Langsung ke konten utama

Pos

Menampilkan pos dari Januari, 2011

Poros Bulukumba-Bira Butuh Perbaikan

RUSAK PARAH. Kondisi ruas jalan poros Bulukumba-Herlang yang saat ini sangat memprihatinkan. Hampir semua bahu jalan sudah berlobang dan rawan kecelakaan. Gambar direkam, Sabtu, 29 Januari 2011. Jalan poros kota Bulukumba-Bira juga banyak yang rusak parah. (Foto: Arman/Fajar)

------------------------------

Poros Bulukumba-Bira Butuh Perbaikan

Harian Fajar, Makassar
Minggu, 30 Januari 2011 http://www.fajar.co.id/read-20110130062107-poros-bulukumbabira-butuh-perbaikan

BULUKUMBA -- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Bulukumba mendesak pemerintah provinsi (pemprov) Sulsel segera turun tangan. Terlebih kerusakan infrastruktur jalan menuju kawasan wisata Pantai Bira sekira 20 kilometer ini sudah masuk dalam kategori rusak parah. Hampir semua bagian badan jalan sudah terbongkar dan berlubang. Akibatnya, jalan tersebut rawan kecelakaan.

Kepala Disbudpar, Andi Nasaruddin Gau mengatakan pihaknya tidak bisa berbuat banyak dengan kondisi jalan yang semakin hari semakin rusak tersebut. …

Anak Kucing Kaki Enam, Ekor Dua, Kelamin Ganda di Bulukumba

KUCING. Berbeda dengan anak kucing pada umumnya, seekor anak kucing di Bulukumba memiliki enam kaki dan berekor dua. Tak hanya itu, kucing itu juga berjenis kelamin ganda dan hanya mau makan ikan yang sudah digoreng di tempat makan berupa piring kaca. Illustrasi foto seekor anak kucing.

-----------------------------------

Anak Kucing Unik di Bulukumba
- Kaki Enam, Ekor Dua, Kelamin Ganda 

Laporan Fitriani Lestari
Liputan6.com (SCTV)
Minggu, 30 Januari 2011
http://berita.liputan6.com/daerah/201101/318252/Unik.Anak.Kucing.Lahir.dengan.Kelamin.Ganda

Liputan6.com, Bulukumba: Rumah Dadang, warga Kelurahan Terang Terang, Bulukumba, Sulawesi Selatan, mendadak ramai didatangi warga, Ahad (30/1). Mereka penasaran ingin melihat seekor anak kucing aneh yang ada di rumah tersebut.

Berbeda dengan anak kucing pada umumnya, kucing di rumah Dadang memiliki enam kaki dan berekor dua. Tak hanya itu, kucing itu juga berjenis kelamin ganda. Keanehan lain adalah kucing tersebut hanya mau makan ikan yan…

Bulukumba Belum Siap Kelola BPHTB

Ketua DPD REI Sulsel Jamaluddin Jafar, mengatakan, penjualan perumahan di awal tahun ini hingga akhir Januari 2011 ini diproyeksi melambat. Pemicunya, pemerintah daerah tidak siap mengelola Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB). Yang siap hanya Makassar dan Gowa, sedangkan daerah lainnya seperti Bulukumba, Parepare di bulan ini tidak ada transaksi karena mereka belum siap.

-------------------------------

Bulukumba Belum Siap Kelola BPHTB
- Penerapan BPHTB Perlambat Penjualan Rumah

Harian Ujungpandang Ekspres, Makassar
Jumat, 28-01-2011
http://www.ujungpandangekspres.com/view.php?id=60492

MAKASSAR, UPEKS-- Penjualan perumahan di awal tahun ini hingga akhir Januari 2011 ini diproyeksi melambat. Ketua DPD Realestate Indonesia (REI) Sulawesi Selatan, Jamaluddin Jafar, kepada Upeks, mengatakan, hal itu dipicu ketidaksiapan pemerintah daerah mengelola Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB).

"Yang siap hanya Makassar dan Gowa, sedangkan daerah lainnya seperti …

Guru TK Bulukumba Pakai Ijazah Palsu UNM

Dunia pendidikan seharusnya ''bersih'' dari praktek kolusi, korupsi, dan nepotisme, apalagi praktek pemalsuan ijazah oleh oknum guru, tetapi dewasa ini sudah banyak kasus pemalsuan ijazah yang melibatkan guru, termasuk guru Taman Kanak-kanan.



