Langsung ke konten utama

Tokoh Muslim AS Asal Indonesia Pulang Kampung

 
BERSAMA SYAMSI ALI. Pemilik dan pengelola blog Kabupaten Bulukumba, Asnawin (kiri), foto bersama ustadz Syamsi Ali, seusai salat isya secara berjamaah, di Masjid Al Markaz Al Islami, Jl Masjid Raya, Makassar, Jumat, 7 Oktober 2011. Gambar ini saya abadikan dengan menggunakan ponsel. (Foto: Asnawin)


Tokoh Muslim AS Asal Indonesia Pulang Kampung

Oleh: Asnawin

Chairman Moeslim Foundation of America, Syamsi Ali, pulang kampung ke Indonesia, pada pekan pertama Oktober 2011. Pria kelahiran Bulukumba itu pulang kampung bukan untuk merayakan ulang tahunnya yang kebetulan lahir pada 5 Oktober 1967, melainkan untuk memenuhi undangan berbicara pada seminar internasional bertema "Islam di mata Amerika dan Posisi Indonesia" yang diadakan Universitas Negeri Makassar (UNM), di Hotel Santika Makassar, Kamis, 6 Oktober 2011.

Pada seminar yang dihadiri ratusan peserta itu, Syamsi Ali, tampil bersama Rektor UNM Prof Arismunandar MPd, anggota DPR RI/alumni UNM Drs Akbar Faizal MSi, dosen UIN Alauddin Makassar Dr Mustamin Arsyad MA, serta CEO Harian Radar Bogor/alumni UNM Drs Hazairin Sitepu.

Harian Fajar, Makassar, Jumat, 7 Oktober 2011 mengatakan, kedatangan Syamsi Ali ke Indonesia cukup mendadak. Dia datang setelah Anggota DPR RI, Akbar Faisal yang berkunjung ke Amerika, melihat pengaruh Syamsi yang besar.

Selain tampil dalam seminar tersebut, Imam Masjid Islamic Center of New York (masjid terbesar di New York) sekaligus Ketua Masyarakat Muslim New York itu, juga mengisi ceramah agama ba'da magrib di Masjid Al Markaz Al Islami, Makassar, Jumat, 7 Oktober 2011.

Sebelum salat magrib, penulis mendatangi ustadz Syamsi Ali, bersalaman, berpelukan, dan cipika-cipiki, kemudian menyampaikan bahwa penulis juga berasal dari Bulukumba.

Sesudah salat isya, kami sempat berbincang-bincang. Penulis menyampaikan bahwa istrinya (Muti'ah) dan isteri saya (Ahriyanti Hamid) adalah teman sekolah dan sahabat ketika masih menimba ilmu sebagai santri di Pondok Pesantren Darul Arqam Gombara', Makassar, pada tahun 1991.

"Saya nginap di (Pondok Pesantren). Insya Allah, mungkin besok pagi (Sabtu, 8 Oktober 2011) saya akan ke Bulukumba," jawabnya ketika penulis menanyakan menginap di mana dan kapan rencana ke Bulukumba.

CERAMAH. Syamsi Ali-imam Masjid Islamic Center of New York (masjid terbesar di New York) sekaligus Ketua Masyarakat Muslim New York-mengisi ceramah agama ba'da magrib, di Masjid Al Markaz Al Islami, Makassar, Jumat, 7 Oktober 2011. (Foto: Asnawin)


Jangan Rendah Diri

Saat tampil berceramah ba'da salat magrib, di Masjid Al Markaz Al Islami, Makassar, Jumat, 7 Oktober 2011, Syamsi Ali mengatakan, orang Indonesia hendaknya jangan selalu memandang Amerika Serikat sebagai negara besar dan sebaliknya memandang Indonesia sebagai negara kecil.

"Indonesia dan Amerika itu sama-sama sebuah negara dan keduanya harus diposisikan seimbang. Kita tidak boleh merendahkan diri atau melihat diri kita lebih kecil dibanding negara atau orang lain, karena kalau itu yang terjadi, berarti kita sudah kalah sebelum perang," tandas tokoh muslim Amerika Serikat yang cukup disegani itu.

Meskipun berbadan kecil (tinggi sekitar 160 cm) untuk ukuran orang-orang Barat, Syamsi Ali tak pernah merasa rendah diri atau kerdil.

