Langsung ke konten utama

TKI Ilegal Asal Bulukumba Masih Berharap ke Malaysia


TERKATUNG-KATUNG. Sejumlah tenaga kerja asal Sulsel yang akan diberangkatkan ke Malaysia diamankan di Polres Pelabuhan Makassar, Senin, 14 Februari. Dalam kasus ini, polisi memeriksa intensif empat orang yang dicurigai sindikat pengiriman TKI ilegal. (Foto: JUMAIN SULAIMAN/FAJAR)


----------------------------------


Polisi Telusuri Jaringan Penyalur TKI Ilegal

Selasa, 15 Februari 2011
http://www.fajar.co.id/read-20110215002044-polisi-telusuri-jaringan-penyalur-tki-ilegal

MAKASSAR -- Penyidik Satuan Reskrim Polres Pelabuhan Makassar, masih menelusuri keberadaan jaringan penyalur tenaga kerja Indonesia (TKI) ilegal. Saat ini, polisi masih mengamankan empat pelaku yang diduga menyalurkan 61 TKI ilegal itu.

Empat pelaku yang masih ditahan adalah Hamzah selaku pengendali, serta tiga perekrut di daerah yakni Milimamang, Anti, dan AT. Selain itu, polisi juga masih memeriksa intensif rekan pelaku yang diambil belakangan bernama Usman dan Saharuddin.

Data yang diperoleh, polisi juga masih mengejar dua rekan pelaku bernama Masu dan Muhammad, yang diduga kuat menjadi jaringan pelaku. Wakil Kepala Polres Pelabuhan, Komisaris Polisi Ucok L Silalahi, mengakui kasus ini masih dalam proses penyelidikan dalam mengungkap jaringannya.

Kepala Satuan Reskrim Polres Pelabuhan, AKP Syukri Abham menjelaskan, dari hasil interogasi terhadap para TKI ilegal itu akhirnya empat pelaku yang menyalurkan TKI itu ditangkap. Mengenai dugaan adanya jaringan di Parepare dan Malaysia, Syukri mengaku masih dilakukan penyelidikan mendalam.

"Apakah keempat pelaku itu punya jaringan di Malaysia, inilah masih kami dalami. Kami masih melakukan penyelidikan dan pengembangan guna mengungkap kasus yang baru terjadi lagi tahun ini," ungkap Syukri.

Guna mempertanggung jawabkan perbuatannya, kata Syukri, para pelaku yang menyalurkan TKI ilegal itu dijerat Undang-undang Nomor 39 Tahun 2004 tentang Perlindungan TKI Pasal 102 Ayat 1. Para pelaku diancam hukuman penjara lima tahun dan denda minimal Rp 1 miliar maksimal Rp 5 miliar.


Masih Berharap ke Malaysia

Sementara 61 TKI ilegal dari Gowa, Takalar, Jeneponto, Bantaeng, dan Bulukumba belum dipulangkan ke daerahnya hingga sore kemarin. Para TKI berikut barang-barangnya, masih ditampung di kantor Polres Pelabuhan.

Seorang TKI ilegal, Baso Samsul, 34, asal Gantarang Bulukumba mengaku tidak tahu alasan polisi belum memulangkannya.

"Saya sudah diperiksa, tetapi belum dipulangkan. Saya menginap di kantor polisi, dan masih berharap bisa berangkat ke Malaysia," ujar Baso.

Pantauan di Polres Pelabuhan kemarin, para TKI itu masih berada di kantor Polres. Ada yang tidur di masjid dan di halaman Polres. Barang mereka juga bertumpuk di satu tempat. Seorang TKI lainnya, Samad, dari Kabupaten Gowa mengaku sudah menyetor Rp 1 juta ke penyalurnya.

"Saya tidak tahu kalau akan bermasalah. Sebanyak 21 orang dari Gowa, tidak satupun yang berangkat karena tidak ada paspor. Kami hanya pegang tiket," ujar Samad yang mengaku menunggu bus jemputan kembali ke kampung halamannya. (ram)

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…