Guru TK Bulukumba Pakai Ijazah Palsu UNM

Laporan Wartawan Tribun Timur.com, Syamsul Bahri
Jumat, 28 Januari 2011
http://www.tribunnews.com/2011/01/28/guru-tk-bongaya-pakai-ijazah-palsu-unm

TRIBUNNEWS.COM, BULUKUMBA --- Oknum guru Taman Kanak-kanak (TK) Bongaya, Kecamatan Herlang berinisial RY (45), terindikasi menggunakan ijazah palsu.

Indikasi tersebut diketahui setelah yang bersangkutan mengikut program sertifikasi oleh pihak Universitas Negeri Makassar (UNM) beberapa waktu lalu. RY mengantongi ijazah Pendidikan Guru TK Islam (PGTKI) yang ditandatangani oleh Rektor UNM Profesor Hamzah Thaha, tahun 2009.

Padahal seharusnya, ijasah itu ditandatangani oleh Prof Dr Arismunandar MPd, Rektor UNM saat itu hingga saat ini.

Dalam pemerik…

Bupati Bulukumba Limpahkan Kewenangan ke Camat

Bupati Bulukumba, Zainuddin Hasan, menyerahkan sebagian kewenangannya kepada camat. Pelimpahan sebagian wewenang itu, untuk mendekatkan pelayanan publik ke masyarakat. Kewenangan yang dilimpahkan antara lain pengurusan SITU, HO, dan SIUP. (Foto: Arman/Fajar)


-------------------------------

Bupati Bulukumba Limpahkan Kewenangan ke Camat
- SITU dan SIUP Skala Kecil Diurus di Kecamatan

Harian Ujungpandang Ekspres, Makassar
Jumat, 28-01-2011
http://www.ujungpandangekspres.com/index.php?option=read&newsid=60572

BULUKUMBA, UPEKS--Bupati Bulukumba, Zainuddin Hasan, menyerahkan sebagian kewenangannya kepada camat. Pelimpahan sebagian wewenang itu, untuk mendekatkan pelayanan publik ke masyarakat.

Kewenangan bupati yang dilimpahkan kepada camat, yaitu pengurusan Surat Izin Tempat Usaha (SITU) dan Izin Gangguan (HO) untuk golongan empat dan lima, serta Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) atau usaha modal Rp100 juta ke bawah.

Pelimpahan sebagian kewenangan Bupati Bulukumba, Zainuddin Hasa…

Bulukumba akan Bangun Industri Pengolahan Ikan

Dirjen Produksi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Kementerian Kelautan Perikanan Prof Dr Martani Huseini, mengatakan, Kementerian Kelautan dan Perikanan menargetkan Bulukumba menjadi kawasan pengembangan kelautan perikanan dengan membangun industri pengolahan ikan, dan pusat pembuatan perahu tangkap ikan.


---------------------------------



Bulukumba akan Bangun Industri Pengolahan Ikan

Laporan Wartawan Tribun Timur.com, Syamsul Bahri
Jumat, 28 Januari 2011
http://www.tribunnews.com/2011/01/28/bulukumba-akan-bangun-industri-pengolahan-ikan

TRIBUNNEWS.COM, BULUKUMBA --- Pelabuhan Leppe’e di Bulukumba ditargetkan menjadi kawasan pengembangan kelautan perikanan dengan pembangunan industri pengolahan ikan, dan pusat pembuatan perahu tangkap ikan.

Demikian dijanjikan Dirjen Produksi Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan Kementerian Kelautan Perikanan Prof Dr Martani Huseini, saat berkunjung ke Bulukumba, Jumat (28/1/2011). Kunjungan Martani ke wilayah itu dalam rangka survey lapa…

Oknum Anggota DPRD Bulukumba Dituding Terlibat Kisruh CPNS

"Hati-hati kalau menyebut nama. Tidak ada keluarga saya yang saya urus jadi CPNS. Itu fitnah kalau Kahar Muslim urus CPNS. Karena itu saya akan laporkan,'' kata Abd Kahar Muslim di depan para pengunjuk rasa dan anggota DPRD yang menerima aspirasi pengunjukrasa.

-----------------------------------------

Oknum Anggota DPRD Bulukumba Dituding Terlibat Kisruh CPNS

Harian Beritakota Makassar
Kamis, 27-01-2011
http://www.beritakotamakassar.com/index.php?option=read&newsid=47472

BULUKUMBA, BKM -- Protes terhadap penambahan kuota penerimaan CPNS di Pemkab Bulukumba terus dilancarkan aktivis di daerah ini. Rabu, 25 Januari 2011, gelombang pengunjuk rasa yang menamakan dirinya Gerakan Pemuda Kasimpureng (GPK) mendatangi gedung DPRD Bulukumba.

