Langsung ke konten utama

Penegak Hukum Didesak Lakukan Penyelidikan




Isu gratifikasi untuk mendapatkan proyek yang diduga melibatkan Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan terus bergulir. Pejuang anti korupsi Sulsel, Abraham Samad juga angkat bicara. Kata dia, sekarang ini memang banyak motif-motif baru gratifikasi, sehingga patut diwaspadai dan segera direspons. (Foto: Dok Fajar)
-----------------------

Penegak Hukum Didesak Lakukan Penyelidikan
- Abraham: Gratifikasi itu Bermakna Luas

Harian Fajar, Makassar
Kamis, 17 Februari 2011
http://www.fajar.co.id/read-20110216173223-penegak-hukum-didesak-lakukan-penyelidikan

MAKASSAR -- Isu gratifikasi untuk mendapatkan proyek yang diduga melibatkan Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan terus bergulir. Pejuang anti korupsi Sulsel, Abraham Samad juga angkat bicara. Kata dia, sekarang ini memang banyak motif-motif baru gratifikasi, sehingga patut diwaspadai dan segera direspons.

Aparat penegak hukum, kata Koordinator Anti Corruption Committee ini juga harus bertindak progresif melihat setiap fenomena di masyarakat. Sebab, kecanggihan regulasi, kecanggihan alat, juga kemudian menyebabkan motif-motif gratifikasi terus berkembang.

"Makanya, pemberian atau gratifikasi kepada pejabat itu bermakna luas. Tidak hanya pemberian uang, tetapi juga fasilitas, atau bentuk-bentuk lain itu sudah masuk kategori gratifikasi," kata Abraham, Rabu, 16 Februari 2011.

Abraham menegaskan, setiap gratifikasi sudah pasti tindak pidana. Oleh karena itu, aparat penegak hukum harus segera turun tangan melakukan penyelidikan. Tujuannya agar diperoleh gambaran yang jelas terkait kasus itu. 

"Terutama siapa-siapa saja pejabat yang diduga menerima gratifikasi itu dan mau tidak mau harus diperiksa," tegasnya.

Bagaimana jika tidak ada laporan ke Kejaksaan? Abraham mengatakan, aparat penegak hukum memang bisa saja menunggu adanya laporan. Akan tetapi malah lebih baik kalau mereka bertindak responsif. Karena, mereka itu memang memiliki kewenangan, memiliki senjata berupa regulasi, fasilitas, dan sarana untuk melakukan proses penyelidikan.

"Aparat penegak hukum itu memang digaji untuk memproses setiap dugaan tindak pidana. Karena itu, mereka tidak perlu menunggu, karena yang lebih responsif itulah sebenarnya yang betul," kata Abraham.

Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan membantah tudingan gratifikasi dengan adanya rekening di Bank BRI untuk menyetorkan sumbangan. Kata dia, itu hanya sumbangan secara ikhlas. 

"Tidak ada kaitannya dengan gratifikasi," kilahnya.

Ia juga membantah menentukan pemenang tender proyek berdasarkan setoran dari pengusaha yang masuk ke rekening tersebut atau bentuk setoran lainnya. 

"Tidak betul itu. Sama sekali tidak betul. Semua kita lakukan sesuai mekanisme," ujarnya.

Kata dia, semua pemenang ditentukan panitia. Tetapi yang jadi panitia memang adalah anak buahnya di Pemkab Bulukumba. (*)


[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…