Langsung ke konten utama

Uji Model Dimensi Konstruksi Pelindung Kolam Pelabuhan Bira Di Bulukumba

 


Persiapan uji coba foil di Pantai Bira, Bulukumba, pada November 2009. Ini adalah bagian dari survei terhadap pemecah gelombang dan sekaligus mengujicobakan alat yang ingin digunakan temanku untuk penelitian mengenai foil. (Foto: dok pribadi Lia Amelia)

Uji Model Dimensi Konstruksi Pelindung Kolam Pelabuhan Bira Di Bulukumba 

Oleh: Lia Amelia

(Tulisan dan foto-foto ini saya kutip dari http://amelialonely.blogspot.com/2010/08/mau-cerita-sedikit-nih-mengenai.html#comment-form, pada Jumat, 14 Januari 2011) 

begitulah judul skripsi saya

Mau cerita sedikit nih mengenai persiapan penelitian aku untuk menyelesaikan kuliah dan mendapat gelar ST. sebelum Aku memasuki seminar proposal atau mengajukan judul skripsi dari tanggal 11 November 2009 , aku , dua temanku , satu seniorku dan tiga dosenku berangkat ke bira untuk melakukan survei terhadap pemecah gelombang dan sekaligus mengujicobakan alat yang ingin di gunakan temanku untuk penelitian mengenai foil.



Survey plus refreshing di Pantai Bira, Bulukumba. Kami duduk santai di atas pasir putih Pantai Bira Bulukumba saat melakukan survey pada November 2009. (Foto: dok. pribadi Lia Amelia)


Pemecah gelombang di Pelabuhan Bira, Bulukumba. (Foto: Lia Amelia)


ini bukan penelitian aku, tapi penelitian teman aku, kalau penelitianku seperti kalimat awal pada postingan ini, nah, mau lihat modelnya silahkan lanjutkan membaca postingan ini

ini adalah gambar yang aku kutip pada saat lagi survey di pantai bira, modelnya yaaah hexapod yang ada di gambar ini, hexapod ini yang aku ambil dimensinya setelah itu aku skalakan sesuai tangki yang akan aku gunakan di laboratorium.



Pelabuhan Bira, Bulukumba. (Foto: Lia Amelia)


                                                                 
Setelah melakukan survey maka diangkatlah judul  skripsi  yaitu "Percobaan Model Dimensi Konstruksi Pelindung Kolam Pelabuhan Bira di Bulukumba" yang sekarang sudah diganti menjadi "Uji Model Geometri Konstruksi Pelindung Kolam Pelabuhan Bira di Bulukumba"

Setelah seminar proposal 1-2 bulan aku vakum ga nyentuh skripsiku sama skali. akhirnya aku tergerak buat memulai skripsiku, awalnya ku pikir gampang ternyata dengan kelakuanku yang begitu malas akhirnya skripsiku terbengkalai lama. memasuki bulan ke dua sejak aku proposal, aku berangkat ke pelabuhan bira untuk survei kondisinya dan mengukur dimensi batu yang menjadi tumpukan batu sebagai pemecah gelombang di pelabuhan bira.



Pengukuran Dimensi Hexapod. (Foto: Lia Amelia)

 
Setelah melakukan survey yang kedua kalinya maka di aplikasikanlah model hexapod ke laboratorium dengan mengskalakan ukuran hexapod dengan skala 1 : 15 , begitu juga dengan kedalaman di depan bangunan pada saat pasang setinggi 8 m di lapangan di skalakan di laboratorium menjadi 0.53 m

untuk tampilan model hexapod yang sudah aku skalakan, nanti aku upload yah... coz lagi sibuk berjelajah. tunggu kelanjutannya.



Full Scale Hexapod. (Foto: Lia Amelia) 





[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11) -------------------------- Kisah Ikan Duyung di Bulukumba Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup Harian Kompas (Kompas.com) K23-11 | yuli | Rabu, 20 April 2011 http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya. Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hing

Pahlawan Nasional dan Andi Sultan Daeng Radja

Andi Sultan Daeng Radja bersama tujuh orang lainnya telah ditetapkan sebagai pahlawan nasional melalui Surat Keputusan Presiden RI (Susilo Bambang Yudhoyono) Nomor 085/TK/Tahun 2006 tanggal 3 November 2006. Andi Sultan Daeng Radja secara diam-diam mengikuti Kongres Pemuda Indonesia, pada 28 Oktober 1928. Bersama Dr Ratulangi dan Andi Pangerang Pettarani, dirinya diutus sebagai wakil Sulawesi mengikuti rapat Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia (PPKI) di Jakarta.

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin) ----------------------------- Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia. Kabupaten : Bulukumba 1. Kecamatan Bonto Bahari - 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571) - 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571) - 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571) - 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571) - 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571) - 6. Kelurahan/Desa Sapolohe -