Dalam aksinya, mereka menuding adanya oknum anggota DPRD Bulukumba terlibat dalam skandal penambahan kuota tersebut. GPK menyebut wakil rakyat terlibat dalam kisruh tambahan kuota 50 CPNS Bulukumba 2010. Dua anggota dewan disebut-sebut ter…

Semrawut dan Macet di Pasar Tanete Bulukumba

Pasar Tanete yang menjadi pasar kebanggaan masyarakat Kecamatan Bulukumpa, Kabupaten Bulukumba, yang dibangun sekitar tahun 80-an, kini mulai semrawut. Penataan lods dan lapaknya tidak beraturan dan juga sampah berserakan dimana-mana.

HUT ke-51 Kabupaten Bulukumba Dihadiri Menko Kesra

Puncak peringatan HUT ke-51 Kabupaten Bulukumba, 4 Februari 2011, akan dihadiri oleh Menko Kesra Agung Laksono sekaligus melakukan pencanangan pembangunan 300 unit rumah miskin. Selain itu, juga dilakukan peresmian pelayanan KTP secara online di kecamatan- kecamatan, serta layanan KTP mobile atau mobil layanan KTP.

------------------------------------------  

HUT ke-51 Kabupaten Bulukumba Dihadiri Menko Kesra
- Ditandai Pencanangan Pembangunan 300 Unit Rumah Miskin

Radio Cempaka Asri, Bulukumba
Rabu, 26 Januari 2011
http://www.rca-fm.com/2011/01/hari-jadi-bulukumba-ke-51-dihadiri.html

Bulukumba, RCAnews - Saat ini pemerintah daerah dan masyarakat Bulukumba tengah mempersiapkan Peringatan Hari Jadi Bulukumba yang ke 51 tahun 2011. Puncak peringatan dilaksanakan pada 4 Februari 2011 di Lapangan Pemuda.

Panitia menyebutkan, puncak peringatan akan dihadiri oleh sekitar 3500 undangan yang terdiri dari masyarakat, ormas, LSM dan aparat pemerintah dari desa sampai kabupaten, Gubernur dan Ke…

Bupati Bulukumba Diminta Perhatikan Masyarakat Pesisir

UNJUKRASA. Ratusan aktivis dari Gerakan Pemuda Kasimpureng (GPK) melakukan aksi unjukrasa, di Bundaran Phinisi kota Bulukumba, Rabu, 25 Januari 2011. Mereka mendesak Bupati Bulukumba merealisasikan janjinya memberikan Rp 5 miliar kepada masyarakat menengah ke bawah, serta meminta bupati memberikan perhatian pada warga miskin di pesisir pantai. (Foto: RCA News)


---------------------------------------

Bupati Bulukumba Diminta Perhatikan Masyarakat Pesisir

Radio Cempaka Asri, Bulukumba
Rabu, 26 Januari 2011
http://www.rca-fm.com/2011/01/bupati-bulukumba-diminta-perhatikan.html

Bulukumba, RCAnews - Ratusan aktivis dari Gerakan Pemuda Kasimpureng (GPK) mendemo Bupati Bulukumba, Rabu, 25 Januari 2011. Aksi berlangsung di depan bundaran Phinisi di samping kantor bupati. Polisi mengawal ketat aksi demo secara persuasif.

Aksi pendemo dari Gerakan Pemuda Kasimpureng (GPK) mendesak bupati merealisasikan janjinya dengan memberikan Rp 5 miliar ke masyarakat menengah ke bawah. Janji tersebut per…

Aktivis FBR Demo Bupati Bulukumba

Sejumlah aktivis Front Perjuangan Rakyat (FPR) Bulukumba,melakukan aksi unjukrasa di jalan lingkar kota Bulukumba, Rabu (26/1/2011). Mereka meminta Bupati Bulukumba merealisasikan janjinya yakni memberikan modal bantuan Rp 5 miliar pada pengusaha kecil dan menengah di daerah ini, serta meminta bupati membuka hasil investigasi kisruh penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil 2010 lalu. (Foto: Tribun Timur/Syamsu Bahri)



http://makassar.tribunnews.com/read/artikel/147525/Walah-Bupati-Bulukumba-Didemo-Lagi
-------------------------------------------

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Aktivis Demo Bupati di DPRD Bulukumba

Kelompok aktivis di Kabupaten Bulukumba mendatangi DPRD dan meminta para wakil rakyat untuk memperjelas janji Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan yang akan mengucurkan Rp 5 miliar per desa. (Foto: Tribun Timur/Syamsul Bahri)

--------------------------------------

Aktivis Demo Bupati di DPRD Bulukumba

Laporan Syamsul Bahri
Harian Tribun Timur, Makassar
Selasa, 25 Januari 2011

BULUKUMBA, TRIBUN-TIMUR.COM - Kelompok aktivis di Kabupaten Bulukumba mendatangi DPRD, Selasa, 25 Januari 2011, dan meminta para wakil rakyat untuk memperjelas janji Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan yang akan mengucurkan Rp 5 miliar per desa.

