Langsung ke konten utama

Seniman Bulukumba Gelar Upacara Adat di Sungai Bijawang


TARI-TARIAN. Beberapa wanita yang berpakaian adat Bugis-Makassar mempertontonkan tari-tarian di hadapan ratusan warga di sekitar Sungai Bijawang, Desa Palambara'e, Kecamatan Gantarang, Bulukumba, Sabtu, 22 Oktober 2011. Pertunjukan tari-tarian ini merupakan bagian dari pertunjukan seni ritual "APPA SULAPA RI SALO BIJAWANG" Karya Ihdar Yeneng. (Foto: RCA News)

------------------



Seniman Bulukumba Gelar Upacara Adat di Sungai Bijawang

Bulukumba, rca-fm.com - Untuk pertama kalinya puluhan seniman Bulukumba melakukan kolaborasi menggelar pertunjukan seni ritual "APPA SULAPA RI SALO BIJAWANG" Karya Ihdar Yeneng, Musik oleh Ardhy Kobar-Al Farabi. Juga ada prosesi ritual adat MAPPANO' RI WAE' pada Sabtu, 22 Oktober 2011 Pukul 16.00 WITA, di Sungai Bijawang ( Eks Pabrik Batu ) Desa Palambarae, Kecamatan Gantarang, Bulukumba.

Upacara adat yang bernuansa teatrikal ini disaksikan ratusan warga penduduk sekitar dan para pengendara yang sengaja berhenti untuk turut menyaksikan peristiwa langka ini.

Ketua Bengkel Seni Bangkeng Bulukumba, Suherman, mengatakan, upacara adat ini digelar untuk kembali menggali nuansa kebudayaan dan kearifan lokal Bulukumba yang sudah hampir punah.

"Ritual adat ini sebenarnya sudah ribuan tahun tidak pernah lagi dilaksanakan di pinggiran sungai ini. Kami dari Bengkel Seni Bangkeng dan Sanggar Al Farabi melakukan kolaborasi khusus untuk merekonstruksi ritual ini," ujarnya kepada rca-fm.com.

Ritual diwarnai dengan prosesi pembacaan mantra dalam bahasa Bugis dan Konjo, lalu diiringi tarian dari para penari Sanggar Al Farabi. Prosesi diakhiri dengan melarung sesajen ke Sungai Bijawang.(rca/ullymagenta)

[Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda di Blog Kabupaten Bulukumba - http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…