Dia selalu tampil percaya diri dalam berbagai forum, termasuk ketika tampil satu panggung dengan mantan Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton, saat mewakili umat Islam Amerika dalam acara "A Prayer for America" (Doa untuk Amerika) yang diikuti pemuka agama Kristen Protestan, Katolik, Sikh, Hindu, dan Islam lainnya, di stadion terkenal olahraga baseball Yankee Stadium, The Bronx, New York, 23 September 2004.




Selain Bill Clinton, acara itu juga dihadiri Senator Hillary Clinton, Wali Kota New York Rudolph Giuliani, Gubernur New York Robert Pataki, Oprah Winfrey, dan selebritis dunia, serta sekitar 50.000 orang yang memadati stadion yang lokasinya berdekatan dengan reruntuhan gedung kembar 110 tingkat World Trade Center (WTC).

Pada 5 Nopember 2007, Syamsi Ali juga tampil dalam acara talk show televisi “Face to Face, Faith to Faith”. Acara yang dimoderatori oleh Ketie Couric, pembawa acara televisi AS yang masyhur itu, menampilkan tiga panelis, Rabbi Rubin Stein, Senior Rabbi pada Central Synagogue, Rev. Michael Lindvall, Senior Pastor The Brick Church, dan Syamsi Ali.

Lebih 500 tamu yang hadir memenuhi ruangan Gotham building di Broadway yang terkenal rela membayar mahal. Meja utama dijual dengan harga 50.000 dolar AS per meja dengan kapasitas delapan orang.


Islam di Amerika 

Syamsi Ali di hadapan seratusan jamaah salat magrib, di Masjid Al Markaz Al Islami, Makassar, Jumat, 7 Oktober 2011, mengemukakan bahwa umat Islam di Amerika Serikat dewasa ini berkisar sembilan juta orang.

"Sebelum terjadi peristiwa Sebelas September (peristiwa pengeboman dan peledakan Gedung Kembar WTC, di Amerika Serikat, 9 September 2001, pen), jumlah orang Islam di Amerika hanya berkisar tiga atau empat juta orang, tetapi sekarang jumlahnya sudah berkisar delapan atau sembilan juta orang," ungkapnya.

Pria yang menamatkan Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Kajang, Bulukumba, mengemukakan bahwa sebelum terjadinya peristiwa Sebelas September (9/11), orang Amerika tidak memerdulikan Islam, sehingga sangat sedikit warga Amerika yang mengetahui tentang Islam.

"Setelah terjadinya peristiwa Sebelas September dan serangan itu dihubung-hubungkan dengan Islam, orang Amerika kemudian ramai-ramai membeli dan mempalajari Al-Qur'an. Setelah mengenal Islam, banyak di antara mereka yang kemudian memeluk agama Islam, terutama orang-orang Hispanik (warga Amerika keturunan Spanyol)," papar Syamsi Ali.


Sejak 1997 di Amerika

Syamsi Ali menamatkan Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Kajang, Bulukumba. Setelah itu ia melanjutkan pendidikan SMP dan SMA di Pondok Pesantren Darul Arqam Gombara, Makassar. Ia menamatkan SMA-nya di pesantren itu pada tahun 1987. Dengan bekal pengetahuan dan bakat yang dimilikinya, Syamsi Ali kemudian mengajar di pesantren tersebut hingga akhir 1988.

Saat mengajar itulah, ia mendapat tawaran beasiswa dari Rabithah Alam Islami untuk melanjutkan studi ke Universitas Islam Internasional, Islamabad, Pakistan. Jenjang S1 dalam bidang Tafsir diselesaikan tahun 1992. Ia kemudian melanjutkan dan menyelesaikan pendidikan jenjang S2 di universitas yang sama (tamat tahun 1994), dengan memilih bidang Perbandingan Agama.

Selama studi S2 di Pakistan, Syamsi Ali juga bekerja sebagai staf pengajar pada sekolah Saudi Red Crescent Society di Islamabad. Dari sekolah itulah kemudian mendapat tawaran untuk mengajar pada the Islamic Education Foundation, Jeddah, Arab Saudi di awal tahun 1995.

Pada musim haji tahun 1996, Syamsi Ali mendapat amanah untuk berceramah di Konsulat Jenderal RI Jeddah di Arab Saudi. Dari sanalah, dia bertemu dengan beberapa jamaah haji luar negeri, termasuk Dubes RI untuk PBB, yang sekaligus menawarkan kepadanya untuk datang ke New York, AS. Tawaran ini kemudian diterima Syamsi Ali dan ia pindah ke New York di awal tahun 1997.


[Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda di Blog Kabupaten Bulukumba - http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…