Janji tersebut ditagih oleh para aktivis di daerah ini. Sebab janji kampanye yang sebelumnya disampaikan setiap hari kampanyenya saat mencalonkan diri sebagai bupati pada pilkada lalu.

"Sebab sampai saat ini belum jelas peruntukannya. Janji itu bukan untuk membohongi warga Bulukumba dan bukan pula untuk para tim sukses saja peruntukannya," kata Ahmad Gazali, Ketua Las…

Maccera Tasi' di Bulukumba

Sejumlah nelayan membawa sesaji untuk dibuang ke laut di Pantai Kalumeme, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi Selatan, Minggu, 24 Oktober 2010. Ritual masyarakat nelayan Maccera Tasi membuang sesaji ke laut sebagai ungkapan rasa syukur atas tangkapan hasil laut dan juga sebagai permohonan atas keselamatan untuk nelayan setempat. (sahrul manda tikupadang/ant/sss)

http://matanews.com/2010/10/25/ritual-nelayan/

[Terima kasih atas kunjungan, komentar, saran, dan kritikan anda di blog: http://kabupatenbulukumba.blogspot.com/.]

Tunggakan Raskin di Bulukumba Rp 161,4 Juta

Tunggakan beras miskin (raskin) di Bulukumba hingga akhir tahun 2010 lalu, Rp 161.472.000 atau Rp161,4 juta. Besarnya tunggakan raskin terjadi karena pengelola raskin di tingkat desa dan kelurahan, tidak menyetor hasil penjualan dari Rumah Tangga Sasaran atau RTS penerima raskin.


-------------------------------------

Tunggakan Raskin di Bulukumba Rp 161,4 Juta

Harian Ujungpandang Ekspres
Rabu, 26-01-2011
http://www.ujungpandangekspres.com/view.php?id=60341


BULUKUMBA, UPEKS-- Tunggakan beras miskin (raskin) di Bulukumba hingga akhir tahun 2010 lalu, Rp 161.472.000 atau Rp161,4 juta. Besarnya tunggakan raskin terjadi karena pengelola raskin di tingkat desa dan kelurahan, tidak menyetor hasil penjualan dari Rumah Tangga Sasaran atau RTS penerima raskin.

Data dari Bagian Ekonomi Pembangunan (Ekbang) Setda Bulukumba, 23 desa dan kelurahan di Bulukumba menunggak raskin tahun 2010 di 10 kecamatan. Kecamatan Ujungbulu dan Kecamatan Bontobahari, dua kecamatan yang bebas dari tunggakan.

&quo…

Bulukumba dan Empat Kabupaten di Sulsel Terima Dana Hibah USAID

Bulukumba dan empat kabupaten/kota lainnya di Provinsi Sulawesi Selatan menerima dana hibah program peningkatan pelayanan publik dari United States Agency for International Development (USAID). Empat kabupaten/kota lainnya itu adalah Kabupaten Luwu Utara, Kabupaten Luwu, Kabupaten Barru, dan Kota Makassar. 


------------------------------------------


Bulukumba dan Empat Kabupaten di Sulsel Terima Dana Hibah USAID

Harian Ujungpandang Ekspres, Makassar
Rabu, 26-01-2011
http://www.ujungpandangekspres.com/view.php?id=60333

MASAMBA, UPEKS- Bulukumba dan empat kabupaten/kota lainnya di Provinsi Sulawesi Selatan menerima dana hibah program peningkatan pelayanan publik dari United States Agency for International Development (USAID). Empat kabupaten/kota lainnya itu adalah Kabupaten Luwu Utara, Kabupaten Luwu, Kabupaten Barru, dan Kota Makassar.

Kelima daerah ini dinyatakan layak menerima dana hibah USAID karena memenuhi kriteria yang telah ditentukan, antara lain, kesenjangan antara Indeks…

Safiuddin Pimpin Gapeksindo Bulukumba

Gabungan Perusahaan Konstruksi Nasional Indonesia (Gapeksindo) Bulukumba, menggelar Musyawarah Cabang, Minggu malam, 23 Januari 2011, dan memilih secara aklamasi Safiuddin sebagai ketua DPD Gapeksindo Bulukumba periode 2011-2016.


