panen Perdana diawali oleh pengambilan Ubinan atau pemotongan batang padi oleh Wakil Bupati Bulukumba Syamsuddin, Dandim 1411 Agung Senoaji, Kasdim 1411 Muhlis, serta Camat Gantarang A Ade Ariadi .

"Untuk mendorong produktifitas hasil panen padi, tidak lagi dibutuhkan teori-teori semata, namun dibutuhkan peran dari pemerintah khususnya kepada para penyuluh pertanian melakukan pendampingan kepada para petani, guna memberikan cara terbaik mencapai hasil yang maksimal," kata Wakil Bupati Syamsuddin, Jumat (16/9/2011).

Ia juga mengharapkan keberadaan Rice Procesing Complex yang sementara ini dalam proses pembangunan dapat semakin memacu peningkatan produksi dan kualitas padi di Bulukumba.

Hal senada disampaikan Dandim 1411 Agung Senoaji, bahwa pihaknya melakukan kegiatan percontohan teknologi pada ini dalam rangka mendukung upaya pemerintah dalam Program Lumbung Cadangan Pangan Nasional di Sulawesi Selatan, sehingga menurut dia, dengan potensi luas areal persawahan yang di Bulukumba yang mencapai 22 ribu hektar lebih dapat dimaksimalkan dan dapat menopang stok beras khususnya di Kabupaten Bulukumba.(rca/rey)
 
[Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda di Blog Kabupaten Bulukumba - http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Pos populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…