Langsung ke konten utama

PNS Ramai-ramai Gunakan Pakaian Adat



BAJU BODO. Pemandangan tidak biasa terlihat di kantor Bupati Bulukumba, Rabu, 19 Oktober 2011. Para pegawai tampak tampil beda dengan pakaian adat khas Bugis-Makassar. Yang perempan memakai baju bodo, sedangkan yang laki-laki memakai jas tutup.  (Foto: Humas Pemkab Bulukumba)

-----------------

PNS Ramai-ramai Gunakan Pakaian Adat

Bulukumba (19/10/2011). Kalau PNS pergi ke kantor berpakaian dinas Linmas atau batik seragam (setiap tanggal 17), itu sudah biasa, tetapi kalau PNS memakai pakaian adat maka itu sesuatu yang tidak biasa.

Pemandangan tidak biasa itulah yang terlihat di kantor Bupati Bulukumba, Rabu, 19 Oktober 2011. Para pegawai tampak tampil beda dengan pakaian adat khas Bugis-Makassar. Yang perempan memakai baju bodo, sedangkan yang laki-laki memakai jas tutup.

Lalu bagaimana dengan pelayanan dan tugas pokok mereka? Pakaian boleh berbeda dibanding hari-hari lain, tetapi pelayanan dan tugas pokok tetap dilaksanakan sebagaimana biasa.

"Justru dengan memakai pakaian adat ini, bisa menjadi penambah semangat kerja kami, karena ada kebanggaan tersendiri yang menjadi spirit kerja di kantor," ungkap Mulhakkur, salah seorang staf Sekretariat Daerah, kepada wartawan.


Hal senada diungkapkan pula oleh Kasubag pada Bagian Kesra Pemkab Bulukumba A Fatmawaty Umar. Dia mengatakan, dengan memakai pakaian adat Bugis-Makassar, ada perasaan bangga terhadap eksistensi Sulawesi Selatan sebagai salah satu daerah yang besar di Republik ini.

Kasubag Pemberitaan Humas Pemkab Bulukumba, Asrul Sani, mengungkapkan, busana adat yang digunakan PNS tersebut merupakan bentuk apresiasi dan respons pemerintah Bulukumba dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke-342 Propinsi Sulawesi Selatan.

"Busana adat khas Bugis-Makassar yang dipakai PNS pada hari ini diharapkan bisa menjadi perangsang untuk menumbuh-kembangkan nilai-nilai kearifan lokal di tengah-tengah kehidupan global saat ini," tuturnya.

HUT Sulsel

Hari Ulang Tahun ke-342 Sulawesi Selatan diperingati dengan upacara di halaman Kantor Bupati Bulukumba, Rabu, 19 Oktober 2011. Bertindak selaku inspektur upacara Wakil Bupati, Syamsuddin, sedangkan sejarah singkat Sulawesi Selatan dibacakan Wakil Ketua DPRD Bulukumba Edy Manaf.

Dalam upacara ini, para peserta upacara umumnya memakai pakaian adat Bugis-Makassar. Pakaian adat itu dipakai selama satu hari kerja di lingkungan Pemkab Bulukumba. (asnawin/r)   
[Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda di Blog Kabupaten Bulukumba - http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…