----------------------------------


Safiuddin Pimpin Gapeksindo Bulukumba

Harian Ujungpandang Ekspres, Makassar
Selasa, 25-01-2011
http://www.ujungpandangekspres.com/index.php?option=read&newsid=60256

BULUKUMBA, UPEKS--Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Gabungan Perusahaan Konstruksi Nasional Indonesia (Gapeksindo) Bulukumba, menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) Gapeksindo, Minggu malam, 23 Januari 2011.

Muscab yang dilaksanakan sehari itu, berlangsung di Gedung Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid (BKPRMI) Bulukumba. Muscab Gapeksindo Bulukumba, dibuka Asisten II Bidang Ekonimo Pembangunan Setda Bulukumba, Ir Nurdin Radja.

Lebih dari 50 orang peserta menghadiri Muscab Gapeksindo, memilih Safiuddin sebagai ketua DPD Gapeksindo Bulukumba periode 2011-2016. S…

Pejabat Bulukumba Tandatangani Pakta Integritas

Sejumlah pejabat di lingkungan Pemkab Bulukumba menandatangani Pakta Integritas, di ruang kerja Bupati Bulukumba, Senin, 24 Januari 2011. Para pejabat yang menanda-tangani Pakta Integritas adalah pejabat yang baru dilantik oleh Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan pekan lalu. (Foto: Humas Pemkab Bulukumba)


----------------------------------

Pejabat Bulukumba Tandatangani Pakta Integritas

BULUKUMBA. Tidak sedikit pejabat yang menyalahgunakan jabatannya untuk kepentingan pribadi, kelompok, atau golongan. Juga sudah banyak pejabat yang terjerat kasus hukum, termasuk menyeret pimpinan atau atasannya ke masalah-masalah hukum yang kadang-kadang berujung pada jeruji besi serta perusakan nama baik atasan dan atau institusi.

Oleh karena itulah, perlu ada perjanjian atau Pakta Integritas antara pejabat yang mengangkat selaku atasan dengan pejabat yang diangkat untuk menduduki jabatan tertentu selaku bawahan. Itulah yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bulukumba di bawah kepemimpinan duet Zai…

Kejari Bulukumba Dituding Perlambat Kasus Korupsi

Pengusutan beberapa kasus korupsi yang sampai saat ini belum jelas statusnya membuat Kejaksaan Negeri (Kejari) Bulukumba mendapat tudingan macam-macam. Salah satunya bahwa lembaga penegak hukum tersebut sengaja memperlambat penanganan kasus korupsi.


-----------------------------------------------



Kejari Bulukumba Dituding Perlambat Kasus Korupsi

Harian Fajar, Makassar
Senin, 24 Januari 2011
http://www.fajar.co.id/read-20110123194606-kejari-dituding-perlambat-kasus-korupsi

BULUKUMBA -- Pengusutan beberapa kasus korupsi yang sampai saat ini belum jelas statusnya membuat Kejaksaan Negeri (Kejari) Bulukumba mendapat tudingan macam-macam. Salah satunya bahwa lembaga penegak hukum tersebut sengaja memperlambat penanganan kasus korupsi.

Betapa tidak, empat kasus korupsi yang saat ditangani belum juga ada kepastian statusnya. Yakni kasus dugaan korupsi Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM), penyelewengan penyaluran beras miskin (raskin), penyalahgunaan anggaran keperawatan dan kas…

Pelantikan dan Mutasi Pejabat di Bulukumba

Pekan ketiga Januari 2011 perlu dicatat dalam perjalanan lima tahun kepemimpinan Zainuddin Hasan sebagai Bupati Bulukumba. Catatan itu adalah pelantikan dan mutasi pejabat dua kali dalam sepekan. Pelantikan dan mutasi pertama dilakukan pada Senin, 17 Januari 2011, sedangkan pelantikan dan mutasi kedua dilaksanakan pada Jumat, 21 Januari 2011.

Bupati Bulukumba Lantik Sembilan Pejabat

Bupati Bulukumba, Zainuddin Hasan, kembali melantik sejumlah pejabat, termasuk beberapa pejabat eselon II, Jumat, 21 Januari 2011. Kali ini Bupati Bulukumba melantik sembilan pejabat. Pada Senin, 17 Januari 2011 lalu, Zainuddin Hasan juga melantik 17 pejabat.


