Langsung ke konten utama

Masyarakat Kajang Minta HGU Lonsum Diukur Ulang


MASYARAKAT KAJANG. Pemuka adat Kajang menyentuhkan kakinya dengan besi panas untuk meyakinkan kejujurannya. Seratusan masyarakat Kajang, Bulukumba mengelar aksi demo di kantor bupati dan DPRD Bulukumba, Senin (30/5/2011). Aksi demo yang digelar terkait dengan hak guna usaha (HGU) PT Lonsum, produsen karet mentah. (FOTO ANTARA/Sahrul Manda Tikupadang/IP/1)



-----------

Masyarakat Kajang Minta HGU Lonsum Diukur Ulang

Harian Ujungpandang Ekspres
Selasa, 31-05-2011
http://www.ujungpandangekspres.com/index.php?option=read&newsid=66733

BULUKUMBA, UPEKS--Seratusan masyarakat Kajang, Bulukumba mengelar aksi demo di kantor bupati dan DPRD Bulukumba, Senin (30/5). Aksi demo yang digelar terkait dengan hak guna usaha (HGU) PT Lonsum, produsen karet mentah.

Warga Kajang kembali memprotes HGU milik PT Lonsum. Warga menilai, HGU yang dikuasai PT Lonsum berbeda dengan izin HGU yang dikeluarkan pemerintah. Masyarakat membeberkan fakta-fakta pelanggaran HGU yang dilakukan PT Lonsum.

Lahan yang telah dieksekusi oleh Pengadilan Negeri Bulukumba diambil alih kembali oleh PT Lonsum dengan menggunakan kekuatan aparat. Luas HGU melebihi luasan dilapangan. Tanah-tanah milik masyarakat diambil paksa oleh PT Lonsum. Dan, sejak PT Lonsum ada didaerah Kajang, banyak masyarakat yang dipenjarakan.

"Saya menagih kembali keputusan DPRD Bulukumba. Hari ini (kemarin-red), kita minta anggota DPRD untuk bersikap soal HGU PT Lonsum. DPRD Bulukumba sudah membentuk Pansus. Dan hasilnya, DPRD merekomendasikan agar HGU Lonsum diukur ulang," tegas Sri Puswandy, di Gedung DPRD Bulukumba, Senin (30/5/2011).

Warga Kajang yang tergabung dalam Petani Penggugat Anti Lonsum (PPA Lonsum), datang ke DPRD Bulukumba untuk menagih DPRD Bulukumba. Koordinator aksi PPA Lonsum, Sri Puswandy, mengatakan meminta ketegasan DPRD Bulukumba.

Tahun 2003 lalu, sebuah tragedi berdarah trejadi dikawasan PT Lonsum, Bulukumba. Saat itu, ratusan warga protes PT Lonsum yang berakhir dengan penembakan oleh aparat keamanan. Akibat dari aksi protes dan penembakan itu, selain warga Kajang tewas, beberapa aktivis LSM ditangkap, diproses hukum dan dipenjara.

"Kasus ini telah memakan korban karena warga mempertahankan tanahnya,"kata Ahmad, dalam orasinya di DPRD kemarin.

Ahmad mengatakan, tahun 2005 lalu warga Kajang menginap digedung DPRD Bulukumba selama 33 hari. DPRD Bulukumba kemudian menyikapi aksi demo warga tersebut dengan mengeluarkan rekomendasi pengukuran ulang HGU Lonsum.

"Namun, sampai hari ini belum terlaksana," terang Ahmad.

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…