Langsung ke konten utama

Napi Korupsi Dapat Remisi

REMISI. Sebanyak 124 dari 140 narapidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Taccorong Kelas 2A Bulukumba resmi mendapatkan pengurangan masa tahanan. Masing-masing napi mendapat remisi bervariasi mulai dari satu bulan hingga delapan bulan. Penyerahan administrasi secara resmi pemberian remisi tersebut dilakukan seusai upacara detik-detik peringatan HUT Kemerdekaan RI di Bulukumba, Rabu, 17 Agustus 2011.  

 
Napi Korupsi Dapat Remisi 

Reporter: Muhammad Arman 
Rabu, 17 Agustus 2011 
http://www.fajar.co.id/read-20110816185926-napi-korupsi-dapat-remisi 

BULUKUMBA, FAJAR -- Sebanyak 124 dari 140 narapidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Taccorong Kelas 2A Bulukumba resmi mendapatkan pengurangan masa tahanan. Masing-masing napi mendapat remisi bervariasi mulai dari satu bulan hingga delapan bulan. Sebanyak enam napi yang mendapat remisi dinyatakan langsung bisa menghirup udara segar lantaran jumlah remisi yang didapatkan sudah melebihi dari sisa pemidanaan yang harus dijalaninya. 

Menariknya, salah seorang napi kasus korupsi yakni Andi Salman yang terlibat dalam penyelewengan insentif PBB tahun 2005 juga mendapat remisi. Andi Salman yang divonis satu tahun penjara ini mendapatkan remisi satu bulan dari pemidanaannya yang tersisa sekira enam bulan lagi. Pasalnya, mantan Kepala Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) telah menjalani pidana kurang lebih enam bulan lamanya. 

Rencananya, penyerahan administrasi secara resmi pemberian remisi tersebut akan dilakukan usai upacara detik-detik peringatan HUT Kemerdekaan RI, Rabu, 17 Agustus 2011. 

Humas Lapas 2A Taccorong, Abdul Salam mengatakan, pemberian remisi ini berdasarkan pertimbangan lamanya napi menjalankan masa pemidanaannya. Selain itu, juga pertimbangan perilaku napi selama berada dalam Lapas. 

"Juga soal kemajuan pembinaannya untuk mengembalikannya pada kehidupan masyarakat," katanya. 

Hanya saja, kata dia untuk napi pidana umum, maka ketentuannya harus menjalani masa pemidanaannya sekurang-kurangnya enam bulan. Sementara untuk napi pidana khusus seperti kasus korupsi, maka hanya bisa diberikan remisi setelah menjalani setidaknya sepertiga dari lama pemidanaannya. 

"Kita sudah tetapkan ada 124 orang yang dapat remisi tahun ini," katanya. 

Enam di antaranya, kata dia, langsung bebas karena memang masa pemidanaannya sudah melewati jumlah remisi yang diberikan. Tapi bukan napi korupsi dan napi narkoba. 

"Yang langsung bebas itu napi kasus pidana umum. Ini sudah ketentuan setiap hari kemerdekaan," kata Abdul Salam, Selasa, 16 Agustus. 

Ditanya apakah ada napi perempuan yang juga mendapat remisi, Abdul Salam mengatakan, dari jumlah napi yang menerima remisi hanya satu di antaranya napi perempuan. Jumlah napi perempuan di Lapas Taccorong, kata dia, ada sembilan orang dengan tindak pidana rata-rata dalam kasus pidana umum. 

Salam juga mengatakan, jika ditambah dengan mereka yang berstatus tahanan non napi, maka jumlah keseluruhan penghuni Lapas ini 236 orang. 

"Masih lebih banyak napi pidana umum dari jumlah itu," tambahnya. 

Aktivis pemuda di Bulukumba, Muhammad Asri Pato mengatakan, pemberian remisi ini seharusnya dikaji secara mendalam. 

Dia meminta agar dalam pemberian remisi tidak menjadi kewajiban karena adanya perayaan hari besar seperti Proklamasi RI. Akan tetapi harus melihat dari sisi kesiapan napi tersebut. Ini kata dia khususnya dalam hal penetapan jumlah remisi yang diberikan kepada masing-masing napi. 

"Selain itu harus transparans siapa saja yang mendapat remisi dan alasan pemberian remisi. Utamanya untuk kasus korupsi harus jelas apa dasar pemberian remisinya," ujarnya. (*)  

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/]

Komentar

Pos populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…