---------------------------------

Bupati Bulukumba Lantik Sembilan Pejabat

Harian Ujungpandang Ekspres, Makassar
Sabtu, 22-01-2011
http://www.ujungpandangekspres.com/index.php?
option=read&newsid=60111

BULUKUMBA, UPEKS-- Bupati Bulukumba, Zainuddin Hasan, kembali melantik sejumlah pejabat, termasuk beberapa pejabat eselon II, Jumat, 21 Januari 2011. Kali ini Bupati Bulukumba melantik sembilan pejabat. Pada Senin, 17 Januari 2011 lalu, Zainuddin Hasan juga melantik 17 pejabat.

Mereka yang dilantik kali ini adalah Andi Nurdiana (Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah), M Sabir (Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa), Drg Hj Dian Welliyati Kabier (Kepala Dinas Kesehatan), serta Ahmad Sukri (Kepala Dinas Tata…

Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan di Bulukumba

Camat dan notaris selaku pejabat pembuat akte tanah atau PPAT, tidak boleh memungut pajak dari dari transaksi jual beli tanah dan bangunan. Larangan tersebut berlaku sampai Peraturan Daerah (Perda) tentang Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) mulai berlaku.






--------------------------------------------

Camat dan Notaris Tidak Boleh Pungut BPHTB
- Masih Menunggu Evaluasi Kementerian Keuangan

Harian Ujungpandang Ekspres, Makassar
Jumat, 21-01-2011
http://www.ujungpandangekspres.com/view.php?id=60046


BULUKUMBA, UPEKS--Camat dan notaris selaku pejabat pembuat akte tanah atau PPAT, tidak boleh memungut pajak dari dari transaksi jual beli tanah dan bangunan. Larangan tersebut berlaku sampai Peraturan Daerah (Perda) tentang Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) mulai berlaku. Sementara itu, hingga saat ini, Kementerian Keuangan masih melakukan evaluasi terhadap Perda tersebut.


Pemkab Bulukumba dan DPRD Bulukumba, sudah melakukan pembahasan Perda tentang BPHTB. Perda…

Islamic Center Bulukumba Diawali Pembangunan Masjid

Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan melakukan peletakan batu pertama pembangunan Masjid Binaul Ummah Tamabokkong Kampung Kasuara, Kecamatan Ujung Bulu, disaksikan beberapa pejabat dan pengusaha, Kamis, 20 Januari 2011. (Foto: Humas Pemkab Bulukumba)




-------------------------------------

Islamic Center Bulukumba Diawali Pembangunan Masjid
- Bupati Bulukumba Sumbang Rp 10 Juta


BULUKUMBA. Sebuah Islamic Center akan berdiri di Kabupaten Bulukumba. Sebagai langkah awal, Kamis, 20 Januari 2011, telah dilakukan peletakan batu pertama pembangunan masjid oleh Bupati Bulukumba, Zainuddin Hasan.

Islamic Center tersebut berlokasi di Kampung Kasuara, Kecamatan Ujung Bulu, sedangkan masjid yang dibangun diberi nama Masjid Binaul Ummah Tamabokkong Kasuara. Binaul Ummah berarti membina umat.

Acara peletakan batu pertama oleh Bupati Bulukumba turut dihadiri Kabag Kesra Abdul Khalik, Kabag Humas Daud Kahal, serta sejumlah pengusaha dan tokoh masyarakat antara lain H Ismar Syafruddin dan H Ambo Dampang.

Kaba…

LVRI Bulukumba Gelar Acara Ulang Tahun

Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan bersalaman dengan anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Bulukumba, pada acara ulang tahun LVRI tingkat Kabupaten Bulukumba, di Aula Markas Kodim 1411 Bulukumba, Kamis, 20 Januari 2011. (Foto: Humas Pemkab Bulukumba)

------------------------------------

LVRI Bulukumba Gelar Acara Ulang Tahun

BULUKUMBA. Pengurus Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Bulukumba menggelar acara ulang tahun ke-54 organisasi para pejuang kemerdekaan tersebut di Aula Markas Kodim 1411 Bulukumba, Kamis (20/01). Ratusan anggota LVRI Bulukumba turut hadir pada acara tersebut.

Peringatan Ultah tersebut berlangsung sederhana dan penuh dalam suasana kekeluargaan. Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan dan sejumlah pejabat turut hadir pada acara tersebut, antara lain Wakil Ketua DPRD Edy Manaf, Dandim 1411 Agung Senoadji, Ketua Pengadilan Negeri Ganjar Susilo dan Kaur Ops Polres Kompol Muhammad Amir.

