Langsung ke konten utama

Tiga Permandian Kindang Nan Eksotik


LENGKAP. Kawasan Kindang di Kabupaten Bulukumba memiliki tiga objek wisata alam dengan panorama alam yang sangat indah. Sayangnya, potensi yang besar belum tergarap maksimal dengan penyediaan fasilitas yang representatif. (Foto: Arman/Fajar)



Tiga Permandian Kindang Nan Eksotik

Harian Fajar
Minggu, 24 Juli 2011 |
http://www.fajar.co.id/20110723231350-pariwisata-sulsel--tiga-permandian-kindang-nan-eksotik

OBJEK wisata alam di Kabupaten Bulukumba bukan hanya wisata pantai seperti Pantai Bira yang sudah terkenal. Daerah yang terletak di wilayah selatan Sulsel ini memiliki obyek wisata lain di antaranya kawasan permandian alam Kindang.

Letaknya tidak terlalu jauh dari pusat kota Bulukumba. Hanya dibutuhkan waktu sekira 45 menit, pengunjung sudah bisa menjangkau beberapa kawasan permandian lengkap dengan panorama alamnya.

Setidaknya, ada tiga tempat dengan sajian panorama alam berbeda di kawasan permandian Kindang yakni, Permandian Bettu di Desa Dampang, air terjun Bravo 45 di Kelurahan Borong Rappoa, dan Danau Kahayya. Semua objek wisata ini memberikan kesan alami dan menjadi alternatif melepas penat di akhir pekan.

Suguhan kesejukan alam pegunungan sangat terasa saat mengunjungi kawasan permandian ini. Khusus di permandian Bravo 45, air sungai yang mengalir dari mata air pegunungan ditambah deretan pepohonan rindang pada tepi sungai, keindahan yang menyejukkan mata.

Berendam dalam aliran sungai sambil bercengkrama dengan teman atau keluarga membuat perasaan seperti menyatu dengan alam. Jika ingin lebih merasakan sejuknya air pegunugan ini, pengunjung bisa mendekat pada salah satu sisi titik jatuhnya air terjun.

Di permandian Bettu yang hanya berjarak sekira 15 kilometer dari kawanan air terjun Bravo 45 juga tidak kalah menyenangkannya. Permandian yang ramai dikunjungi muda-mudi ini memiliki ciri khas.

Di tempat ini sekira satu kilometer airnya selalu saja terasa sejuk meskipun terik matahari. Besarnya debit air yang menyatu dalam sungai berasal dari beberapa mata air yang keluar dari deretan pepohonan di sekitarnya.

Belum lagi mendatangi keunikan wisata alam Danau Kahayya di salah satu sisi kaki Gunung Bawakaraeng. Memang, untuk menjangkau objek wisata ini tidak mudah. Kendaraan belum sanggup mencapai lokasi ini, sehingga untuk mencapainya harus dengan berjalan kaki.

Itupun harus mendaki gunung antara tiga hingga empat jam. Tetapi saat mencapai tempat ini, maka semua perasaan capek seperti hilang setelah menikmati pemandangan alamnya.

Pengunjung tidak perlu merogoh kantong terlali dalam. Semua objek wisata pada kawasan alam Kindang tidak satupun memungut biaya. Pengunjung bisa masuk dalam kawasan wisata dengan gratis. Tinggal membawa bekal untuk disantap bersama dalam empasan air alami dan tiupan angin dari pepohonan.

Jika sekadar mengganjal perut, di sepanjang permandian berderet pedagang dengan aneka sajian. Termasuk jika ingin menggunakan ban untuk berenang juga disewakan antara Rp 5.000 sampai Rp 10.000 saja. Permandian Bettu saat ini yang paling sering didatangi pengunjung.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Bulukumba, Andi Nasaruddin Gau mengaku sudah melakukan inventarisasi kawasan objek wisata pedalaman yang bisa dikembangkan. Ke depan, akan dikembangkan objek wisata dengan konsep agro wisata.

Alasannya, kawasan pegunungan Kindang memiliki potensi untuk menjadi daya tarik wisatawan. "Bisa saja disini juga ada kawasan wisata agro seperti kebun teh di Malino. Ini memungkinkan karena udaranya dingin. Sambil mengembangkan permandian alamnya," ucap Nasaruddin. (arm)

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/]

Komentar

Pos populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…