Langsung ke konten utama

Rencana Aksi HAM di Bulukumba



SOSIALISASI. Direktur Informasi HAM Kemenkumham RI, Budi Sulaksana (kedua dari kiri) didampingi Wakil Bupati Bulukumba Syamsuddin (kedua dari kanan) dan Kabag Hukum Setda Bulukumba Ali Saleng (paling kiri) memberikan penjelasan pada acara Sosialisasi RANHAM, di Ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba, Kamis, 15 September 2011. (Foto: Humas Pemkab Bulukumba)

 
Rencana Aksi HAM di Bulukumba

Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) yang meliputi: pembentukan dan penguatan institusi pelaksana RANHAM, harmonisasi rancangan dan evaluasi peraturan daerah, pendidikan HAM, penerapan norma dan standar HAM, serta pelayanan komunikasi masyarakat, akan diimplementasikan di Kabupaten Bulukumba.

Implementasi RANHAM di Kabupaten Bulukumba pada periode 2004-2009, belum berjalan sesuai rencana, karena pemahaman anggota Panitia RANHAM masih belum memadai, antara lain belum optimalnya koordinasi dan konsultasi, baik antarlembaga dan unit yang diwakili dalam kepanitiaan, maupun dengan lembaga di luar kepanitiaan. Masalah lain yang cukup pelik yaitu masalah keterbatasan anggaran.

Demikian terungkap dalam acara Sosialisasi RANHAM 2011-2014 di Ruang Pola Kantor Bupati Bulukumba, Kamis (15/9). Acara yang dibuka oleh Wakil Bupati Syamsuddin ini dihadiri puluhan peserta dari berbagai instansi pemerintah dan organisasi di Bulukumba,

Kepala Bagian Hukum Setda Bulukumba, Ali Saleng, mengatakan, konsep susunan Panitia RANHAM Kabupaten Bulukumba periode 2011-2014 sudah disusun dan menunggu persetujuan yang melibatkan seluruh stakeholder, baik dari jajaran pemerintah, tokoh masyarakat, lembaga swadaya masyarakat, maupun akademisi.

Direktur Informasi HAM Kemenkumham RI, Budi Sulaksana, pada kesempatan itu menyampaikan bahwa sudah menjadi kewajiban dan tanggung jawab pemerintah sebagaimana yang diamanatkan dalam UUD 1945 dan UU No. 39 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, untuk melakukan penghormatan, perlindungan, pemajuan, penegakan, dan pemenuhan HAM.

Implementasi RANHAM di tingkat provinsi, kabupaten, dan kota, kata Budi, tertuang dalam Peraturan Presiden No. 23 Tahun 2011 tentang Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia. (asnawin/r)

[Terima kasih atas kunjungan dan komentar Anda di Blog Kabupaten Bulukumba - http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Komentar

Pos populer dari blog ini

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

BUNDARAN PHINISI. Kabupaten Bulukumba yang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Sulawesi Selatan, terdiri atas 10 kecamatan dan 126 desa/kelurahan. Berikut daftar nama-nama kecamatan, desa dan kelurahan, serta kode pos masing-masing desa/kelurahan di Kabupaten Bulukumba. (Foto: Asnawin)

-----------------------------

Kecamatan, Kelurahan, Desa, dan Kode Pos di Kabupaten Bulukumba

Berikut ini adalah daftar nama-nama Kecamatan, Kelurahan / Desa, dan nomor kode pos (postcode / zip code) pada masing-masing kelurahan / desa, di Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Republik Indonesia.

Kabupaten : Bulukumba


1. Kecamatan Bonto Bahari

- 1. Kelurahan/Desa Ara ----------------- (Kodepos : 92571)
- 2. Kelurahan/Desa Benjala ------------- (Kodepos : 92571)
- 3. Kelurahan/Desa Bira ----------------- (Kodepos : 92571)
- 4. Kelurahan/Desa Darubiah ------------ (Kodepos : 92571)
- 5. Kelurahan/Desa Lembanna ----------- (Kodepos : 92571)
- 6. Kelurahan/Desa Sapolohe ----------- (Kodepos : …

Kisah Ikan Duyung di Bulukumba

IKAN DUYUNG. Jumaning (60), membersihkan tubuh ikan duyung yang ditemuinya di tepi pantai saat mencuci bentang (tali rumput laut) di pesisir pantai di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Selasa, 19 April 2011. Banyak warga yang berkunjung ke rumah Jumaning karena penasaran ingin melihat ikan duyung tersebut. (Foto: Kompas/k23-11)

--------------------------


Kisah Ikan Duyung di Bulukumba
Meski Dibacok, Ikan Duyung Tetap Hidup

Harian Kompas (Kompas.com)
K23-11 | yuli |
Rabu, 20 April 2011
http://regional.kompas.com/read/2011/04/20/04143456/Meski.Dibacok.Ikan.Duyung.Tetap.Hidup

BULUKUMBA, KOMPAS.com — Warga pesisir di Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, digemparkan dengan seekor ikan duyung yang tiba-tiba muncul, Selasa (19/4/2011). Para nelayan pun kemudian berniat memotong ikan tersebut untuk mengambil dagingnya.

Namun, entah mengapa ikan duyung yang tubuhnya sudah terluka akibat sabetan parang itu terus berenang hingga mendekati Jumani…

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba

Berikut kami tampilkan alamat dan nomor telepon kantor-kantor pemerintah daerah Bulukumba, mulai dari Kantor Bupati Bulukumba, kantor kementerian,  kantor badan, kantor dinas, hingga asuransi kesehatan. (Foto: Asnawin)




----------------------------------------------

Alamat dan Nomor Telepon Kantor-kantor Pemerintah Daerah Bulukumba (Regional Government Office) http://www.visitbulukumba.com/2010/06/regional-government-office.html
KANTOR BUPATI BULUKUMBA Jl. Jend. Sudirman No.1 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81004
KEMENTERIAN AGAMA Jl. Kenari No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
MADRASAH ALIYAH NEGERI Jl. Matahari No. 21 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81118
DINAS SOSIAL DAN TENAGA KERJA Jl. R. A. Kartini Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-
DINAS PETERNAKAN DAN KESEHATAN HEWAN Jl. Teratai No. 13 Bulukumba 92152, Sulawesi Selatan INDONESIA P. +62-413-81228
DINAS PENGELOLAAN SUMBER DAYA AIR Jl. Muchtar Lutfi No. 7 Bulukumba 921…