Langsung ke konten utama

Kabupaten Bulukumba Juga Dikenal di Kaledonia Baru


KALEDONIA BARU. Kabupaten Bulukumba kini juga sudah dikenal di negara Kaledonia Baru (New Caledonia), yang merupakan bekas negara jajahan Perancis. Buktinya, pengunjung web / blog Kabupaten Bulukumba (http://kabupatenbulukumba.blogspot.com) dalam bulan Oktober 2013, antara lain berasal dari Kaledonia Baru. (int)



----------------

Kabupaten Bulukumba Juga Dikenal di Kaledonia Baru


Oleh: Asnawin
(Pembuat/Pengelola Web/blog Kabupaten Bulukumba)

Kabupaten Bulukumba kini juga sudah dikenal di negara Kaledonia Baru (New Caledonia), yang merupakan bekas negara jajahan Perancis. Buktinya, pengunjung web / blog "Kabupaten Bulukumba" (http://kabupatenbulukumba.blogspot.com) dalam bulan November 2013, antara lain berasal dari Kaledonia Baru.

Dengan tambahan pengunjung dari Kaledonia Baru, maka web/blog "Kabupaten Bulukumba" yang kami buat pada 21 Juli 2009, telah dikenal dan mendapat kunjungan secara tidak langsung 63 negara. Total jumlah kunjungan ke web/blog "Kabupaten Bulukumba", hingga Ahad, 3 November 2013, adalah sebanyak lebih dari 333.000 kunjungan.

Kaledonia Baru (bahasa Perancis: Nouvelle-Calédonie), seperti tertulis di website Wikipedia.org (http://id.wikipedia.org/wiki/Kaledonia_Baru), adalah sebuah wilayah yang berstatus jajahan sui generis Perancis. Wilayah ini terletak di sub-benua Melanesia di Samudra Pasifik sebelah barat daya.

Kaledonia Baru juga dinamai Kanaki yang dari nama penduduk asli kepulauan itu. Negara kepulauan ini telah dikuasai Perancis selain Polinesia Perancis. Status ini dikenakan sampai 1998. Namanya berasal dari bahasa Latin Skotlandia. Ibu kotanya ialah Noumea.

Kaledonia Baru merupakan kepulauan seluas 18,575 kilometer persegi di Samudera Pasifik yang ditemukan oleh penjelajah James Cook pada 4 September 1774 ketika melakukan perjalanan keduanya di kawasan Pasifik. Ia menamakan wilayah ini New Caledonia karena teringat tanah kelahirannya, Skotlandia.

Di bawah pemerintahan Napoleon III, Prancis mengambil alih Kaledonia Baru secara resmi pada 24 September 1853 dan membangun Port de France (Noumea) yang sekarang menjadi ibu kota Kaledonia Baru pada 25 Juni 1854.

Tempat itu pada 1864-1897 dijadikan sebagai lokasi pembuangan tidak kurang dari 22.000 narapidana namun setelah Gubernur Prancis di NC, Paul Feillet memberi penghapusan hukuman dan kembali ke kampung halaman mereka, maka imigran dari Asia datang bekerja di pertambangan dan perkebunan di Kaledonia Baru.

Berikut daftar asal negara pembaca / pengunjung blog Kabupaten Bulukumba http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/, hingga Ahad, 3 November 2013:

Benua Australia (Australian Continent) :
1. Australia
2. Selandia Baru -- (New Zealand)
3. Kaledonia Baru -- (New Caledonia)

Benua Afrika (African Continent) :
1. Mesir --- (Egypt)
2. Senegal
3. Nigeria
4. Aljazair --- (Algeria)

Benua Amerika (Americas) :
1. Amerika Serikat --- (United States of America)
2. Kanada --- (Canada)
3. Brasil --- (Brazil)
4. Kosta Rika --- (Costa Rica)
5. Peru --- (Peru)
6. Chili --- (Chile)
7. Panama
8. Meksiko --- (Mexico)

Benua Asia (Asia Continent) :
1. Malaysia
2. Jepang --- (Japan)
3. Singapura --- (Singapore)
4. Korea Selatan --- (South Korea)
5. China
6. Taiwan
7. Vietnam
8. Timor Leste
9. India
10. Arab Saudi --- (Saudi Arabia)
11. Iran
12. Brunei Darussalam
13. Bahrain
14. Uni Emirat Arab --- (United Arab Emirates)
15. Thailand
16. Hong Kong
17. Turkmenistan
18. Filipina
19. Libanon
20. Kamboja (Cambodia)
21. Israel
22. Georgia
23. Sri Lanka

Benua Eropa (Continental Europe) :
1. Jerman --- (Germany)
2. Perancis --- (France)
3. Ukraina --- (Ukraine)
4. Belanda --- (Netherlands)
5. Republik Belarusia --- (Republic of Belarus)
6. Hungaria --- (Hungary)
7. Rusia --- (Russia)
8. Republik Slovenia --- (Republic of Slovenia)
9. Spanyol --- (Spain)
10. Inggris --- (England)
11. Wales
12. Republik Irlandia --- (Republic of Ireland)
13. Skotlandia --- (Scotland)
14. Irlandia Utara --- (Northern Ireland)
15. Swiss --- (Switzerland)
16. Republik Moldova --- (Republic of Moldova)
17. Denmark
18. Swedia --- (Sweden)
19. Italia
20. Kepulauan Faroe --- (Faroe Islands)
21. Albania
22. Irlandia --- (Ireland)
23. Polandia --- (Poland)
24. Finlandia --- (Finland)
25. Yunani --- (Greece).

------------------

[Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda di Blog Kabupaten Bulukumba]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11) -------------------------- Kisah Ikan Duyung di Bulukumba Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup Harian Kompas (Kompas.com) K23-11 | yuli | Rabu, 20 April 2011 http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya. Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hing

Pahlawan Nasional dan Andi Sultan Daeng Radja

Andi Sultan Daeng Radja bersama tujuh orang lainnya telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional melalui Surat Keputusan Presiden RI (Susilo Bambang Yudhoyono) Nomor 085/TK/Tahun 2006 tanggal 3 November 2006. Andi Sultan Daeng Radja secara diam-diam mengikuti Kongres Pemuda Indonesia, pada 28 Oktober 1928. Bersama Dr Ratulangi dan Andi Pangerang Pettarani, dirinya diutus sebagai wakil Sulawesi mengikuti rapat Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) di Jakarta.

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin) ----------------------------- Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia. Kabupaten : Bulukumba 1. Kecamatan Bonto Bahari - 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571) - 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571) - 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571) - 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571) - 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571) - 6. Kelurahan/Desa Sapolohe -