Ratusan veteran yang mengikuti peringatan ulang tahun tersebut den…

Masjid Agung Bulukumba Dipakai Shalat Idul Fitri 2011

Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan (pakai kopiah) didampingi Kabag Humas Daud Kahal saat meninjau pembangunan Masjid Agung Bulukumba, Kamis, 20 Januari 2011. Pembangunan masjid ini ditaksir akan menelan biaya sekitar Rp 50 miliah. (Foto: Humas Pemkab Bulukumba)


-----------------------------------

Bupati Tinjau Masjid Agung Bulukumba
- Diharapkan Dipakai Shalat Idul Fitri 2011

BULUKUMBA. Masjid Agung Bulukumba yang kini dibangun kembali setelah beberapa tahun ''telantar'', diharapkan dapat dipakai warga muslim untuk shalat Idhul Fitri pada 2011 ini. Kalau dulu biaya pembangunannya diambil dari APBD Bulukumba, maka kelanjutan pembangunannya kali ini dibiayai secara pribadi oleh Bupati Bulukumba, Zainuddin Hasan.

Bukan hanya membiayai secara pribadi, Zainuddin Hasan juga kerap meninjau pembangunan masjid tersebut, seperti dilakukan pada Kamis, 20 Januari 2011. Peninjauan dilakukan seusai melakukan peletakan batu pertama pembangunan

Kazuwo Nakagawa Temui Bupati Bulukumba

Kepala perwakilan Japan International Coorporate Agency (JICA) Makassar, Kazuwo Nakagawa, melakukan pertemuan dengan Bupati Bulukumba, Zainuddin Hasan, Rabu, 19 Januari 2011. Kazuwo Nakagawa, memaparkan Program Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Kesehatan Daerah (Prima) Kesehatan fase kedua di Bulukumba 2011-2014.


---------------------------------

Kazuwo Nakagawa Temui Bupati Bulukumba
- Bahas Program Prima Kesehatan Fase Kedua

Harian Ujungpandang Ekspres, Makassar
Kamis, 20-01-2011
http://www.ujungpandangekspres.com/view.php?id=59857

BULUKUMBA, UPEKS--Kepala perwakilan Japan International Coorporate Agency (JICA) Makassar, Kazuwo Nakagawa, melakukan pertemuan dengan Bupati Bulukumba, Zainuddin Hasan, Rabu, 19 Januari 2011. Kazuwo Nakagawa, memaparkan Program Peningkatan Kapasitas Pengelolaan Kesehatan Daerah (Prima) Kesehatan fase kedua di Bulukumba 2011-2014.

Pada fase pertama 2007-2010, JICA membiayai sejumlah program peningkatan kesehatan seperti pembangunan posyandu, air limba…

Launching Lagu Berbahasa Konjo

Lagu berbahasa Konjo akan dilaunching di Makassar, Sabtu, 22 Januari 2011. Diharapakan dengan transformasi bahasa ini, eksistensi Bahasa Konjo yang ada di Bulukumba dapat terus eksis dan tak senasib dengan begitu banyak bahasa lain di dunia yang punah karena kehabisan penutur.


-------------------------------------

Launching Lagu Berbahasa Konjo
- Laskar Kelor Band

Hari / tanggal : Sabtu, 22 Januari 2011
Waktu : Pukul 19:30 - 23:00 Wita
Tempat : Pelataran LPTQ Jln. Tala'salapang-Minasa Upa, Makassar

Dibuat oleh: Andhika Mappasomba

Ini adalah hasil kreativitas seniman yang melakukan transformasi perjuangan kebertahanan bahasa. Sebab tak dapat dimungkiri, Bahasa Konjo akan terancam punah ditinggalkan oleh penuturnya. Diharapakan dengan transformasi bahasa ini, eksistensi Bahasa Konjo yang ada di Bulukumba dapat terus eksis dan tak senasib dengan begitu banyak bahasa lain di dunia yang punah karena kehabisan penutur. Bahasa KONJO yang merupakan bahasa Asli suku Kajang adalah saah satu…

Pelabuhan Bira Bulukumba Operasikan Dua Kapal Motor Sehari

Kepala Cabang PT ASDP Pelabuhan Bira dan Pamatata, Muhammad Fitri Natriawan, mengatakan, penyeberangan dari Pelabuhan Bira, Kabupaten Bulukumba, menuju Pelabuhan Pamatata, Kepulauan Selayar, telah kembali normal. Pihak ASDP mengoperasikan dua kapal motor, yakni KMP Sangke Palangga dan KMP Bontoharu, untuk melayani dua kali penyeberangan dalam sehari.

