Langsung ke konten utama

Sungaiku yang Hilang

SUNGAI BIALO. Pada 35 tahun yang lalu, sungai itu memiliki air yang bening dan jernih, berarus deras, dan menabrak bebatuan besar yang menghalanginya, yang menimbulkan percikan air di sekitarnya, sehingga menghasilkan musik alam yang indah. Setiap pagi, kita akan menemukan pemandangan rutin, kegiatan masyarakat setempat yang dimulai dari sungai itu. (Foto: Hurriah Ali Hasan)





---------------------

Sungaiku yang Hilang


Pada suatu kunjungan ke kampung halaman dalam rangka nyekar ke makam Ibu, saya menyempatkan singgah sejenak di kampung halaman pihak ayah. Pada jaman dahulu kala, saya suka sekali ke kampung ini. Namanya Dusun Barebba, Desa Bialo, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba.

Menyebut Bulukumba, mungkin dapat sedikit menyegarkan ingatan pembaca akan Perahu Pinisi, perahu yang dunia mengakuinya sebagai perahu tradisional dengan kekuatan, keindahan dan ketangguhannya.

Bulukumba memang dikenal masyarakat internasional sebagai pembuat perahu tradisional terhebat di dunia. Maka sebutlah Bulukumba sebagai Butta Panrita Lopi (Tanahnya para Ahli pembuat Perahu). Tetapi bukan Perahu Pinisi yang ingin saya bahas di sini.

Menghitung mundur 35 tahun lalu dari sekarang, selama masa lebih dari tiga dekade tersebut, saya menemukan sesuatu yang telah hilang di Barebba. Sesuatu yang bernama SUNGAI. Disebut sebagai Sungai Bialo.

Pada 35 tahun yang lalu, sungai itu memiliki air yang bening dan jernih, berarus deras, dan menabrak bebatuan besar yang menghalanginya, yang menimbulkan percikan air di sekitarnya, sehingga menghasilkan musik alam yang indah. 


Setiap pagi, kita akan menemukan pemandangan rutin, kegiatan masyarakat setempat yang dimulai dari sungai itu. Mandi, mencuci, bermain-main, atau sekedar duduk melamun di atas bebatuan di tengah sungai. Semua masyarakat kampung saling mengenal dengan baik, bukan hanya karena jalinan darah kekeluargaan yang kuat, tetapi karena setiap hari mereka saling bersilaturrahmi di sungai, pada saat mandi atau mencuci bersama. 

Pada masanya, sungai itu menjadi salah satu pemasok air bersih yang diolah dan dikelola oleh Perusahaan Air Minum (PAM) daerah. Tapi itu dulu. Kejadian itu adalah 35 tahun yang lalu.


Saat ini, sungai itu sudah kering. Yang tertinggal hanyalah bebatuan kerikil yang kecil-keci, mengelilingi genangan air yang menghitam, berbau tak menyenangkan, dan menjadi sarang penyakit. Jalur itu baru akan berfungsi sungai ketika musim hujan tiba. Sungai itu menjadi saluran air hujan dari gunung, membawa lumpur dan segala macam sampah dari 'atas sana'.


Yang membuat saya sedih adalah, kehilangan sungai telah dianggap biasa-biasa saja oleh masyarakat setempat. Kemanakah airmu, Sungai? (Hurriah Ali Hasan)

---------------

Komentar

Bulukumba.Net mengatakan…
Makanya, jangan tinggalkan kampung halaman. Kebanyakan dr kita kl sdh skolah tinggi2 sdh tdk mau lg kembali ke kampung halaman sehingga org2 yg berpotensi membangun kmpg hlmn pada pergi. Yg tertinggal hny org2 yg bs hidup dgn cara merusak.

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…