Langsung ke konten utama

MK: Bupati Bulukumba Sah


Mahkamah Konstitusi (MK) menyatakan keputusan terpilihnya Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan dan Wakil Bupati Bulukumba H Syamsuddin (Saidin) tetap sah dan telah memperoleh kekuatan hukum tetap. Hal itu tertuang dalam Surat MK No 159/PAN.MK/X/2011, 31 Oktober 2011, perihal jawaban atas permohonan konsultasi Ketua DPRD Bulukumba Andi Hamzah Pangki, yang ditandatangani Panitera Kasanur Sidaruk.

-----------

MK: Bupati Bulukumba Sah

Thursday, 03 November 2011
http://www.seputar-indonesia.com/edisicetak/content/view/440910/

BULUKUMBA– Mahkamah Konstitusi (MK) menyatakan keputusan terpilihnya Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan dan Wakil Bupati Bulukumba H Syamsuddin (Saidin) tetap sah dan telah memperoleh kekuatan hukum tetap.

Hal itu tertuang dalam Surat MK No 159/PAN.MK/X/2011, perihal jawaban atas permohonan konsultasi Ketua DPRD Bulukumba Andi Hamzah Pangki, yang ditandatangani Panitera Kasanur Sidaruk.

Surat tertanggal 31 Oktober 2011 itu disampaikan melalui faksimile dan diterima Pemkab Bulukumba,sore kemarin. Pada poin kedua, MK pun mengingat bahwa putusan tersebut bersifat pertama dan terakhir. Karena itu, terhadap putusan No 161/PHPU.DVIII/- 2010 mengenai perselisihan hasil Pilkada Bulukumba yang telah diucapkan pada 28 September 2010 dalam sidang pleno terbuka untuk umum,telah memperoleh kekuatan hukum tetap dan tidak ada upaya hukum lain (final).

“MK tidak diperkenankan memberikan tanggapan, komentar, maupun petunjuk pelaksanaan hukum apa pun terhadap putusan yang terkait ditemukannya bukti baru melalui putusan pengadilan.Adanya perundang-undangan yang berlaku dan kode etik hakim MK mengakibatkan MK tidak dapat memenuhi permohonan saudara,menerima kunjungan kerja pimpinan DPRD, dan pimpinan fraksi DPRD Kabupaten Bulukumba dalam rangka konsultasi terkait penanganan perkara yang telah diputus MK,”jawaban surat MK.

Sebelumnya, sejumlah ketua DPRD Bulukumba mengirimkan surat permohonan konsultasi kepada MK terkait vonis Pengadilan Negeri (PN) Bulukumbaataspemalsuansuratdukungan Partai Merdeka terhadap pencalonan pasangan Bupati- Wakil Bupati Zainuddin Hasan-H Syamsuddin (Saidin). Pelaksana Tugas Kabag Humas Bulukumba Rudi Ramlan mengatakan, berdasarkan keputusan MK tersebut, pihaknya mengimbau seluruh elemen masyarakat menghormatinya. “Kita berada di negara hukum,sejatinya selaku warga negara yang baik, untuk bisa taat terhadap hukum yang berlaku,”ujarnya.

Pihaknya juga meminta seluruh aparat pemerintah tetap melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya selaku abdi negara untuk mengayomi masyarakat. Sementara itu, ratusan massa menuntut pasangan Bupati dan WakilBupatiSaidinmundur dari jabatannya. Mereka kembali menggelar aksi di depan Kantor Bupati Bulukumba. Aksi nyaris ricuh, setelah ada lemparan batu hingga menyebabkan salah satu kaca di kantor bupati pecah, termasuk pintu bagianutamajugarusaksetelah terjadi aksi saling dorong. Beruntung kejadian tersebut tidak berlangsung lama, setelah Kapolres Bulukumba AKBP Arif Rahman mengizinkan massa masuk dan mengambil alih pengeras suara yang digunakan massa untuk berorasi.

“Kami meminta warga tetap tenang dan menyampaikan aspirasi sesuai dengan jalur hukum. Kami di sini hanya mengamankan dan jangan memancing untuk mengeluarkan tembakan,”ungkapnya. Setelah melakukan dialog dengan beberapa koordinator lapangan kecamatan, massa membubarkan diri. Apalagi, polisi mengancam akan membubarkan paksa pada pukul 18.00 Wita. rahmi djafar


[Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda di Blog Kabupaten Bulukumba - http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Pos populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…