------------------------------------------

Pelayaran di Sulsel Kembali Normal
- Pelabuhan Bira Bulukumba Operasikan Dua Kapal Motor Sehari

Penulis : Aswin Rizal Harahap
Editor : I Made Asdhiana
Harian Kompas
Rabu, 19 Januari 2011
http://regional1.kompas.com/read/2011/01/19/19291124/Pelayaran.di.Sulsel.Kembali.Normal.

MAKASSAR, KOMPAS.com - Sejumlah penyeberangan di Sulawesi Selatan mulai dibuka kembali seiring membaiknya kondisi cuaca di perairan Selayar, Teluk Bone, dan Selat Makassar, Rabu, 19 Januari 2011. Stasiun Meteorologi Maritim Makassar mencatat ketinggian gelombang berangsur-angsur menurun hingga kisaran 1 meter-2,5 meter.

K…

Bulukumba Terima Bantuan 300 Unit Rumah Miskin

Pemerintah Kabupaten Bulukumba menerima bantuan 300 unit rumah miskin dari Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat, yang diperuntukkan bagi warga kurang mampu. Di Sulawesi Selatan, hanya Bulukumba yang menerima bantuan rumah miskin.




------------------------------------------

Pemkab Bulukumba Terima Bantuan 300 Unit Rumah Miskin

BULUKUMBA. Pemerintah dan masyarakat Bulukumba patut bersyukur karena dari 23 kabupaten/kota di Sulawesi Selatan, hanya Bulukumba yang mendapatkan bantuan rumah miskin Kementerian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat.

Kemenkokesra memberikan 700 unit rumah miskin untuk seluruh Indonesia dan 300 unit di antaranya akan dibangun di Bulukumba. Pencanangan peresmian pembangunan rumah miskin di Bulukumba rencananya akan dilangsungkan pada 29 Januari 2011. Pencanangan akan dihadiri tiga menteri, yakni Menteri Kelautan dan Perikanan, Menteri Perumahan dan Pemukiman, serta dan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat.


"Di Sulsel hanya Bulukumba yang me…

Pengusaha Tambang China Mulai Jajaki Bulukumba

Pengusaha asal China, Hendrik Franky, yang bergerak di bidang pertambangan melakukan penjajakan potensi kandungan emas di wilayah Bulukumba. Mereka telah turun ke lapangan mendeteksi potensi yang terkandung di bawah pasir di sepanjang wilayah laut Bulukumba mulai Rabu, 19 Januari 2011.


----------------------------


Pengusaha Tambang China Mulai Jajaki Bulukumba

BULUKUMBA. Tiga pengusaha asal China, bersama seorang pengusaha asal Jakarta, yang bergerak di bidang pertambangan melakukan penjajakan potensi kandungan emas di wilayah Bulukumba. Mereka telah turun ke lapangan mendeteksi potensi yang terkandung di bawah pasir di sepanjang wilayah laut Bulukumba mulai Rabu, 19 Januari 2011.

Kedatangan pengusaha tambang emas tersebut diterima secara resmi oleh Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan di rumah jabatan, Selasa malam, 18 Januari 2011. Salah seorang pengusaha tersebut, Hendrik Franky saat bertemu Bupati menjelaskan bahwa mereka melihat ada potensi yang bisa menjadi peluang  inves…

Ratusan Guru Honorer Datangi Bupati Bulukumba

Illustrasi foto guru honorer yang sedang menangis saat melakukan aksi unjukrasa. Puluhan guru honorer di Bulukumba, Selasa, 18 Januari 2011, mendatangi kantor bupati setempat untuk menuntut perbaikan nasib. Seusai pertemuan, Bupati Bulukumba Zainuddin Hasan menyumbangkan dana Rp 50 juta kepada IGHI Bulukumba. (Saladin/Global)
--------------------------------
Verifikasi Guru Honorer Dituding Tidak Transparan
-Datangi Bupati Bulukumba, Diberi Uang Rp 50 Juta 

Harian Fajar, Makassar
Rabu, 19 Januari 2011
http://www.fajar.co.id/read-20110118191259-verifikasi-honorer-dituding-tidak-transparan


BULUKUMBA -- Ratusan guru honorer mendatangi kantor Bupati Bulukumba, Selasa, 18 Januari 2011. Mereka datang menuntut perbaikan nasib. Mereka menuding, pendataan honorer, khususnya guru dilakukan secara tidak transparan. Akibatnya, banyak merugikan tenaga honorer yang secara faktual mengabdi bertahun-tahun. Bahkan mereka menyebut 480 orang dari 695 guru honorer yang lulus database pada 2005 sampai saa…