Langsung ke konten utama

Bulukumba Belum Mutakhirkan Data untuk e-KTP


Provinsi Sulawesi Selatan dipastikan siap melaksanakan penerapan elektronik kartu tanda penduduk (e-KTP) secara nasional pada tahun ini. Kepastian itu disampaikan Kepala Biro Pemerintahan Umum Bakti Haruni di hadapan anggota Komisi A DPRD Sulsel, Rabu, 5 Januari 2011.


-----------------------------
Sulsel Siap Laksanakan e-KTP
- Bulukumba Belum Mutakhirkan Data


http://www.makassarterkini.com/index.php?option=com_content&view=article&id=1712:sulsel-siap-laksanakan-e-ktp&catid=44:info-terkini&Itemid=139

Kamis, 06 Januari 2011

MAKASSAR – Provinsi Sulawesi Selatan dipastikan siap melaksanakan penerapan elektronik kartu tanda penduduk (e-KTP) secara nasional pada tahun ini. Kepastian itu disampaikan Kepala Biro Pemerintahan Umum Bakti Haruni di hadapan anggota Komisi A DPRD Sulsel, Rabu, 5 Januari 2011.

Kesiapan ini diungkapkan setelah pihaknya merampungkan seluruh pemutakhiran data selama 2010. Meski telah merampungkan pemutakhiran data, hingga kini dari 15 kabupaten yang ditargetkan melaksanakan penerbitan nomor induk kependudukan (NIK), masih ada enam kabupaten/kota yang belum melakukannya hingga batas waktu 31 Desember 2010 lalu. Enam kabupaten/kota itu, yakni Makassar, Takalar, Bantaeng,  Bulukumba, Pangkep, serta Luwu.

“Seluruh kabupaten/kota melalui kepala daerahnya telah diberikan dana melalui APBN Rp10 miliar guna mencocokkan data kependudukan. Dana itu dipakai untuk membayar honor petugas di tingkat RT, RW, kelurahan, dan kecamatan selama proses pendataan, seperti sensus penduduk yang dilakukan BPS,” ujarnya.

Menurut Bakti Haruni, kendati ada 15 kabupaten/kota ditargetkan menerbitkan NIK, tahun ini sesuai Surat Edaran Mendagri 471.13/ 4141/SJ tertanggal 13 Oktober 2010, ditargetkan ada delapan kabupaten/ kota menerapkan sistem e-KTP, yakni Selayar, Bantaeng, Makassar, Pangkep, Sidrap, Palopo, Luwu Utara, dan Luwu Timur.

Makanya, untuk memaksimalkan program nasional tersebut, Surat Edaran Gubernur Sulsel 474.4/9929/Pem.Um tertanggal 9 Desember 2010 tentang penerapan e-KTP dan pemberian NIK telah dikirim ke sejumlah daerah. Dengan edaran itu diharapkan kabupaten/- kota menyiapkan dana pendamping APBD 2011.

“Walau masih ada kabupaten yang belum menerbitkan NIK, kami tetap optimistis program nasional itu berjalan. Penerbitan NIK meski merupakan bagian tahapan pelaksanaan, tidak akan memengaruhi signifikan program yang ada,” tandasnya.

Tahun ini ada sekitar Rp 300 juta dana APBN untuk Sulsel guna menyukseskan program e-KTP. Jumlah itu belum termasuk dana sharing yang disiapkan Pemprov Sulsel sebesar Rp 390 juta guna pelaksanaan sosialisasi ke masyarakat.

Anggota Komisi A DPRD Sulsel Doddy Amiruddin mengungkapkan, program e-KTP ini memang sangat rumit dan membutuhkan strategi khusus untuk penyelesaiannya. Meski demikian, Biro Pemerintahan Umum diharapkan sangat selektif melaksanakan kewenangan provinsi, khususnya dalam merangsang pemerintah daerah menyelesaikan tahapan e-KTP tersebut.

“e-KTP itu penting dilaksanakan, tapi penerapannya tidak mudah karena memerlukan sistem biometrik. Sementara itu, dukungan dari pemerintah pusat untuk peralatan di setiap daerah belum maksimal. Karena itu, sementara waktu menggunakan NIK saja sebagai referensi sambil menunggu dukungan sistem biometrik,” ungkap Doddy, politikus PAN Sulsel ini.

Pemutakhiran data kependudukan dilaksanakan pemerintah pusat di 329 kabupaten/kota pada 2010. Khusus 168 kabupaten/kota, pemutakhiran data kependudukan harus selesai pada Desember dengan mempertimbangkan penerbitan NIK pada awal 2011.

Untuk pelaksanaan e-KTP pada 2011 hingga 2012 dilaksanakan di 197 kabupaten/kota dan wajib selesai pada 2011. Tahapan e-KTP terdiri atas pemutakhiran data kependudukan, pemberian NIK,serta penerapan e-KTP. (SI-suwarny dammar)


[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…